Saturday, 20 Jul 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

UDD PMI Kota Bukittinggi Terapkan Metode Wisata Donor Darah

Senin, 22 April 2019 - 09:44:37 WIB - 654
UDD PMI Kota Bukittinggi Terapkan Metode Wisata Donor Darah
Pelayanan pmi di jam gadang


BUKITTINGGI -- Memasuki musim libur pasca pemilu serentak, PMI turun layani wisatawan yang ingin mendonorkan darahnya di depan taman monument pahlawan tak dikenal yang berseberangan dengan monument Proklamator Bung Hatta dan kantor DPRD Kota Bukittinggi, Ahad (21/4/2019)

Kegiatan ini berlangsung setiap hari Rabu dan Sabtu dari pukul 09.00 hingga 16.00 Wib, personil dan kendaraan Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Bukittinggi melayani wisatawan yang sedang berkunjung.

Bertepatan hari Sabtu (20/4/2019) masih dalam suasana hari libur, personil UDD PMI Kota Bukittinggi yang terdiri dari tiga orang melayani warga masyarakat dan wisatawan yang berkunjung ke posko UDD PMI Kota Bukittinggi untuk mendonorkan darahnya dibawah tenda berukuran 2x2 meter yang berdekatan dengan unit kendaraan UDD.

Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas Kepada MinangkabauNews.com, Senin (22/4/2019) di markas PMI Kota Bukittinggi mengatakan kegiatan itu tidak saja di hari libur tapi memang sudah rutin dilakukan setiap hari Rabu dan Sabtu dengan menempatkan di lokasi tersebut dan setiap hari Minggu personil dan kendaraan UDD PMI Kota Bukittinggi di tempatkan di lapangan Wirabraja 0304 Agam (lapangan kantin). Penempatan yang telah ditentukan di dua tempat yang berbeda itu dengan maksud agar memudahkan pendonor untuk mendonorkan darahnya.

Selanjutnya Chairunnas menjelaskan penempatan di dekat lokasi objek wisata pedestrian taman Jam Gadang maksudnya adalah wisatawan yang datang berlibur bisa juga mendonorkan darahnya, begitupun penempatan di lapangan Wirabraja 0304 Agam (lapangan kantin) orang yang berolahraga pagi atau wisatawan yang melintasi tempat itu bisa mendonorkan darahnya. Ini yang diterapkan PMI Kota Bukittinggi “Berwisata dan Berolahraga Sambil Mendonor Darah”, jelas Chairunnas.

Pantauan MinangkabauNews.com di lokasi hari Sabtu dan Minggu, banyak warga Kota Bukittinggi maupun wisatawan yang mendonorkan darahnya, seperti Anita kalangan millenial yang masih duduk di salahsatu perguruan tinggi merupakan wisatawan dari Kota Padang yang sedang berlibur bersama dua rekannya di Kota wisata Bukittinggi menyempatkan singgah di tenda UDD PMI Kota Bukittinggi untuk mendonorkan darahnya, Anita pun menjelaskan, mendonor darah ini merupakan amal ibadah untuk membantu dan menolong sisi kemanusiaan.

Dan kalangan millennial lainnya, Puteri pendonor darah tamatan STIE Agus Salim Kota Bukittinggi tahun 2018 dan kini telah bekerja di salah satu counter kuliner di sekitar pendestrian taman Jam Gadang Kota Bukittinggi, mengatakan mendonorkan darah tersentak dari hati sanubari diri sendiri.

Mendonor darah itu, kata Puteri untuk kesehatan diri kita senidiri dan juga dapat membantu serta menolong secara kemanusiaan kepada yang memerlukannya, kapan lagi kita mencari amal ibadah dengan membantu dan menolong sesama manusia. Puteri pun mempunyai prinsip “menolong dan membantu setetes darah untuk kelangsungan hidup orang sakit yang memerlukan darah adalah sangat mulia disisi Allah”

Dikarenakan bulan April ini merupakan bulan kelahiran R.A.Kartini seorang pejuang kaum wanita, Puteri mengajak khususnya kalangan millennial dan wanita-wanita lainnya untuk mendonorkan darah, kita pun berjuang seperti Kartini, tapi dari sisi kemanusiaan. Semakin banyak pendonor darah, semakin banyak pula terbantu orang sakit yang memerlukan darahnya.

Lain halnya dengan Elizar ibu rumah tangga seusai mendonorkan darahnya, menjelaskan, mendonor darah merupakan suatu amal ibadah, diakuinya semenjak anaknya yang dirawat di rumah sakit akibat penyakit DBD yang memerlukan darah sebanyak 11 kantong darah, dari sinilah tersentak dan terpanggil mendonorkan darahnya, kalau kita dibantu orang, tentu kita bantu pula orang yang memerlukannya, kita saling bantu membantu menyalurkan darah, ucapnya. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

CJH Kloter IX Resmi Dilepas, Ini Pesan Wagub Sumbar

CJH Kloter IX Resmi Dilepas, Ini Pesan Wagub Sumbar

PADANG -- Wakil Gubernur Sumbar H. Nasrul Abit berpesan kepada 391 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Bukittinggi,...

Dinas Kesehatan Kota Pariaman Gelar Lomba Bayi dan Balita Sehat

Dinas Kesehatan Kota Pariaman Gelar Lomba Bayi dan Balita Sehat

PARIAMAN - Dinas Kesehatan Gelar Lomba Bayi dan Balita Sehat tingkat Kota Pariaman di Balairung Rumah Dinas Kesehatan...

SMA Kartika 1-5 Padang Cetak Siswa Berprestasi Tingkat Provinsi

SMA Kartika 1-5 Padang Cetak Siswa Berprestasi Tingkat Provinsi

PADANG - Menjadi siswa yang berprestasi adalah hal yang membanggakan. Seperti dirasakan siswa ini yang telah menorehkan...

Diduga Lakukan Cabul, Seorang Pria Paruh Baya di Agam Diciduk Polisi

Diduga Lakukan Cabul, Seorang Pria Paruh Baya di Agam Diciduk Polisi

AGAM - Tim Kepolisain Resor Agam menangkap seorang pria diduga kuat melakukan tindakan pencabulan anak dibawah umur di...

SMPN 4 Sutera Pessel Menerapkan Konsep Program MPLS Melalui Lighthouse School Program

SMPN 4 Sutera Pessel Menerapkan Konsep Program MPLS Melalui Lighthouse School Program

PESISIR SELATAN - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pesisir Selatan bersama Putra Sampoerna...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media