Tuesday, 22 Sep 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Tingkatkan Kompetensi Fotografer Lokal, Dinpar Sumbar Adakan Pelatihan AMT di Padang

Rabu, 26 Juni 2019 - 13:41:59 WIB - 664
Tingkatkan Kompetensi Fotografer Lokal, Dinpar Sumbar Adakan Pelatihan AMT di Padang
Suasana AMT di Hotel Amaris Padang, Rabu


PADANG -- Dinas Pariwisata Sumatera Barat menggelar Achievement Motivation Training (AMT) kepada profesi fotografer di Hotel Amaris Padang, Rabu (26/7/2019). Dengan tema Tantangan dunia komersil fotografi dalam industri 4.0.

Kadis Pariwisata Sumbar Oni Yulfian mengatakan kegiatan ini merupakan penguatan sektor ekonomi kreatif sebagai bagian dari upaya penguatan ekosistem subsektor fotografi di Sumbar dengan meningkatkan kompetensi fotografer-fotografer lokal. Karena dengan banyaknya karya-karya foto yang mengeksplorasi keindahan Sumbar, diharapkan mampu menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung. Terlebih saat ini di Bantul bermunculan destinasi-destinasi baru yang indah dan mempesona.

"Sumbar saat ini terkenal dengan pariwisata alam, kuliner, dan budaya. Di tangan para fotografer inilah landscape pariwisata, kuliner dan aktivitas budaya bisa tersampaikan secara luas ke publik," kata Oni Yulfian didampingi Derlianti kepada MinangkabauNewsCom.

Untuk menunjang hal tersebut, lanjutnya, kompetensi fotografer perlu terus ditingkatkan sehingga dapat menyajikan setiap peristiwa secara menarik dan berkesan.

Selanjutnya, menentukan elemen pencahayaan, mengatur ketajaman gambar, menentukan sudut pengambilan, menentukan latar depan-belakang, menentukan komposisi pemotretan, serta mengidentifikasi arah, karakter dan warna cahaya.

Selain itu, para peserta juga diajarkan menentukan perangkat penyinaran, menyimpan dan memindahkan data gambar, memilih gambar sesuai kebutuhan, melakukan edit digital dasar, mencetak gambar, mengelola gagasan konsumen, menghitung biaya produksi dan operasional, melakukan proses pekerjaan sesuai dengan prinsip K3, mengevaluasi etos dan hasil kerja, menjalin komunikasi dengan rekan kerja, jenis-jenis pendekatan dan peralatan fotografi, hingga pengenalan wilayah kerja fotografer.

Dikatakannya, kegiatan tersebut akan berlangsung hingga tiga hari kedepan Rabu- Jumat (26/6-29/6) menghadirkan narasumber Mizbachul Munir praktisi fotografi Indonesia.

"Kegiatan ini diikuti oleh 64 peserta yang berasal dari 19 kab/kota dan sekitarnya,"ujarnya.

Narasumber Misbachul Munir menyampaikan bahwa era perkembangan teknologi komunikasi masa kini juga ikut memberikan dampak yang signifikan pada pelaku kreatif di subsektor fotografi.

Di antaranya semakin tinggi tuntutan bagi profesi fotografer untuk terus meningkatkan kemampuan fotografinya, mengikuti perkembangan teknologi terbaru sehingga mampu memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang beragam dan terus berubah.

Dengan penguasaan teknik fotografi yang benar, sudut pengambilan yang pas, pencahayaan yang tepat serta fokus yang tepat, maka sebuah foto akan menjadi media penyampai pesan yang kuat. Foto wisata yang pas bisa "menceritakan" kondisi atau keadaan satu destinasi tanpa perlu banyak kata-kata disertakan.

Kehadiran Misbachul diharapkan akan menjadi pemicu dan pemacu semangat bagi anak-anak muda Sumbar, untuk makin mengeksplorasi potensi wisata di daerah ini. Lebih khusus lagi yang berkaitan dengan memotret model di satu tempat wisata.

Fotografer kawakan ini mengatakan, potensi fotografi di daerah berpengaruh besar terhadap peningkatan ekonomi kreatif. Namun ia juga menilai, masih banyak fotografer-fotografer lokal yang belum memiliki sertifikat secara profesional dari lembaga sertifikasi nasional. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Kapolres Pesisir Selatan Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Kapolres Pesisir Selatan Ajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

PESISIR SELATAN - Jajaran Polres Pesisir Selatan terus mengajak pada masyarakat di Kabupaten Pesisir Selatan agar tetap...

Ditetapkan Dalam Zona Merah, Ini Langkah Strategis Kabupaten Agam Tangani Covid-19

Ditetapkan Dalam Zona Merah, Ini Langkah Strategis Kabupaten Agam Tangani Covid-19

AGAM --Ditetapkan sebagai daerah resiko tertinggi penyebaran Covid-19 setelah Kota Padang, Pemerintah Daerah Kabupaten...

Tingkatkan Pemahaman, Danramil Gelar Kegiatan Binjaring Teritorial Wilayah Koramil 03 Sipora

Tingkatkan Pemahaman, Danramil Gelar Kegiatan Binjaring Teritorial Wilayah Koramil 03 Sipora

MENTAWAI - Danramil 03 Sipora gelar giat Bin Peta Jarak Jaring Teritorial Koramil 03 Pulau Sipora TW III Tahun 2020...

Jon Priadi: Semoga Nilai SAKIP BB dan OPD peroleh Zona Integritas (ZI)

Jon Priadi: Semoga Nilai SAKIP BB dan OPD peroleh Zona Integritas (ZI)

PARIT MALINTANG -- Sekda Padang Pariaman Jon Priadi berharap nilai SAKIP Padang Pariaman BB dan OPD peroleh Zona...

Anggota DPRD Bruno Guimek: Akibat Covid-19 Pendapatan Asli Daerah Mentawai Menurun

Anggota DPRD Bruno Guimek: Akibat Covid-19 Pendapatan Asli Daerah Mentawai Menurun

MENTAWAI - Legislator dari Partai Nasdem Bruno Guimek Sagalak menyebutkan bahwa, setiap tahunnya pembanguan di...


KOMENTAR ANDA