Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Untuk Evaluasi Kinerja, PMI Kota Bukittinggi Gelar Mukerkot Tahunan

Kamis, 04 Juli 2019 - 00:07:53 WIB - 483
Untuk Evaluasi Kinerja, PMI Kota Bukittinggi Gelar Mukerkot Tahunan
Plt Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Aristo Munandar saat memberikan sambutan.


BUKITTINGGI - Musyawarah Kerja Kota (Mukerkot) merupakan program pengurus PMI Kota Bukittinggi yang setiap tahun dilaksanakan, tahun 2019 ini Muskerkot bertempat di hotel Champago Resort Kota Bukittinggi berlangsung selama dua hari, Rabu dan Kamis tanggal 3 dan 4 Juli 2019.

Dan dihadiri Wali Kota Bukittinggi yang diwakilkan Sekretaris Dinas Kesehatan, Plt Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, Dinas Sosial, Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran, Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), Pengurus Forum Pembina PMR, Pengurus Forpis, Korp Sukarela (KSR) dan Tenaga Sukarela (TSR) Kota Bukittinggi, pengurus, KSR dan TSR PMI Kecamatan Kota Bukittinggi.

Plt Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat Aristo Munandar pada sambutannya mengatakan, dalam program PMI, Muker ini wajib dilaksanakan untuk sebagai evaluasi kerja dan perbaikan program-program nantinya lebih baik dan bermanfaat bagi PMI Kota maupun Kabupaten itu sendiri.

Sampai saat ini kami melihat dan menilai bahwasanya PMI Kota Bukittinggi termasuk PMI yang sangat aktif dan mempunyai program yang sangat padat di Provinsi Sumatera Barat yang perlu dipertahankan dan dicontoh bagi Kabupaten/Kota lainnya.

Aristo Munandar berharap, Pemerintah Kota Bukittinggi terus bersinergi dengan PMI, yang mana PMI ini merupakan aset dan tangan kanan bagi Pemerintah dalam misi kemanusiaan, sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 1 tahun 2018 tentang Kepalangmerahan dan Peraturan Pemerintah pasal Nomor 7 tahun 2019 yang menjabarkan sebagaimana fungsi dan peran PMI itu harus dilibatkan, sebagaimana peran dan tugas dari PMI juga diatur dalam Undang-Undang 2018 pasal 22, bahwasanya PMI itu bukan sekedar donor darah saja, PMI juga dilibatkan dalam misi kemanusiaan yaitu memberikan bantuan kepada korban konflik bersenjata, kerusuhan, dan gangguan keamanan lainnya, ungkapnya.

Sementara itu Ketua PMI Kota Bukittinggi H.Chairunnas dalam sambutannya mengatakan, PMI itu merupakan organisasi yang berperan dalam membantu Pemerintah dibidang sosial kemanusiaan terutama tugas kepalangmerahan sebagaimana yang telah dipersyaratkan dalam ketentuan konvensi Jenewa tahun 1959 yang telah diratifikasi oleh Pemerintah Republik Indonesia tahun 1958 melalui Undang-Undang No.59 sebagai perhimpunan nasional yang sah.

Sehubung dengan tugas pokok dan fungsi PMI tersebut, maka diadakannya Musyawarah Kerja Kota ini Semoga PMI Kota Bukittinngi bisa lebih baik lagi dan exis untuk program-program kerja untuk tahun mendatang, katanya.

Sedangkan Wali Kota yang diwakilkan Sekertaris Dinas Kesehatan, Mardison sebelum membuka Mukerkot PMI Kota Bukittinggi tahun 2019, mengatakan untuk itu kami menyampaikan dukungan penuh terhadap kegiatan yang dilaksanakan PMI Kota Bukittinggi maupun kegiatan kegiatan yang telah berjalan.

Kami mewakili Pemeritah Kota Bukittingi juga sangat mengapresiasi kinerja PMI Kota Bukittinggi yang selalu hadir membantu ditengah-tengah masyarakat, sesuai dengan apa yang telah disampaikan Ketua PMI Provinsi Sumatera Barat, PMI merupakan organisasi kemanusiaan yang telah diatur sesuai dengan Undang-Undang dan Peraturan Pemerintah.

Lanjut Mardison Pemerintah pun telah menghibahkan dana untuk kebutuhan PMI Kota Bukittinggi untuk kelancaran kegiatan dan program kerjanya. Dan kami berharap, dengan diadakanya Musyawarah Kerja ini, PMI Kota Bukittinggi bisa menjadi yang terbaik ditinggat Provinsi maupun tingkat Nasional nantinya, harap Mardison.

Penanggung jawab Mukerkot, Ahmad Jais kepada Minangkabaunews.com menyampaikan ucapan terimakasih kepada panitia dan semua pihak yang membantu terselenggaranya Mukerkot tahun 2019 ini, sebagaimana Mukerkot yang diselenggarakan ini bertujuan untuk merencanakan program kerja Palang Merah Indonesia Kota Bukittinggi untuk tahun 2020, dalam Mukerkot ini kita saling memaparkan kinerja 2019 pada masing-masing bagian, seperti laporan kegiatan markas, Unit Donor Darah, Palang Merah Remaja maupun Program PMI Kecamatan dan unit-unit yang tergabung dalam PMI Kota Bukittinggi. Dari paparan itu nanti kita akan diskusi dan sharing bagaimana tindak lanjutnya untuk program 2020 nantinya, kata Ahmad Jais. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

35 Anggota DPRD Pasaman Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

35 Anggota DPRD Pasaman Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

PASAMAN - Ketua Pengadilan Negeri Lubuk Sikaping Cut Karnelia SH, MM. mengambil Sumpah/Janji 35 orang anggota Dewan...

Dituding Netizen Bermain Dalam Kasus Dokter Romi, Sekda Solok Selatan Meradang

Dituding Netizen Bermain Dalam Kasus Dokter Romi, Sekda Solok Selatan Meradang

SOLOK SELATAN -- Ulah postingan di media sosial, Sekda Solok Selatan meradang. Pasalnya dalam postingan salah satu...

Terkait Pengurusan Sertifikat Prona yang Belum Kunjung Usai, Ini Tanggapan BPN Pessel

Terkait Pengurusan Sertifikat Prona yang Belum Kunjung Usai, Ini Tanggapan BPN Pessel

PESISIR SELATAN - Berikut tanggapan Pihak Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan terkait Pemberitaan...

Empat Orang Pelaku Cuter Berhasil Diringkus Polres Agam, Dua Orang Dihadiahi Timah Panas

Empat Orang Pelaku Cuter Berhasil Diringkus Polres Agam, Dua Orang Dihadiahi Timah Panas

AGAM - Tim Satuan Reserse kriminal Kepolisian Resor (Satreskrim Polres) Agam berhasil meringkus 4 (empat) orang pelaku...

Ternyata Kota Pariaman Pernah Menjadi Pangkalan Pertama TNI AL di Pulau Sumatera

Ternyata Kota Pariaman Pernah Menjadi Pangkalan Pertama TNI AL di Pulau Sumatera

PARIAMAN - Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Danlantamal) II Padang, Laksamana Pertama TNI, Agus Sulaeman, letakan batu...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media