Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Posko Siaga Lebaran 1440 Hijriah, Relawan PMI Kota Bukitinggi Jalankan Misi Kemanusiaan

Rabu, 05 Juni 2019 - 23:44:06 WIB - 487
Posko Siaga Lebaran 1440 Hijriah, Relawan PMI Kota Bukitinggi Jalankan Misi Kemanusiaan
Relawan PMI Kota Bukittinggi, Yorisa Refia Nanda, Putri Widelvi dan Okta.


BUKITTINGGI - Relawan yang bertugas pada posko siaga lebaran 1440 Hijriah / 2019 Masehi memberikan pelayanan pertolongan pertama secara maksimal kepada masyarakat pengunjung baik dalam kota maupun yang datang dari luar kota, seperti pelayanan kesehatan, apakah itu pengecekan tekanan darah, pusing kepala, dan lainnya.

Kepada MinangkabauNews.com di posko siaga lebaran pedestrian taman Jam Gadang, Rabu (5/6/2019) Yorisa Refia Nanda relawan PMI Kota Bukittinggi yang sedang bertugas mengatakan sesuai dengan hastag PMI Siap Bantu dan PMI Bersama Untuk Kemanusiaan, artinya relawan dapat melakukan pertolongan pertama kepada pengunjung di tempat ini.

"Menolong sesama manusia yang memerlukan pertolongan, merasakan kepuasan tersendiri, karena relawan yang telah terlatih pada spesialisasi pertolongan pertama secara langsung kita sudah membantu dan menolong sisi jiwa kemanusiaan, dan dilihat dari sisi agama, kita sudah melakukan amal ibadah. Dikaji dalam arti agama, siapa yang menolong sesama manusia, nanti kita akan ditolong orang lain," katanya.

Yorisa Refia Nanda, S.Psi tamatan fakultas psikologi Universitas Negeri Padang, perlakuan yang dilakukan ini sesuai dengan ilmu yang didapatnya, baik selama di bangku kuliah maupun di PMI sendiri. Ada nilai-nilai psikologis dalam melakukan pertolongan, dimana kita dapat berbaur dengan orang-orang yang memiliki beberapa kepribadian, watak dan sifat, ucap Yorisa.

Sementara itu rekan lainnya, Putri Widelvi menjelaskan PMI Kota Bukittinggi mulai H-7 hingga H+7 mendirikan posko siaga lebaran di beberapa titik Kota Bukittinggi dengan mengerahkan puluhan personil relawan, dalam satu posko siaga lebaran bertugas ada yang 5 orang dan ada juga yang 3 orang.

Para relawan-relawan ini telah dibekali ilmu mengenai pertolongan pertama untuk mengatasi korban di keramaian hari maupun malam, seperti siang hari ini, di posko siaga lebaran bertugas sebanyak 5 orang, yang semua relawan PMI Kota Bukittinggi dengan keramahtamahan membantu dan menolong orang yang memerlukan pertolongan, disamping itu PMI Kota Bukittinggi juga telah menyiapkan kendaraan mobil ambulans.

"Di posko siaga lebaran ini terdapat ruangan balita, ibu menyusui dan ruangan beristirahat bagi pengunjung yang keletihan. Dalam memberikan pertolongan pertama kepada pengunjung baik dari dalam kota maupun dari luar kota yang sakit, atau terjatuh, kita segera memberikan pertolongan pertama," ungkap Putri Widelvi.

Sedangkan Okta yang turut bersama relawan lainnya di posko siaga lebaran, mengatakan relawan harus dapat membantu dan menolong dalam suatu musibah. Dalam memberikan pertolongan yang pertama si penolong harus prima kesehatannya sebelum melakukan pertolongan kepada korban. Kalau si penolong tidak prima atau sakit bagaimana dapat menolong orang lain, jelas Okta.

"Semua relawan yang bertugas telah mendapat pelatihan pertolongan pertama yang diadakan PMI Kota Bukittinggi beberapa waktu lalu, inilah gunanya mengikuti pelatihan, agar kita dapat lebih maksimal dalam melakukan pertolongan pertama," pungkas Okta. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tahun ini 215 Kasus Kebakaran di Padang, Damkar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan

Tahun ini 215 Kasus Kebakaran di Padang, Damkar Gencarkan Sosialisasi Pencegahan

PADANG -- Dinas Pemadaman Kebakaran Kota Padang, Sumatera Barat, gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang...

Apa itu Pseudobulbar Affect? Gangguan Sistem Saraf yang Membuat Joker Tertawa Tanpa Disadari

Apa itu Pseudobulbar Affect? Gangguan Sistem Saraf yang Membuat Joker Tertawa Tanpa Disadari

KESEHATAN - Film Joker akhirnya tayang di bioskop Indonesia. Dalam film tersebut, karakter Joker digambarkan menderita...

Tidak Memiliki Dokter Kulit dan THT, Pelayanan Pasien di RSUD Pariaman Tidak Optimal

Tidak Memiliki Dokter Kulit dan THT, Pelayanan Pasien di RSUD Pariaman Tidak Optimal

PARIAMAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman milik Pememerintah Provinsi Sumatera Barat tidak miliki Dokter Kulit...

Untuk Tanah Datar Lebih Baik, DPC Demokrat Membuka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

Untuk Tanah Datar Lebih Baik, DPC Demokrat Membuka Penjaringan Balon Bupati dan Wakil Bupati

TANAH DATAR - DPC Demokrat Tanah datar membuka penjaringan bakal calon Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar...

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

PARIAMAN -- Tiga orang pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman diambil sumpah pada Rapat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media