Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Untuk Tingkatkan Pangan dan Perikanan, Komisi B DPRD Pasaman Kunker ke Kabupaten Kampar

Kamis, 27 Juni 2019 - 17:05:05 WIB - 261
Untuk Tingkatkan Pangan dan Perikanan, Komisi B DPRD Pasaman Kunker ke Kabupaten Kampar
Rombongan Kunker Komisi DPRD Kabupaten Pasaman foto bersama dengan Kadis Perikanan Kabupaten Kampar Provinsi Riau.


PASAMAN - Dalam rangka meningkatkan pangan dan perikanan Komisi B DPRD Kabupaten Pasaman melaksanakan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Dinas Perikanan Kabupaten Kampar dan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Kamis (27/06/2019).

Kunker Komisi B tersebut merupakan upaya DPRD Kabupaten Pasaman bersama Dinas Perikanan Kabupaten Pasaman dalam meningkatkan potensi ketahanan pangan dan perikanan di Kabupaten Pasaman.

Rombongan Kunker ini disambut baik oleh Kadis Perikanan Kabupaten Kampar Ir. Usman Amin dan Sekretaris Dinas Perikanan Kampar, H. Zulfahmi. Kemudian di Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau diterima oleh Kasi Distribusi Pangan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau, Elyan Buzra.

Sekretaris Dewan DPRD Pasaman Mukhrizal yang juga hadir pada kegiatan itu mengatakan ,Kunjungan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pangan, dan kualitas serta kuantitas benih ikan khususnya dareah Kecamatan Rao Kabupaten Pasaman.

"Karena dahulunya beras Pasaman mendapat tempat dihati masyarakat Riau", Kata Mukhrizal.

Sementera Kadis Perikanan Kabupaten Kampar Ir. Usman Amin saat memaparkan bagaimana kondisi perikanan Kabupaten Kampat, menyebutkan bahwa Kabupaten Kampar memiliki potensi perikanan yaitu ikan patin.

"Untuk memenuhi kebutuhan pasar tentu tergantung pada bibit dan pakan ikan yang baik. Sehingga produksi ikan yang dihasilkan bisa menembus pasar nasional maupun internasional," sebut Ir. Usman Amin.

Produksi ikan Kampar sekarang merajai suplai untuk Provinsi Riau adalah keterbatasan pasar. Untuk produksi, potensi pengembangan masih sangat besar. Produksi stagnan karena pembudidaya menahan produksi untuk menjaga harga ikan di pasar.

"Selama ini, produksi ikan seperti ikan patin hanya dijual sebagai produk segar, sisanya dibuat ikan salai. Maka tidak ada lagi penampung kelebihan produksi. Kehadiran gudang beku terintegrasi/ Integrate cold storage (ICS) menjadi harapan besar bagi masyarakat budidaya ikan air tawar di Kabupaten Kampar," ungkapnya.

Hasil koordinasi dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Riau sudah ada kerjasama dengan daerah Kabupaten Pasaman dalam hal pangan dan perikanan melalui gapoktan Kabupaten Pasaman dan masyarakat petani perikan telah saling memenuhi kebutuhan masing - masing daerah.

Turut hadir dalam Kunker ini ketua dan rombongan komisi B DPRD Pasaman bersama Plt. Kadis Perikanan Pasaman Dwi Richie, S.Pi, M.Si. (Verdi)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dua Wakil Ketua DPRD 50 Kota Ucap Sumpah-Janji,  Wendi Chandra Ungkapkan Terima Kasih ke Ibunda

Dua Wakil Ketua DPRD 50 Kota Ucap Sumpah-Janji, Wendi Chandra Ungkapkan Terima Kasih ke Ibunda

LIMAPULUH KOTA - Dua wakil ketua DPRD Kabupaten Limapuluh Kota secara resmi mengikuti pengambilan sumpah dan janji...

Kegiatan MBR PDAM Padang Pariaman 2019 Selesai Tepat Waktu

Kegiatan MBR PDAM Padang Pariaman 2019 Selesai Tepat Waktu

PADANG PARIAMAN -- Pelaksanaan kegiatan dengan penerima manfaat masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) PDAM Padang...

Murid Taman Kanak - Kanak se Kota Padang Panjang Peragaan Manasik Haji

Murid Taman Kanak - Kanak se Kota Padang Panjang Peragaan Manasik Haji

PADANG PANJANG - Prosesi manasik haji tidak hanya dilakukan umat Islam berusia dewasa, murid Taman Kanak - Kanak (TK)...

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

PARIAMAN -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M mendukung penuh Peringatan Hari...

Wagub Nasrul Abit: Relawan adalah Ujung Tombak PMI dalam Misi Kemanusiaan

Wagub Nasrul Abit: Relawan adalah Ujung Tombak PMI dalam Misi Kemanusiaan

PADANG -- Palang Merah Indonesia (PMI) se Sumatera Barat menggelar Musyawarah ke-X tahun 2019 yang diselenggarakan di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media