Thursday, 22 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Apa Keuntungan Menggunakan Kartu Brizzi? Ini Penjelasannya Dari Wali Kota Bukittinggi

Selasa, 11 Juni 2019 - 07:31:27 WIB - 644
Apa Keuntungan Menggunakan Kartu Brizzi? Ini Penjelasannya Dari Wali Kota Bukittinggi
Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias sedang memberikan arahan.


BUKITTINGGI - Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias menyoroti hangatnya pembicaraan di media sosial terkait penggunaan kartu Brizzi di beberapa objek wisata di Bukittinggi. Apalagi dalam suasana libur lebaran ini. Hal itu disampaikan Ramlan Nurmatias saat memimpin apel lengkap hari pertama kerja di Halaman Balaikota Bukittinggi, Senin (10/6/2019).

Menurut Ramlan, Pemerintah Kota Bukittinggi memulai menggunakan kartu e money Brizzi dengan tujuan penghematan anggaran, salah satunya dalam pencetakan karcis. Dari pengalaman pelaksanaan dalam libur lebaran beberapa hari ini, Pemerintah Kota Bukittinggi berhasil menghemat anggaran 250 juta untuk biaya pencetakan karcis. Karena dengan menggunakan Brizzi, tidak perlu lagi memakai karcis.

Selain itu tujuan penggunaan Brizzi lanjut Ramlan, agar pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dapat terukur dan tidak ada kebocoran. PAD Bukittinggi salah satunya berasal dari pendapatan karcis dari berbagai objek wisata yang ada di Bukittinggi. Termasuk karcis parkir. Kalau masih menggunakan karcis, potensi kebocoran akan selalu ada.

"Dengan menggunakan kartu e money, semua pemasukan akan terukur dan uang langsung masuk kas, sekaligus menyelamatkan aparatur kita dari masalah potensi korupsi dari pekerjaannya," kaya Ramlan.

Selain bisa dipakai untuk pembayaran biaya masuk objek wisata, kartu Brizzi juga bisa dipergunakan untuk hal lain, karena sifatnya kartu saldo, bisa untuk token listrik, isi pulsa, masuk BIM, bisa untuk e money berbelanja di Niagara. Selanjutnya akan dipersiapkan untuk biaya parkir di gedung parkir di Kota Bukittinggi. Sehingga tidak ada lagi kecurangan petugas dalam mengelola biaya parkir.

"Memang di hari pertama masih ada kekurangan tenaga, tapi setelah dievaluasi sudah terpenuhi kebutuhan tenaga pada hari berikutnya," ujarnya.

Ramlan mengakui, tentu saja dalam menerapkan sebuah kebijakan baru akan ada pro kontra, bahkan lebih banyak kontra nya. Itu karena masyarakat belum terbiasa dan belum merasakan manfaat dari penggunaan kartu e money ini.

"Sementara mengenai adanya pertanyaan, kenapa tidak bekerja sama dengan Bank Nagari yang notabene Bank Daerah, Ramlan mengatakan, Bank Nagari belum memiliki fasilitas kartu e money yang bisa dipergunakan masyarakat. Pemerintah Kota Bukittinggi pun telah menawarkan kepada beberapa Bank yang punya fasilitas itu, dan BRI dengan Brizzi nya yang menyanggupi sesuai persyaratan yang diinginkan Pemerintah Kota Bukittinggi," terang Ramlan.

Sebagai informasi, Kartu Brizzi adalah uang elektronik pengganti uang tunai yang berfungsi sebagai alat pembayaran. Kartu ini bisa dipakai untuk membayar transaksi belanja (purchase) atau transaksi lainnya yang dilakukan di penyedia barang dan jasa. Jika telah memiliki kartu ini, bisa dipakai bersama-sama dengan penambahan saldo maksimal mencapai dua juta rupiah. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

36 Anggota Paskibara Kota Pariaman Resmi Dikukuhkan

36 Anggota Paskibara Kota Pariaman Resmi Dikukuhkan

PARIAMAN - Walikota Pariaman Genius Umar secara resmi mengukuhkan 36 orang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota...

Pemkab Pessel Minta Masyarakat Segera Bentuk Asosiasi Petani Sawit

Pemkab Pessel Minta Masyarakat Segera Bentuk Asosiasi Petani Sawit

PESISIR SELATAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meminta kepada petani sawit untuk membentuk Asosiasi Petani...

Dua Orang Terjangkit DBD, Warga Rawang Pariaman Minta Fogging

Dua Orang Terjangkit DBD, Warga Rawang Pariaman Minta Fogging

PARIAMAN -- Dinas Kesehatan Kota Pariaman kembali melakukan fogging di Desa Rawang Kecamatan Pariaman tengah, Pariaman...

Akibat Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Solsel Terancam Gagal Panen

Akibat Kemarau Panjang, Ratusan Hektare Sawah di Solsel Terancam Gagal Panen

PADANG ARO -- Lebih kurang 100 hektare sawah masyarakat di Padang tangah, Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangir Jujuan,...

Posyandu Al Fallah Wakili Pasaman Untuk Lomba Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2019

Posyandu Al Fallah Wakili Pasaman Untuk Lomba Tingkat Provinsi Sumbar Tahun 2019

PASAMAN -- Posyandu Al Fallah Jorong Musus Nagari Ganggo Hilia, Kecamatan Bonjol mewakili Kabupaten Pasaman dalam Lomba...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media