Friday, 24 May 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Keindahan dan Keunikan Wisata Kota Cirebon Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata

Jumat, 10 Mei 2019 - 14:52:41 WIB - 352
Keindahan dan Keunikan Wisata Kota Cirebon Tak Boleh Dipandang Sebelah Mata
Kota Cirebon miliki daya tarik wisata yang menakjubkan. Keindahan alam, peninggalan kerajaan hingga wisata lain yang unik. Apa saja rekomendasinya?


PARIWISATA - Saat weekend acap kali para wisatawan memanfaatkan waktu dengan bertamasya ke Puncak Bogor atau Bandung. Namun kalau tujuannya itu-itu saja pasti akan bosan juga. Bagi kamu yang sedang kebingungan mencari ide untuk menghabiskan akhir pekan, sudah pernah mencoba wisata Cirebon?

Wisata seru, unik, menarik dengan alam yang sangat indah. Perjalanan ke Cirebon, Tak harus mahal. Cirebon bisa dicapai dengan kereta api dari Jakarta. Bisa lebih murah lagi dengan promo dari agen perjalanan online yang mudah ditemui di internet. . Ayo cek dan beli promo tiket KAI nya sekarang, siapa tahu kamu masih kebagian.

Meski tak setenar Puncak atau Bandung, Cirebon juga tak kalah menarik. Cirebon juga memiliki lokasi-lokasi wisata yang mungkin tak banyak orang yang tahu. Paling tidak ada 4 lokasi yang menjadi primadona jika kamu sedang berkunjung ke Cirebon. Yuk kita simak!

Batu Lawang Cirebon

Tempat wisata yang satu ini memang sedang nge-hits di kalangan milenial karena memiliki spot untuk berfoto yang bagus. Terletak di di kaki Gunung Cupang, Batu Lawang ini merupakan daerah perbukitan batu. Dari puncaknya kamu akan disuguhkan pemandangan pepohonan hijau yang sering dijadikan latar saat mengambil foto.

Lokasi ini juga sering dijadikan sebagai arena latihan para pecinta panjat tebing. Selain itu, banyak juga muda-mudi yang menjadikan Batu Lawang sebagai area perkemahan. Untuk masuk ke Batu Lawang, pengunjung cukup merogoh kocek sebesar Rp. 7.000.

Cirebon Waterland

Nah, jika kamu bertamasya bersama keluarga, rasanya tempat ini sangat cocok, apalagi jika mengajak anak-anak juga. Cirebon Waterland sejatinya adalah taman bermain air yang berada di area Taman Ade Irma Suryani. Lokasi ada di pusat kota Cirebon, tak jauh dari Pelabuhan Cirebon.

Untuk masuk setiap pengunjung akan dibebankan biaya sebesar Rp. 50.000 untuk hari biasa, Rp. 60.000 untuk akhir pekan dan hari libur. Di dalamnya ada kolam renang luas lengkap dengan perosotan panjang. Ada juga restoran berbentuk kapal raksasa tepat bersebelahan dengan kolam renang.

Bagi yang suka mengambil foto sebagai kenang-kenangan, ada spot cantik yang bisa kamu coba yakni dermaga bambu. Namun, untuk masuk ke dermaga bambu, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp. 15.000.

Cirebon Waterland terbilang komplit dengan tersedianya penginapan berupa cottage yang mirip seperti Rumah Apung di Pulau Cinta. Harga penginapan ini bervariasi tergantung kelasnya, mulai dari Rp. 1.400.000/ malam.

Gua Sunyaragi

Gua ini merupakan situs sejarah peninggalan para Sultan Cirebon yang konon dibangun mulai 1529. Gua Sunyaragi terdiri dari beberapa bangunan, di antaranya Bangsal Jinem, Gua Pengawal, Mande Kemasan, Gua Simanyang, Gua Langse, Gua Peteng, Gua Argajumut, Gua Padang Ati, Gua Kelanggengan, Gua Lawa dan Gua Pawon. Masing-masing bangunan memiliki fungsi berbeda pada masanya.

Dikenal juga dengan nama Taman Sari Gua Sunyaragi, bangunan yang didirikan sebagai tempat peristirahatan dan meditasi Sultan bersama keluarganya ini berada tak jauh dari pusat kota Cirebon, hanya butuh menempuh perjalanan 15 menit. Berada di Gua Sunyaragi membuat kamu merasakan suasana historis era kesultanan Cirebon.

Banyu Panas Palimanan

Nah, habis berjalan-jalan seharian, paling enak kalau kamu meluangkan waktu ke sini. Melepas lelahh sembari berendam di air panas adalah sensasi terbaik yang bisa kamu temukan di pemandian air panas ini. Hanya berjarak 16 km dari kota Cirebon, perjalanan ke Banyu Panas Palimanan dipastikan tidak sia-sia.

Karena letak Cirebon memang tidak jauh serta berbatasan langsung dengan Kuningan dan Majalengka, jika masih punya waktu, dengan menumpang kereta mungkin kamu bisa menyempatkan untuk mampir. Ada Taman Nasional Gunung Ciremai dan Sukageuri yang layak untuk dikunjungi.

Jangan lupa juga untuk membeli oleh-oleh seperti Terasi Udang yang terkenal, Sirup Tjampolay, atau kue kekinian Cirebon Sultana. Persiapkan perjalanan kamu dan selamat berlibur!. (Romeo)

Editor/Sumber: romeo
Tag: daerah,ekonomi,indonesia,metro,nasional,pariwisata,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kodim 0307/ Tanah Datar Adakan Bakti Sosial Pembersihan Taman Makan Pahlawan Bersama Masyarakat

Kodim 0307/ Tanah Datar Adakan Bakti Sosial Pembersihan Taman Makan Pahlawan Bersama Masyarakat

TANAH DATAR - Dalam rangka menyambut HUT Kodam I/Bukit Barisan yang Ke 69 Tahun, anggota Kodim 0307/ Tanah Datar...

Parambahan Tanah Datar Kekeringan, Padi Mulai Diganti Dengan Jagung dan Ubi

Parambahan Tanah Datar Kekeringan, Padi Mulai Diganti Dengan Jagung dan Ubi

TANAH DATAR - Lebih dari 100 hektar areal persawahan warga di Kenagarian Parambahan, Kecamatan Lima Kaum, Tanah Datar...

Danramil 11/03 Tanjung Emas Berikan Pengarahan Pada Masyarakat Agar Tidak Ugal-ugalan Berkendaraan

Danramil 11/03 Tanjung Emas Berikan Pengarahan Pada Masyarakat Agar Tidak Ugal-ugalan Berkendaraan

TANAH DATAR - Di bulan suci Ramadhan ini begitu banyak umat muslim mencari berkah dari sang Khaliq, begitu juga...

Pemanfaatan Teknologi Menjawab Tantangan, Padang Pariaman Masuk 100 Smart City Nasional

Pemanfaatan Teknologi Menjawab Tantangan, Padang Pariaman Masuk 100 Smart City Nasional

JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Padang Pariaman melakukan penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian...

TSR Pessel Kunjungi Masjid Al-Furqan Tapan, Bupati : Jangan ada lagi Hujat dan Fitnah Selama Ramadha

TSR Pessel Kunjungi Masjid Al-Furqan Tapan, Bupati : Jangan ada lagi Hujat dan Fitnah Selama Ramadha

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media