Wednesday, 13 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Perempuan

Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Kecil

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:16:26 WIB - 513
Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Kecil
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


PARENTING - Masalah keuangan seringkali menjadi perihal sensitif untuk dibahas bersama. Kalau sudah parah, masalah keuangan tidak hanya membawa kesulitan bagi orang yang bersangkutan, tetapi juga keluarga dan teman-teman. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan anak-anak untuk bisa mengatur keuangan sejak kecil, dimulai dari menabung.

Hemat pangkal kaya, kalau punya kelebihan uang yang ditabung rutin, kamu bisa cepat kaya. Meskipun alternatif seperti layanan multifinance juga jadi salah satu jalan keluar, kamu tetap harus menabung. Meskipun bayar angsuran sudah makin mudah caranya, ada lebih banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengajarkan anak menabung sejak kecil.

1. Melatih Kedisiplinan

Bagaimana cara membuat si kecil untuk bisa menabung dengan senang? Sejak sudah mulai mengenal uang, biasakanlah untuk mengajarkan rutinitas menyimpan uang yang tidak dipakai. Hal-hal kecil yang bisa dibiasakan adalah menyimpan uang kembalian setelah mengajak anak membeli sesuatu. Misalnya, saat diajak ke pasar swalayan untuk belanja bulanan, ajarkanlah untuk menabung kembaliannya untuk ditabung. Jika dilakukan secara rutin, anak akan selalu ingat untuk disiplin menyisihkan uang untuk ditabung.

2. Lebih Menghargai Uang

Menabung juga bisa membiasakan si kecil untuk lebih menghargai uang. Berapa pun jumlahnya, uang recehan bisa ditabung setiap saat. Jadi, anak-anak juga mengerti konsep yang diajarkan bahwa sekecil apa pun jumlah uang yang dimiliki bisa disimpan dan akan terkumpul menjadi lebih banyak saat ditabung. Dengan menghargai uang kecil, nantinya bisa mengumpulkan uang lebih banyak lagi.

3. Melatih Perkembangan Otak

Nah, saat si kecil ingin membeli sesuatu, manfaatkan juga kesempatan tersebut untuk mengenalkan kebiasaan menabung. Biasakanlah anak-anak untuk mengumpulkan sendiri uang untuk membeli barang yang diinginkan. Hal ini akan melatih si kecil untuk mengenal konsep menabung dengan lebih positif. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti menabung untuk membeli makanan kesukaanya. Semakin dewasa, anak-anak akan mengerti bahwa dirinya harus berusaha untuk bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

4. Membiasakan Hidup Hemat

Jika sudah terbiasa menabung untuk membeli sesuatu, anak-anak bisa mengerti bahwa dirinya harus menghemat agar uang tabungannya semakin banyak. Dengan cara itu, barang yang ingin dia dapatkan juga bisa dibeli dengan lebih cepat. Nah, hal ini akan memungkinkan si kecil untuk lebih hemat saat punya uang. Sejak kecil, anak-anak akan mulai membiasakan diri untuk setidaknya menabung sisa uang jajan agar bisa beli sesuatu yang diinginkan dengan cepat.

5. Mengajarkan Pengelolaan Keuangan Sederhana

Saat anak-anak sudah mulai beranjak sekolah, kemampuan hitungannya juga akan semakin meningkat. Rutinitas menabung akan memungkinkan si kecil untuk bisa mendapatkan pengalaman untuk mengatur keuangan dengan baik. Meski masih kecil, dirinya akan mengerti bahwa dengan menabung selama jangka waktu tertentu, berapa banyak uang yang didapatkan, dan berapa lama dirinya bisa membeli barang yang diinginkan.

Meskipun masalah keuangan menjadi hal-hal yang cukup sensitif untuk dibahas, penting untuk mulai mengenalkannya pada anak. Menabung merupakan salah satu rutinitas yang krusial untuk dilakukan. Jadi, jangan sampai melewatkan perkembangan diri si kecil tanpa membiasakannya untuk menabung untuk pengelolaan keuangan. (rel)

Editor/Sumber: Reza S
Tag: bisnis,indonesia,metro,nasional,perempuan,showbiz,sosial,unik

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Bantu Warga Musibah Kebakaran

Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Bantu Warga Musibah Kebakaran

BENGKALIS -- Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis Khairul Umam bersama asistennya H Sutan Marajo dan pemuka masyarakat...

Peringati Hari Pahlawan, Wabup Pasaman Serahkan Penghargaan kepada Satresnarkoba

Peringati Hari Pahlawan, Wabup Pasaman Serahkan Penghargaan kepada Satresnarkoba

PASAMAN -- Setelah pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Pahlawan, Pemerintah Kabupaten Pasaman melalui Wakil Bupati H....

Resmikan Pospol Alahan Panjang, Ferry Iriawan, S.iK, Rangkul Ninik Mamak

Resmikan Pospol Alahan Panjang, Ferry Iriawan, S.iK, Rangkul Ninik Mamak

SOLOK - Tugas Kepolisian di negeri ini bukan hanya melakukan penindakan dan penangkapan. Tapi tugas utama Kepolisian...

Saksi: Bangunan Wabup Pessel Berupa Pondok Tidak Menimbun Mangrove

Saksi: Bangunan Wabup Pessel Berupa Pondok Tidak Menimbun Mangrove

PADANG -- Saksi sidang pengrusakan hutan Mangrove di Objek Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir...

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

FEATURE -- Hidup merupakan sebuah pilihan. Begitu juga halnya cita-cita, semua orang bebas untuk bercita-cita apapun....


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media