Thursday, 19 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

809 APK Peserta Pemilu di Pariaman Ditertibkan Bawaslu

Senin, 15 April 2019 - 01:22:36 WIB - 2
809 APK Peserta Pemilu di Pariaman Ditertibkan Bawaslu
Tim gabungan sedang membuka Billboard salah seorang Caleg. Peserta Pemilu di Simpang 4 Lampu Merah Kampung Cina-Tugu Tabuik.


PARIAMAN - Bawaslu Kota Pariaman menertibkan sebanyak 809 APK (Alat Peraga Kampanye) Peserta Pemilu di tiga Dapil (Daerah Pemilihan) Kota Pariaman pada Minggu (14/04).

Ketua Bawaslu Kota Pariaman Riswan didampingi Kordiv. Penindakan dan Pelanggaran Elmahmudi mengatakan, jumlah APK yang ditertibkan pada hari pertama masa tenang jauh lebih sedikit bila dibandingkan dengan hasil identivikasi sebelum penertiban berjumlah 7.178 APK.

"Karena hari ini sudah memasuki masa tenang tentu segala aktivitas kampanye tidak dibenarkan. Sehubungan dengan itu sebelumnya kita juga telah melanyangkan surat himbaun pada Parpol dan Tim Pasangan Calon untuk melakukan penertiban secara mandiri," ujar Riswan.

Dari hasil pantauan Bawaslu satu hari sebelum penertiban, sudah ada juga Parpol yang menertibkan APK nya secara mandiri.

"Untuk hari ini kita hanya melakukan penyisiran terhadap bahan kampanye atau APK yang masih tersisa," ulas Riswan.

Ia menyebutkan dalam penertiban hari pertama masa tenang Bawaslu dibantu oleh pihak kepolisian, Dandim 0308, Dishub dan Satpol PP. Kota Pariaman dengan membentuk 6 Tim.

"4 tim disebar di masing-masing kecamatan, kemudian dua tim khusus untuk pembersihan APK yang ada di angkutan umum dan pribadi serta jalur utama membersihkan APK yang ada di bill board," imbuh Riswan

Ia mengungkapkan hingga menjelang sore hari, belum ada persoalan dalam menertibkan APK, bahkan Riswan menyebutkan Parpol pada Pemilu periode 2019 ini sangat kooperatif.

"Terkait ada nya APK yang masih terpasang di kantor Parpol. atau posko pemenangan peserta Pemilu, kita komunikasikan pada timnya supaya mau menerunkan bahan kampanye yang terpasang," imbuhnya.

Ia menuturkan beberapa hari sebelum penertiban, hasil pantauan dari pihak Bawaslu ada ribuan APK dan bahan kampanye yang masih terpasang.

"Namun pada Sabtu kemarin (13/04) sudah banyak juga peserta Pemilu yang menurunkan APK dan bahan kampanye mereka. Yang mendominasi masih terpasang itukan di billboard kemudian warung atau rumah warga," ulasnya.

Riswan menyebutkan penertiban APK dituntaskan satu hari saja, karena masih banyaknya agenda yang akan dijalankan menjelang hari pencoblosan.

"Oleh karena itu ia berharap di hari pencoblosan pada 17 April nanti, semuan APK milik peserta Pemilu harus bersih," tutupnya

Data APK yang telah ditertibkan oleh Bawaslu dan tim gabungan:

Baliho :116 buah
Billboard :9 buah
Spanduk :439 buah
Poster :138 buah
Stiker :102 buah
Oneway :5 buah. (war)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pariaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sukseskan Kampung KB Jadi Desa Percontohan, DP3AKB Pariaman Adakan Lomba Kampung KB Mini

Sukseskan Kampung KB Jadi Desa Percontohan, DP3AKB Pariaman Adakan Lomba Kampung KB Mini

PARIAMAN - Dinas Pemberdayaan Perempuan Pelindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Kota Pariaman adakan lokakarya...

Kabut Asap Mulai Selimuti Kabupaten Pasaman, Kaban BPBD Himbau Masyarakat Pakai Masker

Kabut Asap Mulai Selimuti Kabupaten Pasaman, Kaban BPBD Himbau Masyarakat Pakai Masker

PASAMAN -- Kabut asap kiriman dari provinsi tetangga mulai dirasakan sebagian besar masyarakat Kabupaten...

Para Guru di Solsel Akan Ikuti Seminar Pendidikan Berkelas Nasional

Para Guru di Solsel Akan Ikuti Seminar Pendidikan Berkelas Nasional

PADANG ARO - Para guru di bawah Dinas Pendidikan dan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Solok Selatan akan...

Warga Padang Keluhkan Kenaikan Tarif Baru Ojek Online

Warga Padang Keluhkan Kenaikan Tarif Baru Ojek Online

PADANG -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI menetapkan kenaikan tarif baru ojek online (ojol) yang berlaku secara...

Sikapi Proyek Asal Jadi Akhir Tahun, Legislator Padang Ini Warning OPD

Sikapi Proyek Asal Jadi Akhir Tahun, Legislator Padang Ini Warning OPD

PADANG -- Sejumlah proyek pembangunan di Kota Padang baik drainase hingga pendestrian kawasan wisata di daerah itu yang...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media