Saturday, 20 Jul 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Pusterad TNI Kunjungi Kodim 0304/Agam

Selasa, 25 Juni 2019 - 06:19:45 WIB - 300
Pusterad TNI Kunjungi Kodim 0304/Agam
Kolonel Inf Taufik Shobri selaku Direktur Bina Diklat Pusat Teritorial Angkatan Darat bersama Dandim 0304 Agam, Walikota, Kapolres, Kejaksaan Negeri


BUKITTINGGI -- Kodim 0304/Agam ini mewakili Korem 032 Wirabraja untuk mengikuti perlombaan ditingkat Angkatan Darat (AD) dan masuk klasifikasi tingkat B.

Demikian disampaikan Kolonel Inf. Taufik Shobri selaku Direktur Bina Diklat Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) pada penilaian lomba Pembinaan Teritorial (binter) tingkat pusat Tahun Anggaran 2019 di Makodim 0304/Agam, Senin (24/6/2019).

Kolonel Shobri melihat langsung keberadaan dan kesiapan Makodim, baik itu aparatur maupun peralatannya. Kolonel Shobri juga berdialog langsung dengan aparatur dan masyarakat mengenai keberadaan dan peran nya dalam pembangunan wilayah serta hubungan baik antara Kodim dengan pemerintah setempat.

Kolonel Shobri mengatakan, penilaian sendiri untuk mengukur apikasi kinerja dilapangan baik program maupun non program. Itu juga dilakukan secara objektif yang nantinya akan dinilai di tingkat nasional. Khusus lomba binter bertujuan untuk melihat sejauh mana pembinaan teritorial di Kowil jajaran TNI-AD dan peran Kodim di lapangan. Penilaian sudah ditentukan tatacaranya baik produk administratif maupun pelaksanaan di lapangan.

TIM penilai dari Pusterad yang dipimpin Kolonel Inf Taufik Shobri selaku Direktur Bina Diklat Pusat Teritorial Aangkatan Darat (Pusterad) dan rombongan tiba di Makodim 0304/Agam akan melakukan tugasnya hingga 26 Juni 2019. Agenda penilaian, meliputi pengecekan pangkalan, program Binter dan Binter Non Program di Staf Intel, Staf Ops, Staf log,Tuud, Staf Pers/Persit, dan Staf Teritorial, dan akan dilanjutkan pengecekan ke Koramil, yang sedang melakukan pembinaan bidang pertanian.
Lomba Binter bertujuan untuk mengukur sejauh mana Kodim mampu menyelenggarakan kegiatan pembinaan teritorial, pembinaan satuan, dan meningkatkan mekanisme kerjasama kemitraan dengan instansi pemerintah daerah dan segenap komponen masyarakat di wilayah tugasnya.

"Sasaran lomba Binter yang ingin dicapai adalah kegiatan Binter dilaksanakan oleh Kodim baik program maupun non program sesuai yang diharapkan, yaitu terselenggaranya tertib administrasi Kodim, meningkatkan kemampuan aparat Kodim, dan tumbuhnya kreativitas para Dandim dalam mengembangkan metode Binter yang bersifat non program," ujar Kolonel Shobri.

Sementara itu, Dandim 0304/ Agam, Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro mengatakan dalam menghadapi lomba tahunan ini, pihaknya telah melakukan persiapan semaksimal mungkin. Komunikasi dan koordinasi dengan instansi, lembaga dan pemerintah, khususnya Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam juga telah dan terus terjalin.

Tujuan kegiatan penilaian adalah untuk mengevalusi pelaksanaan binter yang dilaksanakan Kodim 034/ Agam dan bagaaimana implementasi nya dengan mansyarakat. Hajatan ini bukan 0304/ Agam saja tapi hajatan kita bersama masyarakat maupun Pemkab Agam dan Pemko Bukittinggi.

