Thursday, 22 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Seluruh ASN di Bukittinggi Ikuti Apel Hari Pertama Kerja, Wako: Yang Tidak Hadir Diberi Sanksi

Selasa, 11 Juni 2019 - 07:25:02 WIB - 288
Seluruh ASN di Bukittinggi Ikuti Apel Hari Pertama Kerja, Wako: Yang Tidak Hadir Diberi Sanksi
Apel upacara hari pertama setelah Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.


BUKITTINGGI - Setelah cuti bersama dalam rangka memperingati Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah / 2019 Masehi, seluruh pegawai ASN Pemerintah Daerah Kota Bukittinggi beraktifitas kembali bekerja diawali dengan apel pagi hari seperti biasanya di halaman kantor Balaikota Bukittinggi Bukit Gulai Bancah, Senin (10/6/2019) bertindak sebagai pimpinan apel Walikota Ramlan Nurmatias.

Apel tersebut juga diikuti Wakil Walikota Bukittinggi Irwandi, Sekretaris Daerah Yuen Karnova, Asisten I, II dan III, Kepala SKPD, Camat dan Lurah serta ASN di Lingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi.

Dalam awal sambutan Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, mengatakan atas nama pribadi dan sebagai Walikota mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri kepada ASN yang hadir. Beliau pun memohon maaf lahir bathin atas segala kesalahan dan kehilafan selama ini, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Selanjutnya, Wako Ramlan menyambut baik kehadiran ASN pada hari pertama kerja ini. Namun tetap perlu dilihat dan dipantau karena laporan kehadiran hari ini harus dilaporkan langsung ke portal online KemenPAN RB paling lambat pukul 15.00 Wib. Bagi ASN yang tidak hadir apel pagi hari ini atau tidak hadir maka akan mendapat sanksi tegas.

"Terima kasih atas kehadiran pegawai pada apel dan hari pertama kerja hari ini. Sekarang kinerja kita semakin dituntut makin tinggi sesuai dengan peraturan terbaru. Jika tidak tercapai target maka pegawai yang bersangkutan bisa diberhentikan," ujar Ramlan.

Wako Ramlan juga mengingatkan, setelah menjalankan puasa dan terbiasa satu bulan penuh mendisiplinkan diri, diharapkan agar para pegawai semakin termotivasi untuk berkerja, semakin giat, semangat dan disiplin. Terapkan hal bagus yang telah dilaksanakan pada bulan Ramadhan.

"Karena masih banyak target kinerja yang harus kita kejar. Bulan ini sudah bulan juni, hampir berjalan setengah tahun anggaran 2019, kita dikejar oleh kegiatan yang harus dilaksanakan," katanya.

Ramlan pun mengapresiasi segenap aparatur yang piket saat libur lebaran. Atas kesediaannya dalam memantau dan melayani masyarakat, maka libur lebaran kita berjalan lancar dan aman. Usai apel pagi dilanjutkan dengan rapat lengkap bersama pejabat eselon dilingkungan Pemerintah Kota Bukittinggi di Hall Balaikota Bukittinggi.

Sedangkan menurut Kepala BKPSDM Kota Bukittinggi Sustina, hasil laporan kehadiran ASN Pemerintah Kota Bukittinggi pada hari pertama kerja ini akan di masukkan ke dalam Aplikasi Sistem Informasi Kehadiran ASN Nasional (SIDINA) dari KemenPAN RB.

Penyampaian laporan kehadiran ASN ke dalam aplikasi SIDINA itu, menurut Sustina berdasarkan surat Menteri PANRB Syafruddin Nomor B/26/M.SM.00.01/2019 pada 27 Mei 2019 tentang Laporan Hasil Pemantauan Kehadiran Aparatur Negara Sesudah Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1440 H.

Lebih lanjut Sustina mengatakan tercatat kehadiran ASN Pemerintah Kota Bukittinggi saat Apel hari pertama kerja mencapai 96,35 % atau sebanyak 1.741 orang ASN. Sementara yang tidak hadir tanpa keterangan hanya berjumlah 3 orang atau dengan persentase 0, 17 %. Catatan lain, tidak hadir karena sakit satu orang (0,06%) dan izin tidak ada. Sementara ASN yang cuti mencapai 54 orang atau 2,99%.

"Bagi ASN yang tidak masuk kerja tanpa disertai alasan yang sah, maka akan dijatuhi hukuman disiplin karena melakukan pelanggaran terhadap kewajiban Pasal 3 Angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. Untuk penjatuhan hukuman disiplin kepada PNS dapat dilaporkan kepada Menteri PANRB serta ditembuskan kepada Kepala BKN paling lambat 10 Juli 2019," ujar Sustina.

Untuk Kota Bukittinggi, jumlah ASN mencapai 1.807 orang. ASN Guru dan tata usaha sekolah mencapai 863 orang. Sementara ASN yang akan memasuki masa pensiun sebanyak 7 orang. Jadi total ASN Pemerintah Kota Bukittinggi berjumlah 2.677 orang, jelas Sustina. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,daerah,metro,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

35 Anggota DPRD Pasaman Periode 2019 - 2024 Akan Dilantik Tanggal 12 Agustus Mendatang

35 Anggota DPRD Pasaman Periode 2019 - 2024 Akan Dilantik Tanggal 12 Agustus Mendatang

PASAMAN - 35 orang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pasaman terpilih periode 2019-2024 bakal dilantik pada...

Pengadilan Negeri Pariaman Eksekusi Satu Unit Bangunan di Kelurahan Alai Gelombang

Pengadilan Negeri Pariaman Eksekusi Satu Unit Bangunan di Kelurahan Alai Gelombang

PARIAMAN - Pengadilan Negeri Pariaman melakukan eksekusi terhadap satu unit bangunan yang merupakan toko dan rumah...

Diduga Depresi, Seorang Remaja di Pessel Akhiri Hidupnya dengan Gantung Diri

Diduga Depresi, Seorang Remaja di Pessel Akhiri Hidupnya dengan Gantung Diri

PESISIR SELATAN - Seorang pria remaja berinisial Y (18) ditemukan tewas di rumahnya di Dusun Tanjung Gadang, Kenagarian...

Pemko Pariaman Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Jelang Peringatan HUT RI ke-74

Pemko Pariaman Gelar Rapat Koordinasi Persiapan Jelang Peringatan HUT RI ke-74

PARIAMAN - Pemko Pariaman beserta instansi terkait dan forkopimda menggelar rapat koordinasi persiapan untuk menyambut...

Pemerataan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, 74 KPM PKH di Padang Pariaman Dirotasi

Pemerataan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, 74 KPM PKH di Padang Pariaman Dirotasi

PADANG PARIAMAN - Sebanyak 74 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) telah mengundurkan diri...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media