Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Sebanyak 339 Mustahiq dari Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Terima Zakat

Kamis, 16 Mei 2019 - 21:00:19 WIB - 348
Sebanyak 339 Mustahiq dari Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Terima Zakat
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyerahkan zakat kepada penerima.


BUKITTINGGI - Sebanyak 339 Mustahiq dari Kecamatan Mandiangin Koto Selayan menerima zakat dari Baznas, Kamis (16/5/2019) di Masjid Jamiak Mandiangin Surau Gadang. Zakat diserahkan secara simbolis oleh Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, didampingi Ketua dan pengurus Baznas, Assisten II, Camat MKS dan sejumlah lurah yang berada di Kecamatan MKS.

Ketua Baznas Bukittinggi Prof. A. Rahman Ritonga mengatakan, penyaluran zakat ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Pengurus Baznas telah berusaha setiap hari, mengajak warga yang ekonominya cukup baik, untuk berzakat melalui baznas. Secara perlahan, kesadaran dan keinginan warga untuk menyalurkan zakat ke Baznas semakin tinggi, terutama dari PNS di lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi. Karena itu kita perlu bersyukur dan berterima kasih serta mendoakan agar para muzakki rezekinya semakin lancar dan diberkahi Allah SWT.

Adapun penerima zakat terdiri dari Kelurahan Puhun Pintu Kabun sebanyak 50 orang, Puhun Tembok 28 orang, Campago Ipuah 61 orang, Kubu Gulai Bancah 32 orang, Campago Guguak Bulek 51 orang, Manggis Gantiang 37 orang, Garegeh 24 orang, Pulai Anak Aia 39 orang dan Koto Selayan 17 orang. Setiap mustahiq mendapatkan zakat sebesar Rp400.000,-.

Selanjutnya Prof. A. Rahman Ritonga juga tak lupa mengingatkan, kepada para mustahiq, untuk tidak lupa membayar zakat fitrah. Meskipun mustahiq mendapat zakat hari ini, kita ingatkan untuk tidak lupa membayar zakat fitrah sebelum Idul Fitri nanti, sebagai salah satu kewajiban seorang muslim.

Kepala kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi diwakilkan Azhari, menyampaikan, zakat dikumpulkan dan diserahkan oleh Baznas ini, diharapkan dapat digunakan para mustahiq untuk hal yang positif dan sesuai kebutuhan prioritas. Kalau bisa dipakai untuk kebutuhan produktif sehingga membantu pengembangan diri dan kedepan para mustahiq dapat menjadi muzakki dan memberikan zakatnya pula kepada yang lebih berhak, harapnya.

Sementara itu, Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatias, mengapresiasi kinerja dari pengurus Baznas Bukittinggi dalam pengumpulan zakat. Dana ini didominasi dari zakat pegawai negeri Kota Bukittinggi dan diharapkan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok.

"Kami berharap doakan juga para muzakki dan para amil zakat. Khususnya para ASN, karena 3000 lebih ASN di Kota Bukittinggi mengeluarkan zakat melalui Baznas. Zakat yang diterima ini manfaatkanlah untuk memenuhi kebutuhan, jangan sesuai keinginan. Sehingga apa yang benar-benar dibutuhkan itu, dapat dipenuhi," ujar Ramlan.

Lebih lanjut, Wako juga mengimbau warga secara keseluruhan, untuk tidak terlalu konsumtif. Hal ini dapat memicu inflasi dan ini tidak baik untuk ekonomi masyarakat. Pemerintah Kota pun akan memgantisipasi hal itu dengan penyelenggaraan Bazar dan operasi pasar, serta memberikan bantuan untuk warga yang membutuhkan. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

LUBUK SIKAPING - Inovasi baru, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah...

Banten Gempa Magnitudo 7,4 Berpotensi Tsunami

Banten Gempa Magnitudo 7,4 Berpotensi Tsunami

BANTEN -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis gempa bumi berkekuatan magnitudo (M) 7,4 yang...

Saat Asik Pesta Sabu, Dua Warga Agam Diamankan Polisi

Saat Asik Pesta Sabu, Dua Warga Agam Diamankan Polisi

AGAM - Satuan Reserse Narkoba Polres Agam mengamankan dua orang diduga pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba...

Cegah Kekerasan Calon Paskibraka, KPAI, KPP-PA dan Kemenpora Keluarkan Surat Edaran Bersama

Cegah Kekerasan Calon Paskibraka, KPAI, KPP-PA dan Kemenpora Keluarkan Surat Edaran Bersama

JAKARTA -- Upaya mencegah tindak kekerasan pada anggota Paskibraka selama pendidikan dan pelatihan, Komisi...

Besok Pagi, Pemko Solok Gelar Shalat Ied di Lapangan Merdeka, Pemkab Solok di GOR Batu Tupang

Besok Pagi, Pemko Solok Gelar Shalat Ied di Lapangan Merdeka, Pemkab Solok di GOR Batu Tupang

SOLOK -- Pemerintah Kota Solok, Sumatera Barat menjadwalkan menggelar Shalat Idul Adha 1440 Hijriah di Lapangan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media