Thursday, 19 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Peringatan Hari Jadi ke 71, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Dihadiri Menteri PUPR

Senin, 15 April 2019 - 15:11:10 WIB - 776
Peringatan Hari Jadi ke 71, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pesisir Selatan Dihadiri Menteri PUPR
Suasana Rapat Paripurna istimewa DPRD Kabupaten Pesisir Selatan bertempat di Gedung Painan Convention Center (PCC) Senin (15/4/2019).


PESISIR SELATAN - Memperingati hari jadi Kabupaten Pessel ke-71 pada tanggal 15 April 2019. Puncak peringatannya ditandai dengan sidang Rapat Paripurna istimewa DPRD Kabupaten Pesisir Selatan bertempat di Gedung Painan Convention Center (PCC) Senin (15/4/2019).

Bupati Pessel Hendrajoni dalam sambutan mengatakan, tepatnya tanggal 15 April 1948 merupakan hari yang bersejarah bagi Kabupaten ini, karena pada hari tersebut telah disepakati oleh seluruh komponen masyarakat melalui Peraturan Daerah Kabupaten Daerah Tingkat II Pesisir Selatan Nomor 02 Tahun 1995 tentang penetapan hari jadi Kabupaten Daerah Tingkat II Pesisir Selatan yang diperingati setiap tahun.

"Marilah kita jadikan peringatan hari jadi kabupaten pesisir selatan yang ke 71 ini sebagai momentum untuk mengevaluasi kemajuan pembangunan yang telah kita lakukan guna mewujutkan kesejahteraan masyarakat," ujar bupati hendrajoni.

Bupati menyatakan, Kabupaten Pesisir Selatan hadir tidak beberapa lama semenjak Kemerdekaan Republik Indonesia. berkat kerja keras dan kamunikasi yang intensif antara Pemerintah Daerah dan DPRD serta didukung oleh elemen masyarakat.

"Maka tahun 2019 ini adalah kali ketujuh , kita melaksanakan peringatan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan. Momen di hari jadi ini harus kita manfaatkan sebagai bahan evaluasi dan kemajuan bagi Daerah. maka tema yang kita usung dalam peringatan hari jadi Kabupaten Pesisir Selatan kali ini adalah dengan semangat hari jadi ke 71 kita wujudkan masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang lebih Mandiri , Unggul, Agamais dan Sejahtera," ucapnya.

Beberapa capaian yang telah berhasil diraih oleh Kabupaten Pesisir Selatan Selama tiga tahun Kepemimpinan Bupati Hendrajoni diantaranya:

1. Mempertahankan Opini WTP (wajar tanpa pengecualian) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia atas kinerja pengelolaan keuangan daerah.

2. Berhasil meningkatkan nilai Sakip C menjadi B dalam jangka waktu 3 (tiga) tahun.penilaian ini dilakukan oleh Kementerian Padayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Kemenpan RB).

3. Mempertahankan kategori terbaik dengan skor sangat tinggi atas hasil evaluasi kinerja penyelenggara pemerintahan daerah oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

4. Berhasil meraih piala adipura 2 tahun berturut-turut (2017-2018).

5. Meningkatkan pertumbuhan ekonomi dari 5,33 persen pada tahun 2016 menjadi 5,42 persen pada tahun 2017.angka ini berada diatas capaian Provinsi dan Nasional.

6. Mempertahankan gini rasio atau ketimpangan pendapatan pada level rendah dibawah 0,3

7. Meningkatkan indeks pembangunan manusia dari 68,39 pada tahun 2016 menjadi 68,74 pada tahun 2017.

8. Mengurangi angka pengangguran dari 11,23 persen pada tahun 2015 menjadi 5,85 persen pada tahun 2018.

9. Meningkatkan pendapatan perkapita dari 18,1 juta pada tahun 2016 menjadi 18,9 juta pada tahun 2017.

10. Menurunkan angka kemiskinan dari 7,92 persen pada tahun 2016 menjadi 7,59 persen pada tahun 2018.

Dari berbagai aspek yang telah diperoleh, membuktikan bahwa kerja keras dan kerjasama seluruh pihak dalam menjalankan roda Pemerintahan mendapatkan Apresiasi yang patut di banggakan.

"Mudah-mudahan pencapaian ini akan menambah kepercayaan diri kita , bahwa Kabupaten Pesisir Selatan mampu sejajar dan bahkan lebih baik dari Kabupaten/Kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat," ujar Bupati.

Sejalan dengan hal tersebut, Bupati menyampaikan, Pemerintah Daerah selalu memegang komitmen dalam melanjutkan pembangunan dengan mengacu kepada Rpjmd Kabupaten Pesisir Selatan tahun 2016-2021 dimana tertuang visi Daerah yaitu terwujudnya masyarakat Kabupaten Pesisir Selatan yang Mandiri, Unggul, Agamais dan Sejahtera.

"Kami dari Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat baik yang di daerah maupun diperantauan yang tidak pernah berhenti mencurahkan amal baktinya dan terus mendukung Pemerintah Daerah dalam upaya-upaya mencapai visi dan misi perjalanan pembangunan daerah di masa yang akan datang akan terus kita laksanakan dengan penuh kesungguhan guna menyentuh seluruh aspek kehidupan," ujarnya.

Paripurna dipimpin Ketua DPRD Dedi Rahmanto Putra, Wakil Ketua Herpi Damson, dihadiri Menteri Pekerja Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Gubernur Sumbar diwakili Inspektur Daerah Provinsi Sumbar, komisaris Utama BRI Andrinov A.Chaniago, Ketua DPRD Provinsi Sumbar segenap Anggota DPRD Provinsi asal dapil Kabupaten Pesisir Selatan dan Mentawai, Forkopimda Provinsi Sumbar, Ketua DPRD Kabupaten Pessel dan Anggota DPRD, Wakil Bupati, dan Kepala OPD dan Pejabat Administrator Pessel. (Rio)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Merasa Tertipu, Massa Pendemo di Papua Sepakat Tidak Mau Ikut Aksi Lagi

Merasa Tertipu, Massa Pendemo di Papua Sepakat Tidak Mau Ikut Aksi Lagi

JAYAPURA - Lebih kurang 300 orang pelaku aksi demo yang berakhir rusuh beberapa hari lalu (29/08/2019) yang berasal...

Mulai Dibangun, Dua Pasar di Mentawai ini Akan Hidup Kembali

Mulai Dibangun, Dua Pasar di Mentawai ini Akan Hidup Kembali

MENTAWAI - Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Perindustrian Perdagangan Kabupaten Kepulauan, lakukan Revitalisasi...

Walikota Pariaman Terus Galakkan Kampanye Anti Narkoba

Walikota Pariaman Terus Galakkan Kampanye Anti Narkoba

PARIAMAN -- Walikota Pariaman Genius Umar gencar mengkampanyekan gerakan anti narkoba di Kota Pariaman karena...

Warga Gerebek Oknum Dosen dan Mahasiswa LGBT di Padang, Inilah Kata PWM Sumbar

Warga Gerebek Oknum Dosen dan Mahasiswa LGBT di Padang, Inilah Kata PWM Sumbar

PADANG -- Menyikapi ramainya pemberitaan media online soal pasangan sejoli LGBT yang digerebek warga di kawasan Lubuk...

Akibat Karhutla, Status Udara Kota Palangkaraya Masih Tidak Sehat

Akibat Karhutla, Status Udara Kota Palangkaraya Masih Tidak Sehat

PALANGKARAYA -- Kabut asap imbas kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih menyelimuti Kota Palangkaraya. Berdasarkan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media