Friday, 24 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Program Gernas Baku, TK Islam Jamiyyatul Hujjaj Tumbuh Kembangkan Minat Baca Sejak Usia Dini

Kamis, 09 Mei 2019 - 19:18:59 WIB - 227
Program Gernas Baku, TK Islam Jamiyyatul Hujjaj Tumbuh Kembangkan Minat Baca Sejak Usia Dini
Orangtua sedang membacakan buku kepada nak-anaknya.


BUKITTINGGI - Sekolah Taman Kanak-kanak (TK) Islam Jamiyyatul Hujjaj yang berada di jalan Tuanku Nan Renceh Kota Bukittinggi di tahun 2019 untuk kedua kalinya menjalankan salah satu program Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI, yaitu program Gerakan Nasional Orangtua Membacakan Buku (Gernas Baku), Kamis (9/5/2019) diikuti ratusan orangtua dan anak usia generasi emas.

Kepada MinangkabauNews.com, kepala sekolah TK Islam Jamiyyatul Hujjaj, Novridawati, S.Pd menjelaskan, gerakan ini adalah gerakan yang dicanangkan oleh Pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI guna mendukung inisiatif dan peran keluarga dalam meningkatkan minat baca anak melalui pembiasaan, di rumah, satuan PAUD, dan di masyarakat.

"Tujuannya adalah untuk mengembangkan kemampuan literasi anak usia dini, dengan adanya gernas baku ini, kita berharap adanya kedekatan orangtua dan anaknya dalam membacakan buku, apakah itu sambil dipangku atau sambil duduk-duduk. Disinilah kedekatan sosial emosional orangtua dengan anaknya," katanya.

Kegiatan gernas baku yang digelar TK Islam Jamiyyatul Hujjaj adalah untuk menanamkan anak-anak mencintai buku bacaan sejak usia dini, membiasakan membaca dan menulis sejak usia dini, yang nantinya akan menambah ilmu pengetahuan secara langsung. Mengenai buku-buku yang dibacakan orangtua adalah buku-buku ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama.

"Di perpustakaan sekolah banyak buku-buku buku-buku ilmu pengetahuan umum dan pengetahuan agama yang dibaca anak-anak, kegiatan literasi disekolah untuk memanilisir anak-anak usia dini yang kini sama-sama kita lihat banyak anak-anak menggunakan perangkat gadget atau yang disebut handphone," lanjutnya.

Pada usia generasi emas tersebut orangtua memperhatikan gerak gerik anak-anak, janganlah diperbiarkan pergerakannya begitu saja salah dalam melakukan gerakannya. Di jaman kini rentan dengan pelbagai pengaruh terhadap otak kanan anak, seperti penggunaan perangkat gadget yang jika salah menggunakan akan berakibat fatal bagi si anak sendiri, disinilah sama-sama kita mengawasi anak-anak dari pengaruh-pengaruh yang akan membuat kerusakan mental, ucap Novridawati.

Orangtua yang mengikuti kegiatan tersebut, sangat merespon program Pemerintah yang hari ini digelar TK Islam Jamiyyatul Hujjaj. Peran orangtua sangat besar sekali, karena kunci pertamanya di rumah, sedangkan di sekolah, guru sebagai orangtua kedua bagi anak-anak.

"TK Islam Jamiyyatul Hujjaj berkomitmen akan tetap mengadakan setiap tahun gernas baku, ya di tahun ini secara kebetulan pelaksanaannya di bulan suci Ramadhan, biarpun di bulan suci Ramadhan antusias ratusan orangtua datang menghadirinya di sekolah untuk bersama-sama membacakan buku dipangkuan anak-anaknya," pungkas Novridawati. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polres dan Kwarcab 15  Mentawai Berikan Bantuan Pada Bocah Penderita Tumor Mata di Mentawai

Polres dan Kwarcab 15 Mentawai Berikan Bantuan Pada Bocah Penderita Tumor Mata di Mentawai

MENTAWAI - Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai bersama Pengurus Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) 15 Mentawai, lakukan...

Mustahiq di Tiga Kecamatan di Kota Bukittinggi Terima Zakat Dari Baznas

Mustahiq di Tiga Kecamatan di Kota Bukittinggi Terima Zakat Dari Baznas

BUKITTINGGI - Ketua Baznas Kota Bukittinggi, Prof. A. Rahman Ritonga, menjelaskan, untuk tahun 2019 ini, Baznas Kota...

Rencanakan Bangun Jembatan di Objek Wisata Pantai Carocok, Pemkab Pessel Anggarkan Rp16,5 Miliyar

Rencanakan Bangun Jembatan di Objek Wisata Pantai Carocok, Pemkab Pessel Anggarkan Rp16,5 Miliyar

PESISIR SELATAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tahun depan berencana membangun dua buah jembatan di Kawasan...

Kejaksaan Negeri Pariaman Tetapkan Tersangka Kasus Mark Up Perjalanan Dinas DPRD Padang Pariaman

Kejaksaan Negeri Pariaman Tetapkan Tersangka Kasus Mark Up Perjalanan Dinas DPRD Padang Pariaman

PADANG PARIAMAN - Setelah sekian lama ditunggu akhirnya Kejaksaan Negeri Pariaman melalui Kasi Pidsus menetapkan dua...

Kreatifitas Petugas Kebersihan Balaikota Pariaman

Kreatifitas Petugas Kebersihan Balaikota Pariaman

PARIAMAN - Dalam bekerja, kebersihan dan kenyamanan lingkungan sangat berpengaruh sekali dalam menyelesaikan semua...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media