Sunday, 25 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Panjang

Padang Panjang Gelar Vaksinasi Rabies ke Rumah-rumah Penduduk

Jumat, 26 April 2019 - 14:35:27 WIB - 475
Padang Panjang Gelar Vaksinasi Rabies ke Rumah-rumah Penduduk
Memberi sutikan vaksinasi Rabies kepada hewan peliharaan


PADANG PANJANG - Dinas Pangan dan Pertanian Kota Padang Panjang, Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan dan UPTD Pusat Kesehatan Hewan Kota Padang Panjang melakukan pelayanan vaksinasi Rabies massal langsung terhadap Hewan HPR (Hewan Penular Rabies) yang dipelihara oleh masyarakat seperti Anjing, kucing dan kera.

Kabid Peternakan dan Keswan, Wahid menyampaikan, vaksinasi Rabies massal ini sendiri sudah berlangsung sejak tanggal 01 s/d 30 April 2019, dengan menurunkan sebanyak 34 orang petugas yang dibagi menjadi 4 tim per kelurahan dimana setiap tim terdiri dari 4-5 orang.

"Dalam satu hari pelaksanaan vaksinasi Rabies massal ini difokuskan di satu kelurahan yang di keroyok oleh empat tim dengan metode door to door, dengan harapan setiap HPR yang berpemilik dapat dilakukan Vaksinasi Rabies," katanya.

Terkait dengan hari pelaksanaan vaksinasi Rabies massal ini yaitu, mulai dari senin s/d kamis setiap minggunya. Terkhusus untuk hari jumat tim tidak melakukan vaksinasi door to door, dan sampai sejauh ini vaksinasi Rabies massal telah dilakukan di 16 kelurahan sedangkan yang belum tinggal 2 kelurahan lagi yaitu kelurahan Balai-Balai yang jadwalnya pada senin 29 April dan kelurahan Bukit Surungan pada Selasa 30 April 2019.

"Dari data 16 kelurahan tersebut petugas telah melakukan vaksinasi rabies dengan total hewan yang di berivaksin berjumlah 982 ekor yang mayoritas vaksinasi Rabies pada kucing dan anjing," ujarnya.

Dalam pelaksanaan vaksinasi Rabies massal ini selain melakukan vaksinasi rabies petugas juga melakukan penyuluhan langsung tentang pentingnya Vaksinasi Rabies sebagai upaya mencegah timbulnya penyakit Rabies pada hewan peliharaan masyarakat, karena Rabies merupakan penyakit yang bersifat Zoonosis (penyakit dari hewan yang dapat ditularkan ke manusia atau sebaliknya) yang sangat berbahaya dan dapat membawa kepada kematian, lanjutnya.

"Bagi Hewan Penular Rabies (HPR) seperti anjing, kucing dan kera yang telah divaksinasi oleh petugas diberikan penandaan/ penning (nomor Register) dan kartu vaksinasinya sebagai dokumen pada hewan tersebut, dimana dokumen tersebut dapat dipergunakan ketika melakukan pengobatan atau tindakan medis di puskeswan missal : untuk konsultasi kesehatan, USG, Rontgen/ X-Ray, operasi, pengobatan dll," terangnya.

Dan perlu diketahui semua bentuk pelayanan yang dilakukan oleh Dinas dan Puskeswan berupa Vaksinasi Rabies dan tindakan medis lainnya di Puskeswan Kota Padang Panjang adalah gratis, terkhusus untuk masyarakat yang pemilik HPR atau hewan kesayangan lainnya ber KTP Kota Padang Panjang.

Kabid Peternakan dan Keswan, Wahid mengaharapkan, melalui vaksinasi Rabies massal ini anjing, kucing dan kera dapat memiliki kekebalan terhadap penyakit Rabies sehingga hewan kesayangan kita terhindar dari penyakit Rabies, dan bagi masyarakat yang mungkin terlewatkan oleh petugas atau belum tervaksinasi Rabies hewan peliharaannya, bisa lansung menghubungi call center Puskeswan dengan nomor : 082392312116, atau bisa juga lansung membawa hewannya ke Puskeswan yang beralamat di jl. RPH komplek RPH Kota Padang Panjang Selaing Bawah atau setelah SMAN.3 Kota Padang Panjang. (Edi Fatra/Ki)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: kesehatan,padang-panjang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

MENTAWAI - Akibat gelombang serta air pasang yang tinggi, pantai di Dusun Maosa Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan...

Workshop Pengelola GSMS, Wabup Suhatri Bur: Jangan Sampai Kepsek Tak Paham

Workshop Pengelola GSMS, Wabup Suhatri Bur: Jangan Sampai Kepsek Tak Paham

PADANG PARIAMAN - Wabup Suhatri Bur, SE, MM membuka acara Workshop Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Hotel Minang...

Pembangunan Akses Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung Digenangi Banjir, Pengerjaan Dihentikan

Pembangunan Akses Pelabuhan Teluk Tapang-Bunga Tanjung Digenangi Banjir, Pengerjaan Dihentikan

PASAMAN BARAT - Sekitar 4 Kilometer Ruas Paket Kontruksi Pembangunan Akses Pelabuhan Teluk Tapang - Bunga Tanjung,...

Jumlah Jemaah Haji Embarkasi Padang Meninggal Bertambah Menjadi 12 Orang

Jumlah Jemaah Haji Embarkasi Padang Meninggal Bertambah Menjadi 12 Orang

PADANG -- Dua belas jemaah haji asal embarkasi Padang meninggal dunia saat berada di Arab Saudi. Dari enam orang...

Syahiran Meninggal Dunia,  Muhammadiyah Berduka Kehilangan Tokoh dan Anggota Keluarga

Syahiran Meninggal Dunia, Muhammadiyah Berduka Kehilangan Tokoh dan Anggota Keluarga

JAKARTA -- Kabar duka datang dari Bupati Pasaman Barat, Drs. H. Syahiran, MM meninggal dunia dalam usia 66 tahun di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media