Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Muhammadiyah

Akper Aisyiyah Padang Gelar Kuliah Umum bersama Dr Rohimi Bahas TB Care dan Sistem Pernapasan

Jumat, 03 Mei 2019 - 17:06:04 WIB - 464
Akper Aisyiyah Padang Gelar Kuliah Umum bersama Dr Rohimi Bahas TB Care dan Sistem Pernapasan
Kuliah umum di akper aisyiyah


PADANG -- Otorise PR TB Care PP Aisyiyah Dr. Rohimi Zamzam, SpSi, SH, MP.D psikolog yang juga Sekretaris PP Aisyiyah, menjadi pembicara dalam kegiatan kuliah umum di aula Akper Aisyiyah Padang, Kamis, (2/5/2019).

Selain itu, juga dilaksanakan sekaligus penandatanganan MoU antara Program NIP TB Care Aisyiyah dengan Akper Aisyiyah dalam bidang Penelitian dn Pengabdian Masyarakat.

Dr. Rohimi Zamzam memaparkan materi Sinergitas program NIP TB care dengan Perguruan Tinggi Aisyiyah.

Rohimi menyampaikan "TB adalah penyakit menular yang dapat kapan saja menular kepada manusia. Untuk mencegahnya semua pihak harus menyosialisasikan kepada masyarakat pentingnya menjaga kesehatan dengan pola hidup sehat," kata dia.

Selain itu, katanya, TB Care Aisyiyah akan menguatkan kader dalam menghapus Tuberkolosis (TB) dari Indonesia. Kader-kader ini termasuk juga para Pendamping Minum Obat (PMO), mereka memang ditugaskan mengawasi pengobatan para penderita TB di Indonesia, agar para penderita sembuh dan tidak menularkan penyakit mereka.

"Aisyiyah sendiri fokus menghadapi ini dan dibahas dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Aisyiyah yang dihadiri seluruh pejabat Aisyiyah dari seluruh Indonesia. ôKita juga ada PMO, dulu kita proses, kemudian menguatkan dari tokoh masyarakat dan tokoh agama untuk ikut dalam proses penguatan ini," ujarnya

Program yang ditargetkan akan berhasil mengentaskan TB di 2030 ini, telah tersebar di 130 kabupaten/kota dan 14 provinsi seluruh Indonesia. Dengan penguatan kader, dan bermitra dengan Kementerian Kesehatan, masyarakat diharapkan segera memahami penyakit TB. Serta bagi mereka yang sempat berobat lalu berhenti, dapat kembali mau untuk berobat.

"Kan yang meningkat ini adalah MDR (penderita TB yang belum tuntas berobat) kemudian menularkan lagi ke orang lain. Ini juga kan tingkat kognitif orang pada tingkat itu perlu diberi pencerahan. Dia harus memahami ketika sakit harus minum obat dan tuntas," jelas dia.

Pembicara kedua Prof dr Taufik, mengatakan Sistem pernapasan merupakan salah satu proses yang paling penting dalam kehidupan. Pasalnya, dengan bernapas tubuh akan memperoleh oksigen yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi. Hal ini sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup.

Tak hanya itu, proses pernapasan juga membantu tubuh untuk membuang zat limbah yang disebut karbondioksida. Untuk itu, menjaga kesehatan sistem pernapasan adalah satu hal yang penting dan harus dilakukan. Meski demikian, tak jarang ada beberapa jenis penyakit atau gangguan pernapasan yang bisa mengganggu fungsi tersebut.

Prof Taufiq juga mengapresiasi bagaimana Aisyiyah masih berdiri kokoh sejak 1917, dan terus konsisten dalam penanggulangan TB di seluruh Indonesia hingga sekarang.

Ketua PW Aisyiyah Sumbar, Dra Hj Meiliarni Rusli menambahkan bahwa besar harapannya kegiatan kali ini dapat mengurangi stigma terhadap TB yang masih sangat tinggi di masyarakat dan meningkatkan kepedulian semua pihak dalam penanggulangan TB di Sumatera Barat. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: muhammadiyah,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur

Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur

LIMAPULUH KOTA - Tak mampu memenuhi target perolehan suara dan jumlah kursi di DPRD pada pemilu 17 April 2019 lalu,...

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

PESISIR SELATAN - Sejumlah masyarakat Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, mengeluhkan...

Terbentuk 12 Juli 2019 Lalu, KDDS Adakan Aksi Donor Darah Perdana

Terbentuk 12 Juli 2019 Lalu, KDDS Adakan Aksi Donor Darah Perdana

PADANG ARO -- Komunitas Donor Darah Solok Selatan (KDDS), Sumatera Barat kumpulkan puluhan kantong darah di Taman Kota...

Bimtek PPK Resmi Ditutup, Kadis Dikpora Kota Pariaman Harapkan Ini

Bimtek PPK Resmi Ditutup, Kadis Dikpora Kota Pariaman Harapkan Ini

PARIAMAN - Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyelenggaraan Pendidikan Keluarga (PPK) yang diselenggarakan oleh Direktorat...

Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Kelapa Meningkat Drastis

Jelang Hari Raya Idul Adha, Harga Kelapa Meningkat Drastis

AGAM - Jelang hari raya Idul Adha harga kelapa di Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media