Sunday, 29 Mar 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Perempuan

Wagub Sumbar : Kemajuan Bangsa Terletak Pada Kemajuan Wanitanya

Selasa, 20 Maret 2012 - 19:35:04 WIB - 1276
Wagub Sumbar :  Kemajuan Bangsa Terletak Pada Kemajuan Wanitanya


Padang, MinangkabauNews -- Dewasa ini masih kita temukan terjadinya diskriminasi gender secara tidak langsung di dalam proses-proses pembangunan. Dapat kita lihat bersama keterlibatan perempuan di dalam proses pembangunan masih bisa dikatakan tidak sepenuhnya berperan. Padahal pemerintah sebelumnya telah berkomitmen untuk mewujudkan keadilan dan kesetaraan gender melalui pelaksanaan strategi pengarausutamaan gender dalam pembangunan nasional.

Hal ini disampaikan oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim ketika membuka acara Workshop Percepatan Pengarusutamaan Gender di Sumatera Barat. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan KB prov. Sumbar, Ratnawilis, A.Pi, M.Si, Wakil Deputi Pengarusutamaan Gender bidang Politik dan Hukum Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI serta seluruh perwakilan SKPD kab/Kota se sumatera barat.

Wakil Gubernur mengatakan bahwa diskriminasi tersebut juga beralasan, karena terkadang kesiapan para perempuan untuk keterlibatannya dan diberi kepercayaan dalam proses pembangunan juga masih bisa dikatakan kurang. Maka dari pada itu saya berharap untuk semua perempuan sumatera barat agar segera bersiap diri, memantaskan diri untuk menerima tanggung jawab untuk membangun bangsa ini. Karena menurut saya kemajuan bangsa terletak pada kemajuan wanita atau perempuannya.

Lebih lanjut Wakil Gubernur menyampaikan Pemahaman PUG(Pengarusutamaan Gender) ini harus diawali dari Rumah Tangga kita sendiri. Karena ini adalah basic, atau awalan pemahaman masyarakat hingga nantinya kepada pemahaman para pemangku kebijakan. Karena salah satu alasan PUG belum menunjukan hasilnya, disebabkan oleh keterbatasan pengertian dan pemahaman dari para pemangku kebijakan SKPD dan masyarakat tentang konsep gender dan aplikasinya .

Kemudian beberapa kendala yang dapat kita pandang sebagai penghambat antara lain, gender masih diwacanakan sebagai perempuan dan strategi PUG masih dianggap sebagai program pemberdayaan perempuan kemudian masih lemahnya koordinasi system perencanaan pelaksanaan dan evaluasi program/kebijakan pembangunan yang responsifgender oleh aparat perencana.

Untuk mendorong tersusunnya kebijakan program dan kegiatan pembangunan yang responsive gender secara berkesinambungan perlu dilakukan oleh para komponen perencana di SKPD, baik pada tingkat provinsi maupun kota , melalui analisis gender serta penyusunan perencanaan dan penganggaran yang responsive gender . untuk itu diperlukan adanya peningkatan kapasitas para perencana dengan melaksanakan seminar-seminar dan sosialisasi tentang PUG ini. Salah satunya melalui workshop pengarusutamaan gender ini . Jadi diharapkan para peserta workshop dapat bersungguh-sungguh melaksnakan workshop ini saling share permasalahan dan solusi, sehingga nantinya bisa kita dapatkan solusi-solusi dalam permasalahan PUG di sumatera barat dan bagaimana meningkatkan pemahamannya tutup Wakil Gubernur. (*/ril)

Editor/Sumber:
Tag: perempuan

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Gubernur Ajak Bupati/Walikota Awasi Pemudik, Jika Ditemukan Langsung Dikarantina

Gubernur Ajak Bupati/Walikota Awasi Pemudik, Jika Ditemukan Langsung Dikarantina

PADANG -- Wali Kota Padang, Mahyeldi mendengarkan arahan Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno dan Kapolda terkait...

Antisipasi Corona, Peserta Bimtek Sadar Wisata Dibekali Ini

Antisipasi Corona, Peserta Bimtek Sadar Wisata Dibekali Ini

PADANG -- Dinas Pariwisata (Dinpar) Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) peningkatan...

Antisipasi Penyebaran Virus Corona. Besok Sekolah di Padang Diliburkan

Antisipasi Penyebaran Virus Corona. Besok Sekolah di Padang Diliburkan

PADANG - Antisipasi penyebaran Covid-19, mulai besok Kamis 19 Maret 2020 Pemerintah Kota Padang meliburkan sekolah...

Jika Harus Berkantor di Rumah, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Padang Pariaman

Jika Harus Berkantor di Rumah, Ini yang Akan Dilakukan Pemkab Padang Pariaman

Padang Pariaman - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melaksanakan uji coba penggunaan aplikasi zoom cloud...

Ceramah UAS di Padang Panjang Batal, Ini Alasannya

Ceramah UAS di Padang Panjang Batal, Ini Alasannya

PADANG PANJANG - Ustadz jutaan viewer H Abdul Somad (UAS) Lc, MA batal menghadiri tabligh akbar di Lapangan Bancah...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu