Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pariwisata

Wagub Sumbar Dorong Industri Pariwisata Kantongi Sertifikasi Halal

Selasa, 02 Juli 2019 - 11:54:48 WIB - 644
Wagub Sumbar Dorong Industri Pariwisata Kantongi Sertifikasi Halal
Wagub sumbar drs h. nasrul abit


PADANG -- Dinas Pariwisata Sumbar menggelar sosialisasi sertifikasi halal bagi industri pariwisata tahun 2019 "Yang halal menjadi pesona" di Hotel Grand Inna Muara, Padang, Selasa (2/7/2019). Kegiatan yang dibuka Wagub Sumbar H. Nasrul Abit, itu diikuti 70 peserta dari berbagai usaha hotel dan kuliner di 19 kab/kota se-Sumbar.

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit mengatakan terkait wisata halal Sumbar sudah menandatangani komitmen pariwisata halal bersama bupati walikota 19 kab/kota tahun 2017 lalu. Hingga sekarang Baru 21 rumah bersertifikasi halal di Sumbar.

Menurut Nasrul, perlu ada langkah kongkrit dan nyata dalam percepatan pariwisata halal di Sumbar. "Umumkan di media ada 21 rumah makan yang sudah tersertifikasi halal di Sumbar," ujarnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Oni Yulfian, mengatakan acara ini bertujuan upaya percepatan pengembangan wisata halal di Sumbar..

Katanya, Provinsi Sumbar mengenal di Sumbar, kendati sudah lama dikenal di ranah minang. Terkait waktu ibadah dan kuliner halal. Indonesia mengenal pariwisata halal sejak tahun 2000-an dengan meningkatnya pariwisata 18 persen setiap tahunnya. Ada kunjungan 18 juta wisata halal ke-Indonesia dengan income mencapai 1 triliun rupiah. Malaysia menjadi sistrm sertifikasi yang terbaik. Sedangkan Indonesia memiliki global tourism Indeks 2018.

"Dulunya NTB dan Aceh belajar wisata halal ke Sumbar. Ada 21 hotel dan restauran yang sudah bersertifikasi. Kendala dalam proses sertifikasi halal disebabkan Sumber bahan makanannya," imbuh Oni Yulfian.

Oni Yulfian menyebut, nama Sumbar terutama minangkabau sudah dikenal dunia sebagai destinasi wisata halal setelah merengkuh berbagai penghargaan destinasi wisata halal terbaik dunia. "Penghargaan wisata halal yang kita terima harus juga dibarengi kesatuan langkah dan pemahaman yang sama untuk lebih baik lagi," ujar Oni Yulfian, Selasa, (2/7/2019).

Pemprov Sumbar, kata dia, akan terus melakukan sosialisasi kepada para pelaku industri pariwisata di Sumbar untuk melengkapi usaha dengan sertifikasi halal baik untuk hotel maupun restoran. Oni tidak menampik jika masih banyak hotel yang bergantung pada sektor pariwisata konvensional seperti industri perhotelan.

Namun, Oni menekankan para industri perhotelan untuk juga menyiapkan pelayanan halal bagi wisatawan Muslim. "Misalnya hotel juga menyediakan kamar yang memberikan pelayanan halal dengan adanya tempat untuk bersuci, dan perlengkapan ibadah," kata Oni.

STP Bandung Sumaryadi mengungkapkan Semua objek atau tindakan yang diperbolehkan menurut ajaran Islam untuk digunakan atau dilibati oleh orang Muslim dalam industri pariwisata. "Pariwisata halal Tidak hanya makanan saja tetapi juga usaha restaurannya," tutur Oni Yulfian.

Di kesempatan lain, Ketua LPPOM MUI Sumbar, Syaifullah mengatakan sosialisasi terkait sertifikasi halal sudah digaungkan. Namun, trennya terus meningkat seiring keberhasilan Sumbar ditetapkan sebagai destinasi wisata halal terbaik. Syaifullah menyebut, yang dimaksud produk halal tersebut yakni makanan, minuman, obat, kosmetik yang tersusun dari unsur yang halal dan telah melalui proses produksi produk halal yang telah dinyatakan sesuai dengan syariah.

Adanya sertifikasi halal, kata dia, untuk memberikan kenyamanan, keamanan, serta ketersediaan produk halal bagi masyarakat dalam mengonsumsi dan menggunakan suatu produk. "Kenapa penting, karena dalam perkembangan teknologi pangan ada beberapa bahan terlarang yang bisa jadi bahan pangan dan kosmetik. Makanya perlu dicek," kata Syaifullah.

Sosialisasi itu menghadirkan pemateri dari lintas lembaga yang terkait dengan kehalalan dan pariwisata, yaitu Dinas Pariwisata Sumbar, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM-MUI) Sumbar, Sekolah Tinggi Patiwisata Bandung, BP-POM dan tim percepatan wisata halal Indonesia. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: padang,pariwisata,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Ibra Yasser, Inspirator Gerakan Kepemudaan dan Kemasyarakatan

Ibra Yasser, Inspirator Gerakan Kepemudaan dan Kemasyarakatan

BUKITTINGGI - Ibarat dalam suatu pelayaran mengarungi samudera, harus pandai mengendalikan perahu agar selamat sampai...

Ingin Soal RSUD M. Zein Terang Benderang, Nasrul Abit Tantang Sejumlah Pihak Lakukan Ini

Ingin Soal RSUD M. Zein Terang Benderang, Nasrul Abit Tantang Sejumlah Pihak Lakukan Ini

PADANG -- Mantan Bupati Pesisir Selatan Drs H. Nasrul Abit menjawab tudingan sejumlah pihak soal pembangunan RSUD M....

Usai Santap Makanan di Pengajian Yasinan, Puluhan Warga Dharmasraya Keracunan, Satu Meninggal Dunia

Usai Santap Makanan di Pengajian Yasinan, Puluhan Warga Dharmasraya Keracunan, Satu Meninggal Dunia

DHARMASRAYA -- Puluhan warga warga, Jorong Koto Tuo, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, diduga mengalami keracunan...

Peduli Sesama, ACT Sumbar Galang Donasi untuk Widodo Bocah Penderita Iktiosis Lamelar

Peduli Sesama, ACT Sumbar Galang Donasi untuk Widodo Bocah Penderita Iktiosis Lamelar

PADANG -- Bocah penderita Iktiosis Lamelar Widodo (12), terpaksa berhenti sekolah karena penyakit yang ia derita....

Hastag Mati Lampu Merajai Trending Twitter di Indonesia, PLN Minta Maaf

Hastag Mati Lampu Merajai Trending Twitter di Indonesia, PLN Minta Maaf

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media