Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Kosmo

Tips Mengatasi Kebiasaan Buruk Agar Lebih Produktif

Minggu, 07 Juli 2019 - 21:12:46 WIB - 327
 Tips Mengatasi Kebiasaan Buruk Agar Lebih Produktif
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


TIPS - Tidak ada orang yang sempurna dan tidak memiliki kekurangan di dalam dirinya. Tidak hanya dalam hal kemampuan, tetapi juga bersikap. Pada interview kerja pun, tidak jarang kamu mendapat pertanyaan mengenai kekurangan di dalam diri. Ya, hal ini bisa berpengaruh bagi banyak orang, sih, terutama kalau kamu punya kebiasaan buruk yang bikin lingkungan sekitarmu jadi tidak kondusif.

Nah, untuk mengatasi kebiasaan buruk seseorang, ada berbagai hal yang bisa dilakukan. Jika tidak langsung teratasi sekalipun, setidaknya kebiasaan burukmu berkurang.
Beberapa orang mungkin cenderung punya kebiasaan buruk lari dari masalah, misalnya kamu pernah beli tiket bus primajasa untuk kabur dari pekerjaan di kantor. Yuk, ketahui cara mengatasinya!

1. Atasi kebiasaan buruk satu per satu

Pernah ditegur karena kebiasaan burukmu berdampak besar pada kepentingan orang banyak? Ya, dapat teguran bukan berarti orang membenci kamu, malahan orang itu peduli karena kamu diberikan pengingat untuk dapat bersikap lebih baik. Mungkin ada banyak hal yang disampaikan orang lain saat menegurmu. Namun, kamu bisa mengatasi masalah tersebut perlahan-lahan.

Nah, jangan sampai kamu terkungkung dengan banyaknya tuntutan yang muncul untuk dapat mengatasi kebiasaan burukmu sekaligus. Kamu tidak akan bisa langsung jadi orang yang sempurna dengan menghilangkan semua kebiasaan buruk. Kurangi satu per satu, misalnya dengan menghilangkan kebiasaan datang terlambat ke kantor di bulan ini, lalu biasakan untuk tidak menghabiskan waktu istirahat terlalu lama bulan depan, dan seterusnya sampai semua kebiasaan burukmu hilang.

2. Santai dan jangan menekan diri

Semakin kamu merasa tertekan, akan lebih banyak stimulus yang diterima oleh pikiran sehingga kamu kembali melakukan hal-hal buruk. Disadari atau tidak, perasaan stres bisa mengubah dinamika aktivitas dan juga cara bicara. Hal ini membuatmu kembali melakukan kebiasaan-kebiasaan buruk. Meskipun terlihat sepele, perubahan cara berperilaku juga bisa membuat kebiasaan burukmu kembali muncul dan jadi penghalang dalam melakukan aktivitas yang efektif bagi diri kamu dan juga kerja sama dengan orang lain.

3. Ubah lingkungan dan rutinitas

Punya kebiasaan buruk buka Instagram setiap kali merasa bosan? Hal ini bisa membuat aktivitasmu kurang produktif loh. Secara tidak sadar, sudah ada beberapa menit terbuang hanya untuk melihat konten yang sebenarnya sudah kamu lihat. Hal yang bisa kamu coba adalah dengan uninstall aplikasi, meski memang bisa di-install lagi, kamu akan membutuhkan lebih banyak effort untuk melakukannya. Nah, mengubah rutinitas seperti ini perlahan bisa membawa dampak positif bagi diri kamu untuk mulai tidak ketergantungan.

4. Cari aktivitas pengganti

Perhatikan hal-hal yang memicu diri kamu saat melakukan kebiasaan buruk. Misalnya, kamu punya kebiasaan buruk menyimpan handuk di atas tempat tidur. Jika hal ini disebabkan karena kamu sering bangun terlambat dan terburu-buru berangkat, ya, tidak heran kalau kamu tidak peduli kasurmu basah oleh handuk bekas mandi.

Nah, cobalah untuk mencuci atau mengganti seprai jika kamu meletakkan handuk di atasnya. Upaya ini akan lebih merepotkan, tetapi kamu tetap merasa nyaman atas "hukuman" tersebut. Ketimbang mengganti seprai, lebih baik simpan handukmu di tempat yang seharusnya sehingga tidak perlu mengganti seprai yang basah keesokan harinya.

Jika masih sulit untuk memperbaiki cara berperilaku saat kamu melakukan beberapa kebiasaan buruk, jangan merasa terpuruk. Belajarlah untuk memaafkan kesalahan diri kamu agar tidak semakin tertekan. Setelah itu, perbaiki kembali cara berperilaku kamu saat melakukan rutinitas sehari-hari. (rel)

Editor/Sumber: Reza S
Tag: indonesia,kosmo,metro,nasional,sosial

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Hati-hati, Terbukti Buang Sampah di Sungai Kota Padang Bisa Kena Denda Rp5 Juta

Hati-hati, Terbukti Buang Sampah di Sungai Kota Padang Bisa Kena Denda Rp5 Juta

PADANG -- Kesadaran masyarakat dalam hal menjaga dan memelihara kebersihan di Kota Padang saat ini masih terbilang...

Ketua KONI Sumatera Barat Dukung Visi Misi Walikota Padang Panjang Majukan Olahraga

Ketua KONI Sumatera Barat Dukung Visi Misi Walikota Padang Panjang Majukan Olahraga

PADANG PANJANG -- Ketua KONI Sumatera Barat Syaiful, SH, M. Hum mendukung penuh visi misi dan program Walikota Padang...

Gempa Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 3,3 Goyang Pariaman Pagi Ini, Kedalaman 14 Km

Gempa Hari Ini - BMKG Catat Gempa M 3,3 Goyang Pariaman Pagi Ini, Kedalaman 14 Km

PARIAMAN -- Gempa bumi dengan magnitudo 3,3 mengguncang Kota Pariaman, Sumatera Barat. Gempa ini tidak menimbulkan...

Kemarau Panjang Landa Solsel, Polres Gelar Doa Bersama Istisqa dan Bagikan Air Bersih Pada Warga

Kemarau Panjang Landa Solsel, Polres Gelar Doa Bersama Istisqa dan Bagikan Air Bersih Pada Warga

PADANG ARO -- Sudah hampir enam bulan lamanya masyarakat Kabupaten Solok Selatan (Sumbar) khusus di tiga kecamatan...

Rayakan HUT RI ke 74, SDN 11 Berkat Tuapejat Mentawai Adakan Beragam Perlombaan

Rayakan HUT RI ke 74, SDN 11 Berkat Tuapejat Mentawai Adakan Beragam Perlombaan

MENTAWAI - Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) RI, tak terlepas dari pertandingan seperti lomba pacu karung, makan kerupuk,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media