Tuesday, 22 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariaman

Satpol PP Pariaman Tertibkan PKL yang Gunakan Fasilitas Umum

Jumat, 10 Mei 2019 - 10:17:34 WIB - 267
Satpol PP Pariaman Tertibkan PKL yang Gunakan Fasilitas Umum
Satpol PP pariaman saat menertibkan lapak pedagang


PARIAMAN -- Satpol PP Kota Pariaman melakukan penertiban terhadap Pedagang Kaki Lima (PKL) yang menggunakan fasilitas umum seperti trotoar dan badan jalan di Pasar Pariaman pada Kamis pagi (9/5/2019).

Penertiban pada pukul 10.00 Wib berlangsung dengan aman dan lancar kemudian kembali dilanjutkan pada sore harinya karena masih adanya PKL yang membandel.

Penertiban ini dilakukan oleh Polisi Pamong Praja (Pol PP) Kota Pariaman, yang bekerjasama dengan Polsek Kota Pariaman, Dinas Perhubungan, UPTD Pasar Pariaman dan juga TNI.

Kasi Penyidik Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Pariaman Siti Maya Sari mengatakan dalam wawancaranya di Pasar Pariaman bahwa penertiban terhadap PKL ini terus menerus dilakukan setiap harinya agar tercipta Kota Pariaman yang bersih, aman, dan nyaman.

"Penertiban ini kami lakukan bukan untuk menghukum para pedagang atau mencari kesalahan pedagang, tetapi penertiban ini dilakukan bertujuan mengajak pedagang untuk tertib lingkungan dan tertib dalam berusaha, karena saat ini kondisi Pasar Pariaman sedang dalam pembangunan dan juga ada pasar penampungan," ujarnya.

Sebelum diadakannya penertiban ini lanjut Sari, sosialisasi sudah di lakukan bahkan petugas yang sudah ditempatkan di Pasar Pariaman selain menjaga keamanan salah satu tugas mereka juga adalah memberitahukan atau mensosialisasikan kepada para PKL untuk tidak mempergunakan fasilitas umum seperti trotoar dan badan jalan juga menyampaikan dimana lokasi yang di izinkan dan dimana lokasi yang tidak di izinkan untuk berjualan.

Riri juga mengatakan ketika pemberitahuan dari Pol PP tidak di gubris maka mereka akan diberikan surat peringatan terakhir untuk tidak lagi berjualan di trotoar dan badan jalan dan seandainya mereka masih tidak peduli maka ketika razia yang dilakukan oleh Tim Penegak Perda.

"Dalam hal ini yang bertanggung jawab adalah Satpol PP yang bekerja sama dengan TNI, Polri, dan UPTD Pasar, maka mereka akan menindak pedagang tersebut dengan memindahkan gerobak dagangan mereka ke tempat penampungan yang telah ada, jika tempat penampungan jualan mereka belum ada maka gerobak dagangan mereka tersebut akan langsung dibawa petugas ke Kantor Satpol PP," katanya.

Ia mengulas, ketika mereka masih juga melanggar maka mereka akan dikenakan sangsi penegakan perda namanya yang rata-rata di kenakan biaya penegakan perda sekitar Rp250.000,- sampai dengan Rp1.000.000,- atau bisa juga dikenakan sangsi pidana dengan ancaman kurungan tiga bulan dan denda lima juta rupiah," jelasnya.

Riri berharap supaya PKL ini mau mematuhi peraturan yang telah ada karena penertiban ini akan terus menerus dilakukan, apalagi saat ini kondisi Pasar Pariaman dalam tahap pembangunan dan serba terbatasnya ruang gerak masyarakat dalam melakukan aktivitas jual beli mereka sehingga mereka merasakan ketidak nyamanan dengan kondisi ini, tetapi sejauh mereka tidak mengganggu ketentraman dan ketertiban umum maka kita akan membolehkan mereka untuk berjualan ditempat yang telah ditentukan. (war)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Cegah Peredaran Narkoba di Lapaz, BNK Pariaman Lakukan Ini

Cegah Peredaran Narkoba di Lapaz, BNK Pariaman Lakukan Ini

PARIAMAN -- Badan Narkotika Kota (BNK) Kota Pariaman bekerja sama dengan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IIB...

8 Wanita dan Seorang Waria Diamankan Satpol PP dan Damkar Agam di Lubuk Basung

8 Wanita dan Seorang Waria Diamankan Satpol PP dan Damkar Agam di Lubuk Basung

AGAM - Menindak lanjuti laporan masyarakat, Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar mengamankan 8 orang wanita dan 1...

Timbulkan Kemacetan, Tim Sabhara dan Warga Bersihkan Pohon Tumbang di Baso

Timbulkan Kemacetan, Tim Sabhara dan Warga Bersihkan Pohon Tumbang di Baso

AGAM -- Sebuah pohon tumbang ditengah Jalan Raya Baso-Batusangkar, Kabupaten Agam tepatnya di dekat SMPN 4 Baso...

Kreatif, Pasutri di Bukittinggi Daur Ulang Rongsokan Tembaga Menjadi Aksesoris

Kreatif, Pasutri di Bukittinggi Daur Ulang Rongsokan Tembaga Menjadi Aksesoris

BUKITTINGGI -- Pasangan suami isteri, Jafril sutan Bandaro usia 60 tahun dan Ernawati usia 54 tahun, pengrajin pembuat...

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, IAIN Batusangkar Ikut Taburi Bunga Di Makam Pahlawan

Memperingati Hari Kesaktian Pancasila, IAIN Batusangkar Ikut Taburi Bunga Di Makam Pahlawan

TANAH DATAR -- Dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila Civitas Akademika IAIN Batusangkar yang dipimpin oleh...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media