Sunday, 19 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Warga Pessel Resah, Ada Tambang Galian C yang Bebas Beroperasi

Kamis, 25 April 2019 - 15:11:00 WIB - 407
Warga Pessel Resah, Ada Tambang Galian C yang Bebas Beroperasi
Keberadaan Aktivitas proyek galian C yang berlokasi di Jalan Bukik Putuih, Kenagarian Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.


PESISIR SELATAN - Sejumlah masyarakat merasa resah keberadaan Aktivitas proyek galian C yang berlokasi di Jalan Bukik Putuih, Kenagarian Talaok Kecamatan Bayang Kabupaten Pesisir Selatan.

Pasalnya, proyek itu terlihat sangat bebas beroperasi. Bahkan warga setempat langsung melaporkan ke pihak kepolisian terkait keberadaan Aktivitas proyek galian C tersebut.

Reza (35) warga setempat mengatakan, aktivitas galian C tersebut sangat meresahkan, bahkan, keberadaan aktivitas galian C tersebut sangat mengganggu keselamatan warga dan juga bagi pengendara roda dua yang melintasi lokasi tersebut, apalagi saat musih hujan.

"Kami pernah secara bersama-sama menegur oknum yang bersangkutan, tapi tidak dihiraukan dan bahkan kami warga setempat juga ditakut-takuti serta diintimidasi, bahkan ada satu unit rumah masyarakat kami telah ditimpa oleh batu yang berasal dari aktivitas proyek galian C beberapa waktu lalu," katanya saat melaporkan keberadaan aktivitas proyek galian C tersebut di Mapolsek Bayang, Kamis (25/4/2019).

Sementara itu Herman (55) warga lain mengatakan, Ia meminta kepada pihak penegak hukum untuk segera menghentikan aktivitas proyek galian C tersebut. Bahkan, proyek tersebut menurutnya sudah beraktivitas cukup lama.

"Ini kalau dibiarkan maka akan menimbulkan bencana bagi warga setempat, bahkan beberapa waktu yang lalu salah satu rumah milik warga yang tinggal di sekitaran proyek tersebut ditimpa batu akibat dari aktivitas proyek tersebut," ujarnya.

"Mereka melakukan kegiatan itu dengan menggunakan alat berat, yaitunya ekscavator, tanpa ada pertimbangan lain mereka terus menjual tanah dari sana," ucapnya.

Herman juga menegaskan, persoalan Aktivitas proyek galian C tersebut bukan dari pihak penegak hukum saja, bahkan dari Pemerintah Daerah juga menindak aktivitas proyek galian C tersebut.

"Saya Selaku masyarakat meminta kegiatan itu berhenti total, ini adalah bentuk langkah tegas dari Pemerintah Daerah baik melalui penegak hukum maupun pemerintah daerah, agar dampak kegiatan galian C ini tidak meluas," tuturnya.

Sementara itu, Kapolsek Bayang, Iptu Advianus membenarkan adanya aktivitas proyek galian C tersebut, bahkan telah terjadi jauh sebelumnya Ia menjabat sebagai Kapolsek.

"Galian C ini memang sudah lama berkativitas, bahkan jauh sebelum saya bertugas disini," katanya.

Ia menjelaskan, Pemberhentian secara paksa tidak bisa dilakukan karena tidak adanya sanggahan atau pernyataan sikap keberatan dari masyarakat terhadap keberadaan aktivitas tersebut.

"Karena tidak adanya laporan masyarakat yang masuk makanya kami tidak bisa menindak kegiatan itu , dan kami nilai kegiatan itu berjalan dengan baik," ujarnya.

Ia menghimbau kepada masyarakat setempat untuk memberikan laporan secara tertulis kepada pihak Kepolisian setempat agar bisa ditindak lebih lanjut.

"Kalau ada laporan yang masuk ke kami, maka hari ini juga akan kami hentikan aktivitas galian C itu. Silahkan masuk kan laporan secepatnya, maka semakin cepat kami menghentikan aktivitas itu," tutur Kapolsek. (Rio)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: hukum,metro,pesisir-selatan,pos-polisi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pengurus Akademi Komunitas Mentawai Binaan Politeknik Negeri Lampung Lakukan Sosialisasi PMB

Pengurus Akademi Komunitas Mentawai Binaan Politeknik Negeri Lampung Lakukan Sosialisasi PMB

MENTAWAI - Pengurus Akademi Komunitas Mentawai Binaan Politeknik Negeri Lampung, lakukan sosialisasi terkait adanya...

Sudah Berusia 3,5 Abad, Inilah Surau Tertua di Sumatera Barat

Sudah Berusia 3,5 Abad, Inilah Surau Tertua di Sumatera Barat

PADANG PARIAMAN - Mesjid atau musahalla merupakan salah satu bukti perjalanan sejarah perkembangan agama Islam pada...

TSR Sumbar Kunjungi Masjid Jami Agung Tangah Sawah Kota Bukittinggi, Nasrul Abit Pesankan Hal Ini

TSR Sumbar Kunjungi Masjid Jami Agung Tangah Sawah Kota Bukittinggi, Nasrul Abit Pesankan Hal Ini

BUKITTINGGI - Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi mendampingi Tim II Tim Safari Ramadhan (TSR) yang diketuai oleh Wakil...

Pemanfaatan Teknologi Menjawab Tantangan, Padang Pariaman Masuk 100 Smart City Nasional

Pemanfaatan Teknologi Menjawab Tantangan, Padang Pariaman Masuk 100 Smart City Nasional

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian...

LKKS Padang Panjang Santuni Anak Yatim/Piatu dan Keluarga Kurang Mampu

LKKS Padang Panjang Santuni Anak Yatim/Piatu dan Keluarga Kurang Mampu

PADANG PANJANG - Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Kota Padang Panjang yang berada pada Dinas Sosial...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media