Monday, 17 Jun 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Bersama Untuk Kemanusiaan, PMI Kota Bukittinggi Dirikan Posko Siaga Lebaran

Selasa, 11 Juni 2019 - 19:54:07 WIB - 495
Bersama Untuk Kemanusiaan, PMI Kota Bukittinggi Dirikan Posko Siaga Lebaran
Walikota, Wakil Walikota, Sekdako, Asisten 1 saat meninjau posko siaga bencana PMI Kota Bukittinggi.


BUKITTINGGI - Ketua PMI Kota Bukittinggi, H.Chairunnas, Selasa (11/6/2019) mengatakan PMI adalah bagian dari Pemerintah yang diakui dunia internasional, sesuai dengan hastagnya yaitu "PMI Bersama Untuk Kemanusiaan dan PMI Siap Bantu".

Dalam merayakan Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah/2019 Masehi, PMI Kota Bukittinggi berpatisipasi aktif mendirikan tenda kemanusiaan sebagai posko siaga lebaran, relawan-relawan berperan aktif membantu dan menolong umat agama Islam yang merayakan hari kemenangan dan juga pengunjung non agama Islam yang datang berlibur ke Kota Bukittinggi untuk berwisata.

"Manfaat tenda posko siaga lebaran di pedestrian taman Jam Gadang dan tempat-tampat lainnya, benar-benar dirasakan masyarakat pada pertolongan pertama. Karena di setiap tenda posko siaga lebaran disertakan tim medis berikut peralatan-peralatan lainnya," katanya.

Lebih lanjut Chairunnas menjelaskan PMI melakukan gerakan kemanusiaan tanpa batas, karena masyarakat sudah banyak yang mengetahui sepak terjang gerakan PMI dengan "Tujuh Prinsip Gerakan".

"Relawan bergerak tanpa komando lebih dahulu, karena yang sebenarnya komando dalam melakukan pertolongan adalah hati sanubari (keimanan) relawan tersebut, inilah yang dikatakan PMI Siap Bantu," ujarnya.

Gerakan PMI sendiri mengutamakan sisi jiwa kemanusiaan, artinya dalam suatu musibah, relawan mengedepankan pertolongan pertama membantu dan menolong jiwa manusia. Bahkan di Hari Raya Idul Fitri, relawan tetap menjalankan tugasnya secara bergantian, ucap H.Chairunnas.

Sementara itu kepala markas PMI Kota Bukittinggi Ahmad jais mengatakan, setiap tahun PMI Kota Bukittinggi selalu aktif berpatisipasi membantu dan menolong masyarakat pengunjung yang merayakan Hari Raya Idul Fitri di Kota Bukittinggi.

Ahmad Jais menjelaskandengan berdirinya tenda posko siaga lebaran dibeberapa titik di Kota Bukittinggi, Walikota Ramlan Nurmatias yang juga sebagai pelindung PMI Kota Bukittinggi melakukan pengontrolan langsung dan melihat dari dekat pada posko siaga lebaran salahsatunya di kawasan areal pedestrian taman Jam Gadang bersama Wakil Walikota, irwandi, Sekdako Yuen Karnova, Asisten 1 Ismail Johar dan OPD.

Kedatangan Ramlan Nurmatias pelindung PMI Kota Bukittinggi beserta rombongan diterima kepala markas PMI Kota Bukittinggi dan relawan yang sedang bertugas, Wako Ramlan Nurmatias dalam dialognya dengan Ahmad Jais ketua markas PMI Kota Bukittinggi menanyakan tentang tingkat keamanan, kelancaran dan juga tentang tempat posisi pertolongan pertama, balita dan ibu menyusui serta rest areal, spontan pertanyaan yang diajukan pelindung PMI Kota Bukittinggi dijawab Ahmad Jais.

Setelah singgah mengontrol dan melihat keberadaan posko siaga lebaran, Walikota beserta rombongan meninggalkan tenda posko siaga lebaran PMI Kota Bukittinggi untuk meninjau kesiapan tenda yang lainnya.

M.Lutfhi mahasiswa perguruan tinggi di Jakarta yang ber Hari Raya Idul Fitri bersama kedua orangtua dan keluarga di Kota Bukittinggi, mengatakan peran aktif PMI Kota Bukittinggi dalam posko siaga lebaran, sangat membantu dalam memberikan pertolongan, ini sesuai dengan hastag PMI sendiri. Begitupun tanggapan Desi ibu rumah tangga dari Kota Pakanbaru yang memanfaatkan ruangan balita dan ibu menyusui, dengan adanya rungan ini tidak payah saya menyusui anak.

"Pengunjung juga memanfaatkan rest area posko siaga lebaran PMI Kota Bukittinggi untuk duduk-duduk sambil menghilangkan lelah dan letih. Relawan PMI Kota Bukittinggi super aktif dalam bekerja, saya sangat bangga," ucap Rachamaniar. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sosial,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Usai Libur Lebaran, Kakan Kesbang Pol Padang Gelar Sidak Hari Pertama Masuk Kerja

Usai Libur Lebaran, Kakan Kesbang Pol Padang Gelar Sidak Hari Pertama Masuk Kerja

PADANG -- Pemerintahan Kota Padang (Pemko) melalui Kepala Kantor (Kakan) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol)...

Sebut Langgar Perda Kota Payakumbuh, Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota Tersinggung

Sebut Langgar Perda Kota Payakumbuh, Tokoh Masyarakat Limapuluh Kota Tersinggung

PAYAKUMBUH - Terkait Pelanggaran Peraturan Daerah (Perda) Kota Payakumbuh Ketertiban Umum (Tibum) dan Ketentraman...

Apel Gabungan Pertama Pasca Lebaran, Wako Padang Panjang : ASN Tidak Hadir Diberi Sanksi

Apel Gabungan Pertama Pasca Lebaran, Wako Padang Panjang : ASN Tidak Hadir Diberi Sanksi

PADANG PANJANG -- Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA Datuak Paduko Malano memberikan sanksi bagi ASN yang tidak...

MTQ Ke-38 Sumbar 2019 di Kota Solok, Pasaman Optimis Raih Juara Umum

MTQ Ke-38 Sumbar 2019 di Kota Solok, Pasaman Optimis Raih Juara Umum

PASAMAN - Bupati Pasaman, Yusuf Lubis resmi melepas keberangkatan peserta kafilah MTQ Kabupaten Pasaman untuk mengikuti...

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Pariaman Bermaaf-maafan dengan ASN

Hari Pertama Masuk Kerja, Wali Kota Pariaman Bermaaf-maafan dengan ASN

PARIAMAN -- Hari pertama masuk kerja, Pemerintah Kota Pariaman menggelar Apel Gabungan sekaligus Halal Bihalal dengan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media