Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

PAUD Surya Kids Sekolah Orang Berdasi, Terapkan Ilmu Sains, Agama, Moral dan Karakter

Sabtu, 06 Juli 2019 - 08:43:40 WIB - 591
PAUD Surya Kids Sekolah Orang Berdasi, Terapkan Ilmu Sains, Agama, Moral dan Karakter
Ketua Yayasan Surya Insan Cendikia Muhammad Sawir Khan didampingi kepala sekolah PAUD TK Surya Kids, Suryanti.


BUKITTINGGI - Kompetensi anak didik juga perlu ditingkatkan dalam berfikir kritis, karakter moral, cinta tanah air, bertakwa pada Tuhan Yang Maha Esa, etos kerja, gotong-royong.

Hal ini disampaikan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (Dirjen PAUD dan Dikmas) Harris Iskandar di acara Apresiasi Guru Tenaga Kependidikan (GTK) PAUD dan Dikmas Berprestasi dan Berdedikasi ke-13 Tingkat Nasional di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) beberapa waktu lalu.

Harris Iskandar pun, berpesan dalam menghadapi Era Revolusi Digital tidak hanya peningkatan kompetensi anak didik dibidang keilmuan sains saja, tetapi juga pada pendidikan moral dan karakter.

Ungkapan Dirjen PAUD dan Dikmas ini menjadi acuan Paud/TK Terpadu Surya Kids salah satu institusi pendidikan generasi emas yang mempunyai program PAUD Formal, Taman Kanak-kanak A dan B, menempati rumah sekolah di jalan Soekarno Hatta No.84 Gang Swadaya Kecamatan Mandiangin Koto Selayan Kota Bukittinggi.

Kepada MinangkabauNews.com, Jumat (5/7/2019) di sekolah tersebut, Ketua Yayasan Surya Insan Cendikia Muhammad Sawir Khan didampingi kepala sekolah PAUD/TK Surya Kids, Suryanti mengatakan Alhamdulillah atas kepercayaan masyarakat khususnya orangtua murid untuk menyekolahkan anak-anaknya di sekolah mereka.

"Untuk itu kini kami mengembangkan institusi pendidikan PAUD/TK di tiga tempat di Kota Bukittinggi dan satu di Kota Padang. Selain PAUD/TK, Surya Kids juga membuka sekolah dasar hanya 2 rombel di Kota Bukittinggi, nanti berangsur-angsur menambah rombel," ungkap Sawir Khan.

Lebih lanjut dijelaskannya, untuk jangka panjang akan membuka PAUD/TK di seluruh Kabupaten/Kota, program dan lainnya tentunya dari pihak yayasan Surya Insan Cendikia, dengan sistim bermitra kepada masyarakat yang menginginkan bergerak dalam bidang pendidikan memakai nama Surya Kids.

"Untuk melekatkan penamaan kedaerahan Minangkabau, penamaan cabang-cabang memakai nama bahasa Minang, seperti PAUD/TK Surya Kids ciek, duo dan seterusnya," jelasnya.

Sementara itu kepala sekolah PAUD/TK Surya Kids, Suryanti mengatakan yang pertama menjaga mutu daripada pendidikan di sekolah, program pendidikan sekolah pun yang diterapkan disesuaikan, seperti ilmu sains, ilmu agama, moral dan karakter. Dalam satu tahun pembelajaran, ada khatam Iqra. Yang diutamakan adalah bacaan iqra agar anak-anak dapat menghafal dan memahami.

Selain itu, kata Suryanti, PAUD/TK Surya Kids juga memberikan pelajaran Tahfiz Al-quran, yang artinya anak-anak itu tidak terputus menghafal Al-quran sewaktu di PAUD/TK Surya Kids saja, setamat anak-anak itu dapat meneruskan pembelajaran Tahfiz Al-Quran setiap hari Minggu di PAUD/TK Surya Kids duo di simpang kapela dan juga menerima anak-anak di luar Surya Kids yang dibimbing guru mengaji (ustad).

"Mengenai pembelajaran tahfiz Al-quran yaitu juz 30, setengah dari juz 30 tersebut anak-anak PAUD/TK Surya Kids sudah dapat menghafalnya. Metode untuk pengeterapan kepada anak-anak itu, yaitu setiap hari anak-anak setor bacaan 2 ayat ke gurunya. Ujian bacaan Iqra dan tahfiz diadakan setiap enam bulan dengan penguji dari Dewan Dakwah. Suryanti menambahkan keterangannya, selain pembelajaran agama, dan sains, Surya Kids juga mempunyai sanggar tari dan sanggar seni," katanya.

Untuk menjaga mutu dan kepercayaan masyarakat, kesatuan dan persatuan serta jalinan kebersamaan pihak yayasan, sekolah dan tenaga pengajar dipertahankan. Mencurahkan pendidikan di Kota Bukittinggi agar pendidkan anak-anak usia dini atau yang dinamakan anak-anak generasi emas terlayani dengan baik di Surya Kids, pungkas Suryati. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wako Pariaman dan Rektor UNP Lakukan MoU di Bidang Tridharma Perguruan Tinggi

Wako Pariaman dan Rektor UNP Lakukan MoU di Bidang Tridharma Perguruan Tinggi

PARIAMAN - Walikota Pariaman Genius Umar membuka kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat sekaligus MoU Pemerintah...

Terkait Pengurusan Sertifikat Prona yang Belum Kunjung Usai, Ini Tanggapan BPN Pessel

Terkait Pengurusan Sertifikat Prona yang Belum Kunjung Usai, Ini Tanggapan BPN Pessel

PESISIR SELATAN - Berikut tanggapan Pihak Badan Pertanahan (BPN) Kabupaten Pesisir Selatan terkait Pemberitaan...

TNI Bersama Rakyat Dalam TMMD/N Ke 105 Tahun 2019, Sasar Kabupaten Agam

TNI Bersama Rakyat Dalam TMMD/N Ke 105 Tahun 2019, Sasar Kabupaten Agam

BUKITTINGGI -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bekerja sama menggelar program TNI Manunggal...

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

Pantai di Dusun Maosa Mentawai Mengalami Abrasi, Belasan Rumah Terancam Ambruk

MENTAWAI - Akibat gelombang serta air pasang yang tinggi, pantai di Dusun Maosa Desa Matobe Kecamatan Sipora Selatan...

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

Tertimpa Longsoran Batu, Operator Alat Berat Ditemukan Tak Bernyawa di Tanjuangbolik

LIMAPULUH KOTA - Pengerjaan proyek jembatan dan saluran drainase di tepi ruas jalan lintas negara Sumbar-Riau tepatnya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media