Thursday, 22 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pemprov Sumbar

Larang Pemakaian Alat Tangkapan Lampar, Ini Pernyataan Tegas Wagub Sumbar

Selasa, 11 Juni 2019 - 07:45:31 WIB - 308
Larang Pemakaian Alat Tangkapan Lampar, Ini Pernyataan Tegas Wagub Sumbar
Wagub nasrul abit usai Sidak OPD hari pertama masuk kantor setelah Lebaran Idul Fitri, Senin (10/6/2019)


PADANG -- Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat 115 nelayan di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan masih menggunakan alat tangkap lamparan dasar (mini trawls).

Menyikapi itu, Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mengatakan, para nelayan dilarang pakai alat tangkap lamparan dasar karena dilarang sesuai Undang-undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbar akan menertibkan pemilik kapal yang masih menggunakan alat tangkap mini trawls dan sejenisnya.

Katanya, Saat ini Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencatat 115 nelayan di Kecamatan Linggo Sari Baganti Kabupaten Pesisir Selatan masih menggunakan alat tangkap lamparan dasar (mini trawls).

Menurutnya, kehadiran alat tangkap lamparan dasar dapat mengancam keberlanjutan sumber daya hayati perikanan di masa yang akan datang.

"Sebagian besar pemilik kapal sudah setuju penggantian alat tangkap mini trawls dan sejenisnya menjadi alat tangkap yang ramah lingkungan. Namun masih ada beberapa para pemilik kapal yang mengoperasikannya," ujar Wagub Nasrul Abit.

"Ada sekitar 23 pemilik kapal yang tidak mau mengganti alat tangkapnya. Hal itu secara otomatis akan mempengaruhi pemilik kapal yang lain," ungkapnya disela-sela kegiatan Sidak OPD hari pertama masuk kantor setelah Lebaran Idul Fitri, Senin, (10/6/2019).

Selain itu, Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit juga menegaskan seluruh nelayan yang menggunakan alat tangkap lamparan dasar harus dihentikan.

"Lamparan dasar harus segera dihentikan. Tidak ada toleransi lagi. Dalam waktu dekat akan dilakukan razia," seru Nasrul Abit

Menurut Kepala Bidang (Kabid) PRL dan PSDKP DKP Sumbar, Alber Krisdiarto mengatakan, dalam melakukan penindakan terhadap alat tangkap lamparan dasar kita bekerjasama dengan berbagai pihak.

"Kami akan bekerja sama dengan Pangkalan Utama TNI AL (Langtamal) II. Itu sudah dikoordinasikan. Setelah lebaran ini, akan kami tertibkan agar mereka beralih menggunakan alat tangkap ikan yang ramah lingkungan. Sehingga sumber daya perikanan berkelanjutan," sambung Alber Krisdiarto.

Saat penertiban nanti, lanjutnya, jika masih ada yang kedapatan mengoperasikan alat tangkap lamparan dasar, maka pemilik kapal harus siap menerima sanksi sesuai aturan yang berlaku.

"Kami akan proses sesuai aturan. Tujuan pemerintah hanya untuk melestarikan kelautan. Bukan mempersulit ataupun menghambat mata pencaharian nelayan. Itu akan kita lakukan di sepanjang pantai barat sumatera," ucap Alber Krisdiarto.

Alber Krisdiarto menambahkan alasan pemilik kapal masih menggunakan alat tangkap lamparan dasar yakni mereka sudah terbiasa menggunakan alat tersebut yang dapat menghasilkan ikan dalam jumlah yang banyak. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,padang,pemprov,pemprov-sumbar,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

45 Anggota DPRD Pessel 2019-2024 Akan Dilantik 14 Agustus

45 Anggota DPRD Pessel 2019-2024 Akan Dilantik 14 Agustus

PESISIR SELATAN - Sebanyak 45 anggota Dewan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan periode...

Nagari Guguak, Koto VII, Sijunjung, Miliki Potensi Wisata Edukasi yang Tak Disadari Wisatawan

Nagari Guguak, Koto VII, Sijunjung, Miliki Potensi Wisata Edukasi yang Tak Disadari Wisatawan

Oleh: Wardah Septi Weri Nagari Guguak adalah salah satu nagari yang terletak di Kecamatan Koto VII, Kabupaten...

Taklukan Persela 2-0, Semen Padang FC Kembali ke Tren Positif

Taklukan Persela 2-0, Semen Padang FC Kembali ke Tren Positif

BOLA - Tim Kabau Sirah kembali tren positif setelah sejumlah pertandingan tanpa kemenangan di kompetisi Shopee Liga 1...

Goa Batu Kapal Solsel Sudah Permanen Untuk Lokasi Upacara Hari-hari Besar

Goa Batu Kapal Solsel Sudah Permanen Untuk Lokasi Upacara Hari-hari Besar

PADANG ARO -- Sudah yang kedua kali Peringatan HUT RI ke 74 yang digelar di Goa Batu Kapal (GBK) Solok Selatan, ini...

Salat Ied di Lapangan Kantor Bupati, Padang Pariaman Bersiap Sambut MTQ Nasional

Salat Ied di Lapangan Kantor Bupati, Padang Pariaman Bersiap Sambut MTQ Nasional

PADANG PARIAMAN - Shalat Idul Adha 1440 Hijriah yang jatuh pada hari Minggu tanggal 11 Agustus, untuk Pemerintahan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media