Ada program yang menarik yang telah dilakukan Kodim 0304 Agam. Program unggulan untuk meningkatkan ekonomi rakyat. Yaitu menggunakan bios 44. Bios 44 ini semula digunakan untuk pemadam kebakaran, ternyata bisa diaplikasikan untuk pertanian, perikanan, lahan perkebunan, tambak bahkan bekas lokasi tambang. Hasil yang didapat, hasil pertanian meningkat, hasil panen perikanan lebih cepat dan lebih gemuk, lahan perkebunan lebih subur, tambak lebih menghasilkan, dan lokasi bekas pertambangan bisa digunakan menumbuhkan tanaman kembali.

Ia menjelaskan bios 44 ini bukan pupuk tetapi mikro organisme dengan 15 bakteri baik, yang berfungi menyuburkan tanaman yang sudah dipanen, bahkan bisa juga lele, seharusnya dipanen 4 bulan, tapi 2,5 bulan sudah bisa dipanen.

Walikota Bukittinggi Ramlan Nurmatias dalam sambutannya mengatakan sejauh ini hubungan kemitraan dengan Kodim sangat baik. Pemko selalu berkoordinasi dan bekerja sama dengan forkopimda sesuai tanggung jawab masing-masing. Tujuannya untuk menciptakan kondisi aman dan nyaman di kota Bukittinggi.

Pemko pun juga melakukan goyong royong bekerja sama dengan Kodim. Artinya bagaimana kebersamaan semua pihak dalam menyelenggarakan pemerintahan di Bukittinggi. Termasuk bekerja sama dalam kebencanaan, karena daerah kita adalah daerah rawan bencana.

"Pemko melihat, bukan nilai yang dicari tapi sejauh mana Kodim melaksanakan kegiatan dan program berikut menyiapkan administrasi, meningkatkan kemampuan personil, menciptakan terobosan yang bermanfaat bagi Pemko dan Pemkab serta masyarakat sekitar. Karena itu Ramlan berharap dan bangga jika Kodim 0304/ Agam bisa menjadi juara dan Pemko Bukittinggi siap mendukung," tutupnya. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pionir Teknologi Ban di Indonesia, Goodyear kenalkan Goodyear Assurance DuraPlus2 di Padang

Pionir Teknologi Ban di Indonesia, Goodyear kenalkan Goodyear Assurance DuraPlus2 di Padang

PADANG -- Goodyear Indonesia secara resmi memperkenalkan produk teranyar Goodyear Assurance DuraPlus2 kepada masyarakat...

Dalam Rangkaian HUT Byangkara yang ke-73, Polres Solsel Anjangsana ke RSUD Solsel

Dalam Rangkaian HUT Byangkara yang ke-73, Polres Solsel Anjangsana ke RSUD Solsel

PADANG ARO -- Kepolisian resor (Polres) Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan anjangsana ke Rumah...

Polisi Amankan Dua Kurir Narkoba dan Sabu Hampir 7 Kilo di Jalur Lintas Sumatra

Polisi Amankan Dua Kurir Narkoba dan Sabu Hampir 7 Kilo di Jalur Lintas Sumatra

PADANG -- Tim Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polisi Daerah (Polda) Sumatera Barat mengamankan narkoba jenis...

Pasar Lubuk Alung Terbakar, Ratusan Kedai Hangus Jadi Abu

Pasar Lubuk Alung Terbakar, Ratusan Kedai Hangus Jadi Abu

LUBUK ALUNG - Pasar Lubuk Alung ludes dilalap sijago merah, Kamis (11/7) sekitar pukul 21.00 Wib. Untuk memadamkan api,...

Hadiri Rakorda Baznas se Sumbar, Ketua Baznas Pasaman Serahkan Ini Pada Bupati Pessel

Hadiri Rakorda Baznas se Sumbar, Ketua Baznas Pasaman Serahkan Ini Pada Bupati Pessel

PASAMAN - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Pasaman turut hadir pada acara Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda)...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media