Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Sumbar Mendapatkan Penambahan 377 CJH Tahun 2019

Rabu, 01 Mei 2019 - 12:12:39 WIB - 1035
Sumbar Mendapatkan Penambahan 377 CJH Tahun 2019
Plh. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumbar, H. Efrizal.


PADANG - Penambahan Calon Jemaah Haji (CHJ) oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI beberapa waktu lalu, disambut baik oleh Kemenag Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Data data yang berhasil dihimpun, penambahan CJH tahun 2019 yakninya  377 orang dari 10.000 yang ditetapkan pemerintah Arab Saudi untuk Indonesia.

Menurut  Plh. Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Sumbar, H. Efrizal, mengatakan Sumbar mendapat penambahan 377, namun hal itu nantinya dibagi dua.

"Alhamdulillah saat ini Sumbar mendapat tambahan kuota sebanyak 377 jamaah dengan rincian 188 untuk jamaah haji reguler dan 189 orang untuk jamaah haji lansia," katanya saat diwawancari, di ruang kerjanya, Selasa (30/4).

Dia juga mengatakan, untuk teknis pihaknya masih menunggu Keputusan Dirjen, karena ini masih tertuang dalam Keputusan Menteri Agama (KMA) nomor 179 tahun 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan, untuk tahun 2019 ini Embarkasi haji Sumbar akan memberangkatkan 6.269 orang orang jamaah haji dengan rincian 4.592 jamaah Sumatera Barat ditambah Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) 36 orang.

Selain itu, Kemenag Sumbar tengah memproses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahap II. Pada pelunasan tahap I jamaah haji Sumatera Barat yang telah melunasi sebanyak 4.120 orang.

"Artinya lebih kurang 89,72 persen jamaah haji telah melunasi BPIH," ucapnya.

Efrizal juga menuturkan, jamaah haji yang belum melunasi sebanyak 472 orang dari 4.592 jamaah haji. "Jamaah ini akan melunasi pada pelunasan tahap II yang dimulai tanggal 30 April hingga 10 Mei 2019 mendatang," tuturnya.

Adapun jamaah yang bisa melunasi pada tahap II terang Efrizal pertama jamaah haji yang berhak melunasi tahap I namun pada saat proses pelunasan mengalami kegagalan. Kedua, Jemaah yang sudah berstatus dan nomor porsinya masuk kuota.

Ketiga, lanjut Efrizal, jamaah haji yang akan menjadi pendamping jamaah lanjut usia (75 tahun) dan telah melunasi pada tahap I. Keempat jamaah penggabungan suami istri dan anak kandung atau orang tua yang terpisah.

Kelima, jamaah haji lanjut usia pertanggal 7 Juli minimal berusia 75 tahun. Keenam, jamaah haji cadangan yang masuk nomor porsi sesuai database sistem informasi komputer haji terpadu sebanyak 5 persen. Ia berharap agar penyelenggaraan haji tahun ini, berjalan dengan baik. (put)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: padang,reliji,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena

Pemkab Pessel Percepat Layanan Pendidikan Anak Korban Wamena

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan bakal mempercepat pelayanan pendidikan bagi anak-anak perantau...

Kejurnas Sepatu Roda di Pariaman Usai, Atlit Asal Pasaman Bawa Pulang Dua Mendali

Kejurnas Sepatu Roda di Pariaman Usai, Atlit Asal Pasaman Bawa Pulang Dua Mendali

PARIAMAN - Aiy Syatul Zahra, Atlit Sepatu Roda muda berbakat asal Kabupaten Pasaman berhasil meraih dua buah medali...

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

Program Pasca Sarjana Fakultas Teknik UNP Gelar Workshop Scientific Writing

PADANG -- Sedikitnya sebanyak 102 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa S2 dan S3 mulai dari Angkatan 2013-2019 Program...

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

MENTAWAI - Pembangunan Puskesmas Muara Siberut yang terletak di Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan yang dikerjakan...

Kak Seto Meriahkan Acara IMTF 2019 di Pasaman

Kak Seto Meriahkan Acara IMTF 2019 di Pasaman

PASAMAN -- Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau biasa dikenal dengan Kak Seto sang psikolog anak nasional, menjadi...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media