Saturday, 20 Jul 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Horee, Mandeh Masuk Nominasi ISTA 2019

Rabu, 10 Juli 2019 - 20:43:36 WIB - 2117
Horee, Mandeh Masuk Nominasi ISTA 2019
Kawasan Objek Wisata Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan. (Dok Humas Pemkab Pessel)


PESISIR SELATAN -- KEMENTERIAN Pariwisata RI kembali menggelar Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2019. ISTA merupakan ajang penghargaan bagi destinasi wisata yang menimbulkan pemberdayaan ekonomi di masyarakat, hal ini membuktikan bahwa mandeh semakin dikenal dan diakui secara nasional.

Bupati Kabupaten Pesisir Selatan, Hendrajoni, menyebutkan, ajang ISTA 2019 diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata untuk ketiga kalinya tahun ini dan terbuka untuk seluruh pengelola destinasi pariwisata baik pengelola kawasan, agen travel, penyedia jasa, yayasan maupun masyarakat lokal.

Selain itu, lanjutnya ajang ISTA juga bertujuan untuk membangun dan meningkatkan kesadaran masyarakat serta para pelaku pariwisata mengenai pembangunan pariwisata berkelanjutan serta memberikan apresiasi kepada destinasi-destinasi yang telah menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan.

Terpilihnya sebanyak 37 destinasi yang ada di Indonesia masuk nominasi ISTA 2019 diantaranya, Lombok Barat, Desa Wisata Sesaot, Sumbawa Barat, Alam Asri Jelenga, Sikka, Desa Wisata Koja Doi, Raja Ampat, Budaya Sasi Masyarakat Adat Kepulauan Kafiau yakni kearifan lokal dalam konservasi dan pariwisata, Kampung Wisata Saproken Forest Park, Kelompok Geowisata Piaynemo. Selanjutnya, Manado, Siladen Resort dan Spa, serta Pesisir Selatan, Kawasan Mandeh.

"Diharapkan Kawasan Mandeh berhasil terpilih sebagai pemenang dalam ajang penghargaan ISTA 2019," ucapnya kepada berita MinangkabauNews.com, Rabu (10/7/2019.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pesisir Selatan Hadi Susilo mengatakan, proses pendaftaran peserta ISTA dilaksanakan di Kementerian Pariwisata RI pada Maret dan Mei lalu, selama masa pendaftaran, diperoleh peserta sebanyak 263 destinasi di Indonesia. Kemudian dilakukan seleksi dan hasilnya menetapkan menjadi 37 destinasi sebagai nominasi penerima ISTA, salah satunya Kawasan Mandeh, Kabupaten Pesisir Selatan.

Selanjutnya, destinasi wisata terpilih sebagai nominasi akan dilakukan penilaian oleh Tim dari ISTA.

Hadi menuturkan, untuk para pemenang ISTA nantinya akan diumumkan pada malam penganugerahan 27 September 2019. Serta berhak memenangkan hadiah dengan total Rp 1 miliar. Selanjutnya, pemenang berhak ikut ajang penghargaan serupa ditingkat ASEAN yaitu ASEAN Sustainable Tourism Award (ASTA).

"Pemberian penghargaan ISTA sejalan dengan rencana strategis pembangunan pariwisata nasional dan global yang menjadikan pariwisata berkelanjutan sebagai dasar dan arah pengembangan untuk membangun dan meningkatkan kesadaran, memberikan aprsesiasi untuk destinasi, mempromosikan destinasi, mengetahui destinasi yang telah menerapkan prinsip pariwisata berkelanjutan dan lainnya," tutupnya. (Rio)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: painan,pariwisata,pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Dinpar Padang Panjang Gelar Pelatihan Kuliner untuk Para Pengelola Pariwisata

Dinpar Padang Panjang Gelar Pelatihan Kuliner untuk Para Pengelola Pariwisata

PADANG PANJANG -- Dinas Pariwisata Padang Panjang menggelar pelatihan pengembangan destinasi wisata kuliner bagi pelaku...

Terkait Ranperda Jasa Umum, Pansus DPRD Pasaman Kunjungi Kabupaten Garut

Terkait Ranperda Jasa Umum, Pansus DPRD Pasaman Kunjungi Kabupaten Garut

PASAMAN - Pansus DPRD Kabupaten Pasaman yang terdiri dari 16 anggota dan 4 orang pendamping melakukan Kunjungan Kerja...

Tingkatkan Kualitas Rumah Layak Huni, Dinsos Pasaman Adakan Bimtek dan Sosialisasi

Tingkatkan Kualitas Rumah Layak Huni, Dinsos Pasaman Adakan Bimtek dan Sosialisasi

PASAMAN - Dinas Sosial Pasaman menggelar bimtek dan sosialisasi pelaksanaan pembangunan dan renovasi rumah tidak layak...

Wakil Bupati Pasaman Serahkan Bonus Kepada Atlit O2SN SD dan SMP

Wakil Bupati Pasaman Serahkan Bonus Kepada Atlit O2SN SD dan SMP

LUBUK SIKAPING - Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Wakil Bupati Pasaman Atos Pratama serahkan Bonus Atlit O2SN SD dan SMP...

Jelang Berakhirnya Program ASB di Mentawai, Tim Trainer ASB Harapkan Ini

Jelang Berakhirnya Program ASB di Mentawai, Tim Trainer ASB Harapkan Ini

MENTAWAI - Menjelang berakhirnya program Aibeiter Samariter Bund (ASB) untuk Indonesia khususnya di Kabupaten Kepulauan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media