Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Metro

Walikota Padang Mahyeldi Sidak Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang, Ini Hasilnya

Kamis, 09 Mei 2019 - 11:54:44 WIB - 607
Walikota Padang Mahyeldi Sidak Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang, Ini Hasilnya
Walikota mahyeldi sidak pasa pabukoan


PADANG -- Dinas Perdagangan serta bekerjasama dengan Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Padang dan Dinas Kesehatan Kota (DKK) Padang melakukan sidak ke Pasar Pabukoan Pasara Raya Padang. Hal ini demi memastikan seluruh menu kuliner yang disajikan aman dan terhindar dari zat berbahaya. Sehingga memberikan kepastian kepada masyarakat yang hendak membelinya.

Demikian disampaikan Wali Kota Padang Mahyeldi, Rabu (8/5), usai melakukan pemeriksaan sebanyak 40 sampel lebih menu kuliner pabukoan yang dijual para pedagang di Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang depan Blok III. Di pasar ini, berbagai menu pabukoan diperjualbelikan.

Mahyeldi menyampaikan, setelah pemeriksaan mendapati bahwa seluruh pedagang yang berjualan di pasa pabukoan tersebut merupakan pedagang lama, hanya sebagian pedagang baru.

"Jadi pedagang yang berjualan di sini, kita lakukan pembinaan dan juga memperingati mereka agar tidak menggunakan bahan berbahaya bagi kesehatan," kata Mahyeldi.

Dikatakannya, dengan dilakukannya pembinaan oleh dinas perdagangan, dipastikan seluruh pedagang di sini, tidak akan menggunakan bahan berbahaya bagi kesehatan.

"Untuk membuktikan itu, makanya kita menggandeng BBPOM Padang di sini, guna menguji seluruh kuliner yang diperjual belikan pedagang," tambahnya.

Kepala BPOM Padang Martin Suhendri dalam kesempatan itu mengatakan, dalam giat tersebut pihaknya tidak menemukan zat berbahaya yang digunakan pedagang setelah dilakukan uji sampel terhadap beberapa makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya"Alhamdulilah, untuk hari ini dari uji sampel tidak ditemukan zat berbahaya atau bebas dari formalin dan rhodamin. Namun pengawasan akan terus dilakukan kepada jajanan di pasa pabukoan ini," ungkapnya.

Martin menambahkan, nantinya jika ditemukan zat berbahaya yang terkandung pada jajanan tersebut, akan dilakukan penindakan bersama OPD terkait. Sebagaimana selain memeriksa di Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang, pihaknya juga membagi tim untuk memeriksa kuliner pabukoan di pasar pabukoan yang ada di Padang.

Sementara itu Kepala Dinas Perdagangan Padang Endrizal mengatakan, sebelum didirikannya pasa pabukoan tersebut pihaknya telah melakukan pembinaan pada seluruh pedagang.

"Kita sudah lakukan pembinaan dan pemberitahuan kepada seluruh pedagang yang berjualan di pasa pabukoan. Apabila bagi mereka ketahuan menggunakan bahan berbahaya, kita akan tindak sesuai dengan peraturan dan hukum yang berlaku. Maka itu insya Allah, kita selektif menerima pedagang yang berjualan di pasa pabukoan ini. Jangan sampai dagangan mereka merugikan masyarakat" ujar Endrizal.

Endrizal menambahkan, dengan diambilnya seluruh sampel makanan yang ada di Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang, berarti telah dipastikan kuliner yang dijual di sini tidak ada yang mengandung bahan berbahaya.

"Kita sudah pastikan, dan tidak ada bahan berbahaya. Jadi, masyarakat jangan ragu silahkan berbelanja pabukoan di Pasa Pabukoan Pasar Raya Padang ini," tutupnya. Dalam pemantauan tersebut juga diikuti Kepada Dinas Pangan Syahrial, Kabag Perekonomian Edi Dharma serta unsur terkait lainnya. (Rel)

Editor/Sumber:
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tim Asesor Badan Akreditasi Provinsi Datangi SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar, Ada Apa?

Tim Asesor Badan Akreditasi Provinsi Datangi SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar, Ada Apa?

PADANG -- Tim Asesor Badan Akreditasi Provinsi Sumatera Barat terlihat tiba di SMK Pariwisata Aisyiyah Sumbar. Kedua...

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

PESISIR SELATAN - Sejumlah masyarakat Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, mengeluhkan...

DPRD Kota Solok Gelar Rapat Paripurna Dengar Pidato Kenegaraan

DPRD Kota Solok Gelar Rapat Paripurna Dengar Pidato Kenegaraan

SOLOK SELATAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Solok, menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Mendengarkan Pidato...

Limapuluh Kota Miliki 62 Ribu Hektar Lahan Tidur, Ini Ajakan Muhammad Rahmad

Limapuluh Kota Miliki 62 Ribu Hektar Lahan Tidur, Ini Ajakan Muhammad Rahmad

LIMAPULUH KOTA - Jagung merupakan kekuatan baru bagi Kabupaten Limapuluh Kota, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)....

Ketua Kampung KB Koto Katik Berhasil Raih Juara Harapan I Tingkat Nasional

Ketua Kampung KB Koto Katik Berhasil Raih Juara Harapan I Tingkat Nasional

PADANG PANJANG - Bersaing dengan 5 peserta dari provinsi DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, Kalimantan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media