Thursday, 27 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Walikota Bukittinggi Ajak Masyarakat Berlomba-lomba Ibadah di Bulan Ramadhan

Jumat, 03 Mei 2019 - 22:37:34 WIB - 587
Walikota Bukittinggi Ajak Masyarakat Berlomba-lomba Ibadah di Bulan Ramadhan
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias saat diwawancarai wartawan.


BUKITTINGGI - Menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijirah, yang Insya Allah Senin, 1 Ramadhan 1440 Hijriah/6 Mai 2019 Masehi semua umat Islam sama-sama menjalankannya, bulan Ramadhan merupakan bulan yang didalamnya penuh makna, maka dari itu Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias mengajak semua warga masyarakat untuk berlomba-lomba beribadah.

Ini disampaikannya pada acara jumpa pers dengan puluhan wartawan peliputan Kota Bukittinggi sekitarnya, Jumat (3/5/2019) di aula kantor Balaikota Bukittinggi, dan dihadiri SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Bukitinggi. Pada acara tersebut untuk sempurnanya beribdah puasa Ramadhan, semuanya saling maaf memaafkan.

Walikota Ramlan Nurmatias dalam penjelasannya mengatakan Pemerintah Kota Bukittinggi telah menyusun 12 tim Ramadhan yang akan bersafari di 45 Masjid selama Ramadhan 1440 H, Tim Ramadhan dijadwalkan turun pada tanggal 13 sampai 16 Mei 2019 dengan jumlah personil sebanyak 207 orang yang terdiri dari berbagi unsur pimpinan daerah, kepala SKPD, Kepala Instansi Vertikan, BUMN, BUMD serta wartawan.

Safari Ramadhan dilaksanakan untuk bersilaturrahmi dengan masyarakat, dengan menyampaikan berbagai informasi pembangunan yang telah dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah. Dan safari Ramadhan sebagai wahana untuk menampung aspirasi masyarakat terkait dengan kebutuhan masyarakat.

"Masing-masing Tim akan membawa bantuan sebesar Rp8.700.000,- per Masjid, dan bantuan yang diperuntukkan untuk Muballigh selama Ramadhan di masing-masing Masjid dengan besaran Rp300 ribu per malam. Sedangkan untuk tim safari Ramadhan Kecamatan, yang akan mengunjungi Mushalla, akan diberikan bantuan, masing-masing Rp7,5 juta per Mushalla dengan besaran Rp250 ribu per mubaliigh," ucap Wako.

Walikota berpesan kepada mubaligh dalam memberikan ceramah di malam taraweh janganlah berlebihan, berilah ceramah yang kiranya dapat diccerna jamaah. Dan untuk jamaah ibu-ibu yang pergi sholat taraweh sebelum meninggalkan rumah, pastikan api kompor telah padam, hidupkan lampu seperlunya, serta kunci pintu dengan baik, pesannya.

"Selama bulan Ramadhan di minta kepada seluruh warga Kota Bukittinggi agar menjalankan ibadah sesuai syariah Islam, dan bagi non muslim yang tidak menjalankan ibadah puasa agar menjaga dan menghargai orang yang sedang berpuasa, dengan cara tidak makan-makan di wilayah terbuka," ungkap Ramlan Nurmatias.

Mengenai pasa pabukuan, pedagang makanan yang akan berjualan diharapkan tidak menjajakan dagangannya sebelum jam 16 sore, sebab itu akan menganggu ibadah saudara kita yang sedang menjalankan ibadah puasa, dan bagi yang melanggar seperti warung kelambu akan di tindak sesuai dengan Perda yang berlaku di Kota Bukittinggi.

Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi telah menghimbau warga masyarakat untuk saling hormat menghormati umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1440 Hijriah, begitupun larangan-larangan lainnya seperti mercon. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: reliji

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Besok Wali Kota Payakumbuh Reza Pahlevi  Beri Orasi Ilmiah di Wisuda UMSB

Besok Wali Kota Payakumbuh Reza Pahlevi Beri Orasi Ilmiah di Wisuda UMSB

...

Jelang Lebaran, Pengunjung Padati Pasar Pusat Padang Panjang

Jelang Lebaran, Pengunjung Padati Pasar Pusat Padang Panjang

PADANG PANJANG - Mendekati H-1 lebaran Idul Fitri 1440 H, Pasar Pusat Kota Padang Panjang sudah mulai dipadati...

Dana APBN Sebesar Rp 520 Miliar Akan Dikucurkan Untuk Pembangunan Bandara Rokot di Mentawai

Dana APBN Sebesar Rp 520 Miliar Akan Dikucurkan Untuk Pembangunan Bandara Rokot di Mentawai

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kepulauan Mentawai akan menerima anggaran sebanyak Rp 520 Miliar dari...

Longsor Terjadi di Jorong Bantiang Agam, Akibat Curah Hujan Yang Tinggi

Longsor Terjadi di Jorong Bantiang Agam, Akibat Curah Hujan Yang Tinggi

AGAM - Curah hujan yang cukup tinggi di sebagian wilayah Kabupaten Agam, Sumatra Barat, (Sumbar), mengakibatkan terjadi...

Dihantam Gelombang Laut, Petugas BPBD Kota Pariaman Kritis

Dihantam Gelombang Laut, Petugas BPBD Kota Pariaman Kritis

PARIAMAN - Seorang petugas BPBD dari tim TRC kritis dihantam gelombang laut di sekitar perairan Pulau Angso Duo pada...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media