Friday, 24 Jan 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Perempuan

Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Kecil

Selasa, 18 Juni 2019 - 21:16:26 WIB - 541
Manfaat Mengajarkan Anak Menabung Sejak Kecil
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


PARENTING - Masalah keuangan seringkali menjadi perihal sensitif untuk dibahas bersama. Kalau sudah parah, masalah keuangan tidak hanya membawa kesulitan bagi orang yang bersangkutan, tetapi juga keluarga dan teman-teman. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan anak-anak untuk bisa mengatur keuangan sejak kecil, dimulai dari menabung.

Hemat pangkal kaya, kalau punya kelebihan uang yang ditabung rutin, kamu bisa cepat kaya. Meskipun alternatif seperti layanan multifinance juga jadi salah satu jalan keluar, kamu tetap harus menabung. Meskipun bayar angsuran sudah makin mudah caranya, ada lebih banyak manfaat yang bisa didapat dengan mengajarkan anak menabung sejak kecil.

1. Melatih Kedisiplinan

Bagaimana cara membuat si kecil untuk bisa menabung dengan senang? Sejak sudah mulai mengenal uang, biasakanlah untuk mengajarkan rutinitas menyimpan uang yang tidak dipakai. Hal-hal kecil yang bisa dibiasakan adalah menyimpan uang kembalian setelah mengajak anak membeli sesuatu. Misalnya, saat diajak ke pasar swalayan untuk belanja bulanan, ajarkanlah untuk menabung kembaliannya untuk ditabung. Jika dilakukan secara rutin, anak akan selalu ingat untuk disiplin menyisihkan uang untuk ditabung.

2. Lebih Menghargai Uang

Menabung juga bisa membiasakan si kecil untuk lebih menghargai uang. Berapa pun jumlahnya, uang recehan bisa ditabung setiap saat. Jadi, anak-anak juga mengerti konsep yang diajarkan bahwa sekecil apa pun jumlah uang yang dimiliki bisa disimpan dan akan terkumpul menjadi lebih banyak saat ditabung. Dengan menghargai uang kecil, nantinya bisa mengumpulkan uang lebih banyak lagi.

3. Melatih Perkembangan Otak

Nah, saat si kecil ingin membeli sesuatu, manfaatkan juga kesempatan tersebut untuk mengenalkan kebiasaan menabung. Biasakanlah anak-anak untuk mengumpulkan sendiri uang untuk membeli barang yang diinginkan. Hal ini akan melatih si kecil untuk mengenal konsep menabung dengan lebih positif. Mulailah dengan hal-hal kecil seperti menabung untuk membeli makanan kesukaanya. Semakin dewasa, anak-anak akan mengerti bahwa dirinya harus berusaha untuk bisa mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

4. Membiasakan Hidup Hemat

Jika sudah terbiasa menabung untuk membeli sesuatu, anak-anak bisa mengerti bahwa dirinya harus menghemat agar uang tabungannya semakin banyak. Dengan cara itu, barang yang ingin dia dapatkan juga bisa dibeli dengan lebih cepat. Nah, hal ini akan memungkinkan si kecil untuk lebih hemat saat punya uang. Sejak kecil, anak-anak akan mulai membiasakan diri untuk setidaknya menabung sisa uang jajan agar bisa beli sesuatu yang diinginkan dengan cepat.

5. Mengajarkan Pengelolaan Keuangan Sederhana

Saat anak-anak sudah mulai beranjak sekolah, kemampuan hitungannya juga akan semakin meningkat. Rutinitas menabung akan memungkinkan si kecil untuk bisa mendapatkan pengalaman untuk mengatur keuangan dengan baik. Meski masih kecil, dirinya akan mengerti bahwa dengan menabung selama jangka waktu tertentu, berapa banyak uang yang didapatkan, dan berapa lama dirinya bisa membeli barang yang diinginkan.

Meskipun masalah keuangan menjadi hal-hal yang cukup sensitif untuk dibahas, penting untuk mulai mengenalkannya pada anak. Menabung merupakan salah satu rutinitas yang krusial untuk dilakukan. Jadi, jangan sampai melewatkan perkembangan diri si kecil tanpa membiasakannya untuk menabung untuk pengelolaan keuangan. (rel)

Loading...
Editor/Sumber: Reza S
Tag: bisnis,indonesia,metro,nasional,perempuan,showbiz,sosial,unik

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kasus Pembunuhan di Desa Simatalu Mentawai Akhirnya Terungkap, Begini Kronologisnya

Kasus Pembunuhan di Desa Simatalu Mentawai Akhirnya Terungkap, Begini Kronologisnya

MENTAWAI -- Kasus pembunuhan sejak tahun 2017 lalu yang terjadi di Dusun Saikoat Desa Simatalu, Kecamatan Siberut Barat...

Teaser Trailer dan Poster Film Guru-Guru Gokil, Intips Keseruannya

Teaser Trailer dan Poster Film Guru-Guru Gokil, Intips Keseruannya

JAKARTA -- Guru-Guru Gokil, film pertama dari rangkaian tiga film Dian Sastrowardoyo yang berkolaborasi dengan BASE...

Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Pasbar Lakukan Hal Ini ke Sekolah-sekolah

Tekan Angka Kecelakaan, Satlantas Polres Pasbar Lakukan Hal Ini ke Sekolah-sekolah

PASAMAN BARAT - Salah satu cara untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas, Satuan lalu lintas (Satlantas) Porles...

Breaking News: Longboat Bawa 7 Orang Hilang Kontak di Perairan Mentawai

Breaking News: Longboat Bawa 7 Orang Hilang Kontak di Perairan Mentawai

MENTAWAI - Basarnas gabungan Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan pencarian dan pertolongan terhadap satu unit...

Akses Jalan Seperti ini Masih Ada di Pasaman Barat

Akses Jalan Seperti ini Masih Ada di Pasaman Barat

PASAMAN BARAT - Baru saja, Kabupaten Pasaman Barat usai baralek gadang merayakan hari jadi ke 16 tahun, dalam momen...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media