Saturday, 20 Jul 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Pemko Bukittinggi Lepas Keberangkatan 271 Jamaah Calon Haji, Wawako Pesankan Ini

Selasa, 09 Juli 2019 - 19:22:32 WIB - 320
Pemko Bukittinggi Lepas Keberangkatan 271 Jamaah Calon Haji, Wawako Pesankan Ini
Jamaah Calon Haji Kota Bukittinggi tertua dan termuda foto bersama Wali Kota, Wakil Wali Kota, Forkompinda, Kepala kantor kemenag dan ketua TP-PKK serta ketua GOW Bukittinggi.


BUKITTINGGI - Sebanyak 271 orang Jamaah Calon Haji (CJH) Kota Bukittinggi yang menunaikan ibadah haji tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi dilepas keberangkatannya oleh Wali Kota Bukittinggi Ramlan Nurmatias, Selasa (9/7/2019) di Auditodium Perpustakaan Nasional Bung Hatta.

Dalam arahannya dihadapan JCH, Wali Kota Ramlan Nurmatias mengatakan bagi JCH harus fokuskan selama menunaikan ibadah haji, tinggalkan pikiran-pikiran yang akan mengganggu ibadah, seperti barang-barang yang ada di rumah dan sebagainya, begitu juga pikiran pekerjaan.

Berbagi pengalaman saat waktu menunaikan ibadah haji, kata Ramlan Nurmatias pikiran dan hati sudah terkunci disana, sehingga jangan terganggu lagi dengan keberadaan rumah yang ditinggalkan.

Dipesankannya kepada jamaah untuk menjaga kesehatan, karena prosesi ibadah haji sangat berat. Termasuk juga menjaga pola makan dan apa yang dimakan nantinya, apalagi jarak lokasi pemondokan cukup jauh mencapai 5,4 kilometer.

"Juga jaga emosi, jaga hati dari amarah, sabar, niatkan beribadah, ikuti petunjuk dari pembimbing. termasuk jaga kebersamaan, saling memberi dan bekerja sama sesama jamaah karena perjalanan haji memakan waktu sebulan lebih," pesannya.

Selain itu Ramlan Nurmatias pun mendoakan, semoga jamaah calon haji berangkat dan pulang tetap seperti semula jumlahnya, semuanya dalam keadaan sehat, cukup dan tidak kurang satu apapun. Ramlan Nurmatias pun berharap, mohon doakan kami dan Kota Bukittinggi, menjadi Kota yang aman, baik dan maju, jauh dari marabahaya daan ancaman yang merongrong masyarakat. Disamping itu Pemerintah Kota akan mempersiapkan 7 kendaraan bus pada keberangkatan tanggal 13 menuju Kota Padang.

Sementara itu kepala kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi, H.Abrar Munanda, M.Ag mengatakan kepada MinangkabauNews.com seusai acara pelepasan, JCH Kota Bukittinggi yang berangkat menunaikan ibadah haji tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi menurut data yang ada seharusnya sebanyak 272 orang jamaah, karena ada satu orang yang satu orang JCH meninggal dunia, jadi kini sebanyak 271 orang jamaah.

"Dalam rombongan JCH Kota Bukittinggi terdapat Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) sebanyak 2 orang, petugas kloter sebanyak 5 orang, total keseluruhannya sebanyak 278 orang," katanya.

Dalam rombongan Jamaah Calon Haji Kota Bukittinggi tahun 1440 Hijriah/2019 Masehi terdapat jamaah tertua berusia 89 tahun atas nama Jamarun berangkat didampingi anaknya dan yang termuda berusia 23 tahun atas nama Nurul Yanas Asuhatri. Keberangkatan menuju embarkasih Kota Padang hari Sabtu tanggal 13 Juli 2019 pukul 07.00 Wib dari halaman kantor Balaikota lama jalan Jenderal Sudirman.

JCH Kota Bukittinggi jamaah terbanyak masuk kloter 9 yang nantinya bergabung dengan jamaah Kota Sawahlunto sebanyak 68 orang, dan jamaah dari Kota Padang untuk mencukupi jumlah 388 orang jamaah. Penempatan JCH Kota Bukittinggi untuk di Madinah yaitu hotelnya di wilayah Markaziyah dan di Mekkah penempatannya di sektor 3 di wilayah Sisyah di hotel 320 dan hotel 171 yang salng berdekatan. Keberangkatan dari BIM menuju Bandara King Abdul Aziz Saudi Arabia hari Ahad tanggal 14 Juli 2019 pukul 09.35 Wib.

Abrar pun berharap mudah-mudahan semua jamaah sehat semuanya, kompak dalam ikatan silaturahim yang kokoh, senasib dan sepanggungan, dan mudah-mudahan sempurna dalam menunaikan ibadah haji dan kembali di tanah air membawa predikat haji mabrur, harap Abrar Munandar.

Turut hadir Forkompinda, Ketua TP-PKK, Ketua GOW, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Bukittinggi serta jajarannya. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tingginya Harga Komoditi Mempengaruhi Inflansi di Kota Padang dan Bukittinggi

Tingginya Harga Komoditi Mempengaruhi Inflansi di Kota Padang dan Bukittinggi

PADANG - Masih tingginya sejumlah harga komoditi di beberapa pasar tradisional, membuat terjadinya inflansi di Kota...

Dukung Belitung Jadi UNESCO Global Geopark, GO-PAY Hadir di Festival Titik Temu Belitong

Dukung Belitung Jadi UNESCO Global Geopark, GO-PAY Hadir di Festival Titik Temu Belitong

BELITUNG -- GO-PAY kembali menunjukkan dukungannya pariwisata dan masyarakat Kabupaten Belitung. Kali ini, dukungan...

M. Joni Terpilih Jadi Ketua PWI Kabupaten Pessel 2019-2022

M. Joni Terpilih Jadi Ketua PWI Kabupaten Pessel 2019-2022

PESISIR SELATAN - Muhammad Joni yang merupakan Wartawan Harian Haluan terpilih sebagai Ketua Persatuan Wartawan...

Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kabag Ops, Kapolres Mentawai: Laksanakan Tugas Dengan Baik

Pimpin Sertijab Wakapolres dan Kabag Ops, Kapolres Mentawai: Laksanakan Tugas Dengan Baik

MENTAWAI - Polres Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Upacara Serah Terimah Jabatan (Sertijab) Wakapolres dari...

Ikuti Munas Adinkes Tahun 2019, Kadis Dinkes Mentawai Sampaikan Ini

Ikuti Munas Adinkes Tahun 2019, Kadis Dinkes Mentawai Sampaikan Ini

MENTAWAI - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai Lamuddin Siregar ikuti kegiatan Musyawarah Nasional...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media