Saturday, 20 Jul 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Posko Siaga Lebaran 1440 Hijriah, Relawan PMI Kota Bukitinggi Jalankan Misi Kemanusiaan

Rabu, 05 Juni 2019 - 23:44:06 WIB - 443
Posko Siaga Lebaran 1440 Hijriah, Relawan PMI Kota Bukitinggi Jalankan Misi Kemanusiaan
Relawan PMI Kota Bukittinggi, Yorisa Refia Nanda, Putri Widelvi dan Okta.


BUKITTINGGI - Relawan yang bertugas pada posko siaga lebaran 1440 Hijriah / 2019 Masehi memberikan pelayanan pertolongan pertama secara maksimal kepada masyarakat pengunjung baik dalam kota maupun yang datang dari luar kota, seperti pelayanan kesehatan, apakah itu pengecekan tekanan darah, pusing kepala, dan lainnya.

Kepada MinangkabauNews.com di posko siaga lebaran pedestrian taman Jam Gadang, Rabu (5/6/2019) Yorisa Refia Nanda relawan PMI Kota Bukittinggi yang sedang bertugas mengatakan sesuai dengan hastag PMI Siap Bantu dan PMI Bersama Untuk Kemanusiaan, artinya relawan dapat melakukan pertolongan pertama kepada pengunjung di tempat ini.

"Menolong sesama manusia yang memerlukan pertolongan, merasakan kepuasan tersendiri, karena relawan yang telah terlatih pada spesialisasi pertolongan pertama secara langsung kita sudah membantu dan menolong sisi jiwa kemanusiaan, dan dilihat dari sisi agama, kita sudah melakukan amal ibadah. Dikaji dalam arti agama, siapa yang menolong sesama manusia, nanti kita akan ditolong orang lain," katanya.

Yorisa Refia Nanda, S.Psi tamatan fakultas psikologi Universitas Negeri Padang, perlakuan yang dilakukan ini sesuai dengan ilmu yang didapatnya, baik selama di bangku kuliah maupun di PMI sendiri. Ada nilai-nilai psikologis dalam melakukan pertolongan, dimana kita dapat berbaur dengan orang-orang yang memiliki beberapa kepribadian, watak dan sifat, ucap Yorisa.

Sementara itu rekan lainnya, Putri Widelvi menjelaskan PMI Kota Bukittinggi mulai H-7 hingga H+7 mendirikan posko siaga lebaran di beberapa titik Kota Bukittinggi dengan mengerahkan puluhan personil relawan, dalam satu posko siaga lebaran bertugas ada yang 5 orang dan ada juga yang 3 orang.

Para relawan-relawan ini telah dibekali ilmu mengenai pertolongan pertama untuk mengatasi korban di keramaian hari maupun malam, seperti siang hari ini, di posko siaga lebaran bertugas sebanyak 5 orang, yang semua relawan PMI Kota Bukittinggi dengan keramahtamahan membantu dan menolong orang yang memerlukan pertolongan, disamping itu PMI Kota Bukittinggi juga telah menyiapkan kendaraan mobil ambulans.

"Di posko siaga lebaran ini terdapat ruangan balita, ibu menyusui dan ruangan beristirahat bagi pengunjung yang keletihan. Dalam memberikan pertolongan pertama kepada pengunjung baik dari dalam kota maupun dari luar kota yang sakit, atau terjatuh, kita segera memberikan pertolongan pertama," ungkap Putri Widelvi.

Sedangkan Okta yang turut bersama relawan lainnya di posko siaga lebaran, mengatakan relawan harus dapat membantu dan menolong dalam suatu musibah. Dalam memberikan pertolongan yang pertama si penolong harus prima kesehatannya sebelum melakukan pertolongan kepada korban. Kalau si penolong tidak prima atau sakit bagaimana dapat menolong orang lain, jelas Okta.

"Semua relawan yang bertugas telah mendapat pelatihan pertolongan pertama yang diadakan PMI Kota Bukittinggi beberapa waktu lalu, inilah gunanya mengikuti pelatihan, agar kita dapat lebih maksimal dalam melakukan pertolongan pertama," pungkas Okta. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polres Solok Selatan Ringkus Dua Tersangka Pencurian Ternak dan Curanmor

Polres Solok Selatan Ringkus Dua Tersangka Pencurian Ternak dan Curanmor

PADANG ARO - Tim khusus yang dibentuk Kapolres Solok Selatan AKBP Imam Yulisdianto, berhasil menyikat maling ternak dan...

Wabup Pasaman Ajak Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

Wabup Pasaman Ajak Pelajar Jadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas

LUBUK SIKAPING -- Dalam perkembangan masa saat ini, banyak pelajar memakai kendaraan untuk berangkat ke sekolah sebagai...

Kamis Besok Peresmian Museum Bagindo Aziz Chan

Kamis Besok Peresmian Museum Bagindo Aziz Chan

PADANG -- Apresiasi jasa dan perjuangan Phlawan Nasional Bagindo Aziz Chan, Wali Kota Padang H. Mahyeldi akan...

Dinpar Sumbar Adakan Sosialisasi Sertifikasi Halal

Dinpar Sumbar Adakan Sosialisasi Sertifikasi Halal

BUKITTINGGI -- Provinsi Sumatera Barat sebagai destinasi pariwisata halal, melalui Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera...

DFSK Resmikan Dealer Pertama di Padang Sekaligus Launching Produk Terbarunya DFSK Glory 560

DFSK Resmikan Dealer Pertama di Padang Sekaligus Launching Produk Terbarunya DFSK Glory 560

PADANG -- PT Lintang Benua sebagai distributor resmi mobil DFSK meresmikan dealer mobil pertama di Jalan Khatib...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media