Tuesday, 31 Mar 2020
Minangkabaunews
headline
home berita ShowBiz

Inilah Panduan Liburan Hemat dan Seru ke Lombok

Senin, 27 Mei 2019 - 15:23:18 WIB - 592
Inilah Panduan Liburan Hemat dan Seru ke Lombok
Dok (sumber : pesona.travel)


TRAVELING -- Belum pernah mengunjungi Lombok? Sayang sekali jika Anda melewatkan pesona pulau yang satu ini. Kebanyakan orang berpikir bahwa liburan ke Lombok membutuhkan bujet yang sangat besar. Masalah mahal dan murah memang tergantung pribadi masing-masing, tetapi banyak orang yang menginginkan fasilitas yang baik dan pengeluaran seminimal mungkin.
Kalau begitu, Anda datang ke tempat yang tepat! Temukan panduan liburan ke Lombok yang murah dan asyik di bawah ini.

1. Rencanakan Perjalanan Anda
Liburan ke mana pun, Anda perlu mengatur dan merencanakan perjalanan sebelum keberangkatan. Perbanyaklah mencari referensi dan informasi, baik dari internet, buku, maupun pengalaman dari orang-orang terdekat yang pernah berkunjung ke sana. Rencanakan ke tempat mana saja Anda akan pergi nantinya, misalnya tempat wisata, tempat ibadah, tempat makan, juga penginapan.
Berikutnya, tentukan transportasi dan waktu liburan. Anda juga perlu merencanakan perkiraan anggaran yang akan dikeluarkan. Siapkan barang-barang apa saja yang akan dibawa. Jangan membawa terlalu banyak barang karena akan menghambat perjalanan Anda. Bawalah pakaian, obat-obatan, dan peralatan darurat.

2. Pilih Waktu Liburan yang Tepat
Mengapa pemilihan waktu sangat penting? Tentunya Anda tidak mau waktu liburan terganggu dan terhambat karena kondisi yang terlalu ramai. Jangan pilih waktu di musim liburan, yaitu ketika wisatawan memadati tujuan wisata. Tidak ingin mengantre lama hanya untuk masuk ke sebuah tempat wisata, bukan?
Pilihlah waktu-waktu yang sepi dan tenang sehingga liburan menjadi lebih bebas dan nyaman. Apalagi jika berlibur bersama keluarga, pastinya waktu yang dihabiskan lebih banyak dan liburan lebih berkesan. Anda juga bisa lebih leluasa menikmati liburan ketika suasana tenang dan tenteram.

3. Tentukan Transportasi yang Akan Dipakai
Saatnya menentukan transportasi yang akan digunakan. Jika Anda memutuskan untuk menggunakan pesawat, pastikan untuk memesan tiket terlebih dahulu. Carilah promo atau diskon yang menarik untuk lebih menghemat bujet. Pilihlah maskapai penerbangan yang akan digunakan.
Selain itu, Anda juga perlu merencanakan transportasi apa yang akan dipakai untuk bepergian selama di Lombok. Di daerah-daerah tertentu, jarang ada transportasi umum. Jika ingin ke sana, sebaiknya Anda menyewa motor atau mobil. Sebaiknya, pertimbangkan pula harga dan waktu penyewaan. Dengan menyewa kendaraan, Anda bisa lebih leluasa menjelajah kawasan-kawasan di Lombok.

4. Cari dan sewa akomodasi yang murah
Gunakan aplikasi Airy untuk penginapan dan hotel murah yang sesuai dengan selera. Pilihlah penginapan dengan fasilitas yang nyaman dan harganya murah untuk melengkapi liburan hemat Anda. Tentukan penginapan yang sekiranya paling dekat dengan tujuan wisata.

Jika Anda ingin fasilitas yang lebih memadai, carilah hotel di Lombok yang menawarkan promo dan diskon menarik. Lakukan pemesanan jauh sebelum hari keberangkatan tiba sehingga persiapan lebih rapi dan tidak terburu-buru. Hindari memesan akomodasi yang fasilitasnya tidak terlalu dibutuhkan. Utamakan kenyamanan selama beristirahat dibanding kemewahan.

5. Buat perincian anggaran liburan
Nah, terakhir adalah urusan bujet. Anggaran harus benar-benar diatur sebelum berangkat ke Lombok. Mulai dari bujet untuk transportasi, makan, tempat menginap, tiket masuk objek wisata, dan belanja. Usahakan untuk mencari promo dan diskon untuk menghemat pengeluaran, baik itu transportasi maupun tempat menginap.
Anda juga perlu merencanakan biaya untuk makan. Jika ingin berhemat, hindari makan di restoran-restoran mewah. Pilihlah rumah makan dan warung yang menyediakan menu-menu khas, lezat, dan sesuai untuk kantong Anda. Tak hanya itu, apabila berniat untuk membeli suvenir atau cendera mata, sebaiknya jangan membelinya jika bujet pas-pasan. Apalagi jika Anda seorang backpacker.

Demikian panduan liburan ke Lombok yang hemat dan seru untuk diterapkan. Dengan liburan yang terencana, Anda tidak perlu khawatir dengan pengeluaran berlebih nantinya. Jadi, apakah sudah siap untuk menjelajah Pulau Lombok? Semoga liburan Anda lancar ya!. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: indonesia,showbiz

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

WHO Resmi Nyatakan Virus Corona Pandemi, Begini Konsekuensinya

WHO Resmi Nyatakan Virus Corona Pandemi, Begini Konsekuensinya

INTERNASIONAL - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggolongkan virus Corona sebagai pandemi, penyakit menular yang...

APBD Bisa Digeser, Liko Butuh 12 Miliar Antisipasi Covid - 19

APBD Bisa Digeser, Liko Butuh 12 Miliar Antisipasi Covid - 19

Limapuluh Kota - Pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat bisa melakukan penggeseran atau revisi...

Hadiri Latihan Gabungan Mahatma di Sei Rumbai, Bupati Dharmasraya Sampaikan Ini

Hadiri Latihan Gabungan Mahatma di Sei Rumbai, Bupati Dharmasraya Sampaikan Ini

DHARMASRAYA - Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan menghadiri acara silaturrahim dan latihan gabungan...

Cegah Corona, Wapres Maruf Amin Imbau Warga Bawa Sajadah Sendiri

Cegah Corona, Wapres Maruf Amin Imbau Warga Bawa Sajadah Sendiri

NASIONAL - Wakil Presiden Maruf Amin meminta para dai ikut membantu menenangkan masyarakat yang panik karena wabah...

WhatsApp Dark Mode Diluncurkan, Begini Cara Mengaktifkannya

WhatsApp Dark Mode Diluncurkan, Begini Cara Mengaktifkannya

TEKNOLOGI - Aplikasi pesan instan WhatsApp akhirnya merilis fitur dark mode atau mode gelap secara global. Fitur ini...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu