Tuesday, 14 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Tanah Datar

Alokasi Dana Desa Salimpauang Tanah Datar Prioritaskan Pada Irigasi

Kamis, 16 Mei 2019 - 21:18:40 WIB - 638
Alokasi Dana Desa Salimpauang Tanah Datar Prioritaskan Pada Irigasi
Keterangan foto tim lll safari ramadhan memberikan bantuan masjid Nurul Huda salimpaung tanah Datar (15/05).


TANAH DATAR - Jumlah penduduk di Nagari Salimpaung lebih kurang 5.374 jiwa, sekitar 80% masyarakat ini bermata pencaharian pada sektor pertanian. Dari itu pemerintah nagari mengutamakan pengalokasian dana desa pada irigasi, sementara untuk pembangunan lain-lain, dari dana aspirasi Anggota DPRD Tanah Datar.

"Saat ini, dana desa yang diperuntukkan pada nagari, kami maksimalkan untuk pembangunan irigasi, mengingat sebahagian besar penduduk nagari ini bergerak pada sektor pertanian, sementara untuk pembangunan lain-lain kami minta bantuan Anggota DPRD daerah pemilihan disini," kata Marjohan Wali Nagari Salimpaung.

Hal itu disampaikannya pada Rombongan Tim III TSR 1440 H Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, Rabu malam (15/05/2019) di Masjid Nurul Huda Jorong Padang Jaya Nagari Salimpaung.

"Dana desa tahap satu di Jorong Padang Jaya sudah dimanfaatkan untuk pembangunan saluran irigasi bandar sawah padang dan itu sudah masuk 90% pelaksanaan pekerjaan. Dan untuk dana tahap dua usai lebaran ini juga akan segera kita laksanakan," ucap Marjohan.

Selain itu dalam laporannya Ia juga menyebutkan jika Posyandu yang terintegrasi dengan KB, bahwa Nagari Salimpaung mewakili Tanah Datar ke Provinsi Sumatera Barat, begitu pula dengan perpustakaan nagarinya.

Sementara itu mewakili ketua tim III Tim Safari Ramadhan (TSR) Pemerintah Kabupaten Tanah Datar Erizanur Sekretaris Dinas Perkim LH menyampaikan bahwa kedatangan rombongan tim TSR merupakan menjalin hubungan silaturrahmi dengan masyarakat, dan juga sebagai penyampaian lansung kepada masyarakat tentang implementasi pembangunan didaerah.

Erizanur juga menyampaikan program tahfiz di Tanah Datar yang saat ini sudah banyak lahir rumah-rumah tahfiz hingga tahun 2019 sudah ada rumah tahfizh sebanyak 164 rumah tahfizh dan 14 buah merupakan binaan pemerintah daerah.

Sekaitan dengan bulan suci Ramadhan, himbauan bupati yang dibacakannya yaitu, meramaikan masjid, mushalla maupun surau dengan shalat berjamaah, tadarus al-quran subuh berjamaah dan kegiatan keagamaan lainnya.

Himbauan lain yang disampaikannya, kepada pemilik rumah makan, kedai minuman agar tidak buka disiang hari dan kepada pemilik warung internet (warnet) agar tutup dari pukul 19.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB selama bulan puasa, larangan membunyikan mercon dan hal-hal lain yang akan mengganggu ibadah puasa.

Untuk tausiah malam itu menampilkan dua penceramah yang dibawa oleh tim yaitu Ustadz Kamaruzzaman dan dai cilik Raihansyah Fairuz Al Fikra.

Pada kesempatan tersebut, Pemkab Tanah Datar melalui Tim III Safari Ramadan 1440 H ini juga memberikan bantuan kepada pengurus masjid berupa 2 paket buku fiqih dan hadits serta dana bantuan pembangunan sebesar Rp10 juta. (Pede)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: sumatra-barat,tanah-datar

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Heboh Kalung Antivirus Corona Siap Diproduksi Massal, Siapa yang Berani Menguji?

Heboh Kalung Antivirus Corona Siap Diproduksi Massal, Siapa yang Berani Menguji?

NASIONAL - Kalung Antivirus Corona saat ini menjadi perbincangan di masyarakat karena diklaim bisa mencegah COVID-19....

Ikut Kegiatan Desa Sido Makmur, Bhabinkamtibmas Polsek Sipora Sosialisasikan Protokol Kesehatan

Ikut Kegiatan Desa Sido Makmur, Bhabinkamtibmas Polsek Sipora Sosialisasikan Protokol Kesehatan

MENTAWAI - Bhabinkamtibmas Polsek Sipora hadiri kegiatan pelatihan peningkatan kapasitas aparatur Desa di Kantor Desa...

Lewat Sholat Jumat, Waka Polsek Sikakap Lakukan Sosialisasi  Kekerasan dan Pelecehan Seksual

Lewat Sholat Jumat, Waka Polsek Sikakap Lakukan Sosialisasi Kekerasan dan Pelecehan Seksual

MENTAWAI - Menindak lanjuti perintah dari Kapolres dalam hal meniadakan tindakan pelecehan Seksual terhadap anak dan...

UMKM Sawahlunto Garap Pasar Online, Kakodai.com Diluncurkan

UMKM Sawahlunto Garap Pasar Online, Kakodai.com Diluncurkan

SAWAHLUNTO -- Marketplace Kakodai.com, yakni platform toko online yang memfasilitasi aktifitas jual-beli produk dari...

KPU Kabupaten Solok Gelar Bimtek Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

KPU Kabupaten Solok Gelar Bimtek Pencocokan dan Penelitian Data Pemilih

KABUPATEN SOLOK - Ketua KPU Kabupaten Solok Ir. Gadis, Rabu (1/7) mengatakan sesuai dengan DP4 yang diterima KPU akhir...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu