Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Tanpa Inovasi, Ketua DPRD Sebut OPD Kerja Asal Bapak Senang

Selasa, 09 Juli 2019 - 10:47:02 WIB - 841
Tanpa Inovasi, Ketua DPRD Sebut OPD Kerja Asal Bapak Senang
Ketua DPRD Pessel Dedi Rahmanto Putera ditemui diruang kerjanya.


PESISIR SELATAN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pesisir Selatan, Dedi Rahmanto Putera menilai anggaran yang diajukan Pemkab Pessel cenderung tanpa motivasi. Bagaimana tidak, kecenderungan itu terlihat dari program kegiatan yang diajukan masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sama dengan tahun sebelumnya.

"Kegiatannya hanya itu ke itu saja. Tidak ada inovasi. Yang dirubah hanya besaran anggaran saja," kata Dedi Rahmanto Putera pada wartawan di Painan, Selasa (9/7/2019).

Bahkan, menurutnya, persoalan itu berlangsung dan terus berulang setiap tahun. Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) seakan tidak bekerja.

"Akibatnya, program yang diajukan banyak yang tidak jalan. Bahkan, program dan kegiatan yang diajukan pengguna anggaran terkesan asal bapak senang," ucapnya.

Contohnya pada Event Festival Langkisau, jika pemerintah daerah tidak sanggup untuk melaksanakan, jangan diajukan dalam pembahasan anggaran.

"Karena memang betul. Kini masih banyak target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang belum tercapai," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Hadi Susilo mengungkapkan, pemerintah daerah telah memastikan Festival Langkisau 2019, batal.

Pembatalan tersebut sejalan dengan defisit anggaran, sehingga butuh efisiensi. Apalagi, sejumlah target pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) belum tercapai.

Sesuai ketentuan, tidak ada pembatalan kegiatan di tengah jalan. Apalagi, tanpa adanya persetujuan dari legislatif.

Pemerintah daerah hanya boleh mengalihkan kegiatan melalui Peraturan Kepala Daerah (Perkada).

"Tapi tanpa merubah substansi kegiatannya," tuturnya.

Menurutnya, Festival Langkisau merupakan salah satu event yang sudah masuk agenda tahunan sejak dulu. Bahkan, sudah menjadi ikon rutin yang dikenal dalam ajang promosi dan seni budaya.

Kendati demikian, ia menyayangkan kegiatan Festival Langkisau yang digelar pemerintah daerah tak ubahnya seperti pasar malam. Tapi dengan anggaran yang sangat besar.

"Kalau hanya seperti pasar malam, kenapa harus dengan biaya besar. Pemuda Punggasan saja bikin pasar malam tidak butuh anggaran besar," ucapnya.

Untuk itu, ia meminta agar penyusunan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Priorotas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) perubahan APBD 2019 dan seterusnya harus matang.

Seluruh jajaran OPD di pemerintah kabupaten agar tidak melakukan manipulatif, maupun copy paste dalam penyusunannya.

Dengan demikian penyusunan RKA tidak ada lagi yang sifatnya pengulangan program kegiatan. Bahkan, adanya kegiatan yang fiktif. Akan tetapi, harus lebih pada inovasi yang mengutamakan kepentingan rakyat.

"APBD harus memiliki outcome (hasil) yang benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Jangan untuk kepentingan kelompok dan golongan," tuturnya.

Semua OPD hendaknya memangkas setiap anggaran yang tidak menyentuh kebutuhan masyarakat seperti perjalanan dinas, honor dan lainnya yang berkaitan belanja pegawai.

Anggaran harus fokus pada program yang bersentuhan langsung untuk kesejahteraan masyarakat yang telah tertuang dalam RPJMD.

"Pokoknya sekali lagi saya tekankan, jangan lagi copy paste. Harus ada inovasi. Jangan asal bapak senang saja," tutupnya. (Rio)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pesisir-selatan

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Wilayah Sebagian Sumbar

BMKG Terbitkan Peringatan Dini Cuaca Ekstrem di Wilayah Sebagian Sumbar

PADANG -- Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrim yang...

Workshop Pengelola GSMS, Wabup Suhatri Bur: Jangan Sampai Kepsek Tak Paham

Workshop Pengelola GSMS, Wabup Suhatri Bur: Jangan Sampai Kepsek Tak Paham

PADANG PARIAMAN - Wabup Suhatri Bur, SE, MM membuka acara Workshop Gerakan Seniman Masuk Sekolah (GSMS) di Hotel Minang...

KBO Sat Lantas Polres Mentawai Ipda Januar Jadi Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke - 74

KBO Sat Lantas Polres Mentawai Ipda Januar Jadi Komandan Upacara Penurunan Bendera HUT RI ke - 74

MENTAWAI - Salah satu anggota Polres Mentawai menjadi Komandan Upacara Penurunan Bendera pada Hari Ulang Tahun (HUT) RI...

Pelantikan Anggota DPRD Padang 2019-2024 Belum Jelas, ini Kata Dirjen Otoda RI

Pelantikan Anggota DPRD Padang 2019-2024 Belum Jelas, ini Kata Dirjen Otoda RI

PADANG -- Menyikapi DPRD Padang periode 2014-2019 yang habis masa Jabatan pada tanggal 6 Agustus 2019 sementara DPRD...

Pelantikan Anggota DPRD Padang Periode 2019-2024 Hingga Saat ini Masih Belum Jelas

Pelantikan Anggota DPRD Padang Periode 2019-2024 Hingga Saat ini Masih Belum Jelas

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media