Monday, 03 Aug 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Kegiatan Focus Group Discussion, Wawako Bukittinggi Katakan Ini

Kamis, 11 Juli 2019 - 22:30:31 WIB - 855
Kegiatan Focus Group Discussion, Wawako Bukittinggi Katakan Ini
Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi menjelaskan keberadaan kondisi pembangunan kembali pasar atas.


BUKITTINGGI - Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi menerima kedatangan Direktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Tim, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat beserta Tim, Pemerintah Kota Pariaman, dan seluruh peserta yang telah berkenan hadir di Kota Bukittinggi, Kamis (11/7/2019) dalam rangka berbagi ilmu dan sharing informasi terkait penyelenggaraan bangunan gedung melalui forum Focus Discussion Group (FGD) dengan tema "Simulasi Keselamatan Kebakaran dan Evakuasi Bangunan Pasar".

Dalam sambutannya Irwandi mengatakan Pemerintah, DPRD dan Masyarakat Kota Bukittinggi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat di bawah Pimpinan Bapak Presiden Ir.Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden Ir. M. Yusuf Kalla, terkhusus kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah berkenan mengalokasikan program dan kegiatannya diwilayah Kota Bukittinggi khususnya dalam rangka Pembangunan Kembali Pasar Atas yang sedang dalam proses pembangunan yang sama-sama bisa kita saksikan sekarang ini.

"Semoga kedepannya keberadaan bangunan Pasar Atas dapat memacu kembali peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan pasar yang representative dan modern yang dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang memadai dan ditunjang oleh konsep bangunan gedung hijau," katanya.

"Satu kabanggaan bagi kami, sesuai informasi yang kami terima bangunan pasar ini merupakan satu dari sedikit bangunan pasar di Indonesia yang telah menerapkan desain dan konsep bangunan gedung hijau," katanya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan Irwandi, Pasar Atas Bukittinggi merupakan salah satu pasar tertua di Sumatera Barat, yang dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1858. Dalam perkembangannya, Pasar Atas telah mengalami beberapa kali pembangunan dan pengembangan baik sebelum era kemerdekaan maupun setelah era kemerdekaan. Terakhir dibangun pada tahun 1972, setelah sebelumnya mengalami kebakaran yang menghanguskan semua toko atau los yang ada saat itu. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden RI, Bapak Soeharto pada tahun 1974.

Semenjak saat itu Pasar Atas mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menjadi icon dan salah satu sentra perdagangan terbesar di Sumatera Barat yang menjual berbagai produk berbagai industri kerajinan, seperti bordiran, sulaman, tenun, songket dan lainnya. Produk-produk tersebut tidak hanya dihasilkan di Kota Bukittinggi tapi juga Kabupaten/Kota lainnya di Sumatera Barat.

"Disamping itu, Pasar Atas juga telah berkembang sebagai salah satu tempat wisata belanja terkemuka di Sumatera Barat, hal ini didukung dengan keberadaannya yang terletak berhadapan langsung dengan Jam Gadang yang merupakan Landmark Kota Bukittinggi," pungkas Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Warga Bandar Lampung Digegerkan Penemuan Janin di Kambing Jantan Saat Disembelih

Warga Bandar Lampung Digegerkan Penemuan Janin di Kambing Jantan Saat Disembelih

BANDARLAMPUNG -- Heboh, Warga Perumahan Prasanti RT 01 Kelurahan Sukarame, Bandar Lampung, Lampung menemukan seekor...

Pemko Sawahlunto Terus Kembangkan BLK Setempat Jadi Technopark

Pemko Sawahlunto Terus Kembangkan BLK Setempat Jadi Technopark

SAWAHLUNTO -- Pemko Sawahlunto terus bergerak untuk mengoptimalkan potensi Balai Latihan Kerja (BLK) di Parambahan....

Gawat! Rusia Bakal Jual Sistem Rudal Terkuat di Dunia kepada India, China Meradang

Gawat! Rusia Bakal Jual Sistem Rudal Terkuat di Dunia kepada India, China Meradang

INTERNASIONAL - Ketegangan antara China dan India hingga saat ini masih belum usai. Armada militer kedua negara bahkan...

Tambah Satu Kasus dari Kasus Impor, Pesisir Selatan Resmi Jadi Zona Kuning

Tambah Satu Kasus dari Kasus Impor, Pesisir Selatan Resmi Jadi Zona Kuning

PESISIR SELATAN -- Pemerintah Provinsi Sumbar mencatat satu tambahan kasus baru pasien positif COVID-19 di Pesisir...

Masuki  Masa Libur Idul Adha, Sejumlah Objek Wisata Di Solok Selatan Mulai Ramai Dikunjungi Warga

Masuki Masa Libur Idul Adha, Sejumlah Objek Wisata Di Solok Selatan Mulai Ramai Dikunjungi Warga

SOLOK SELATAN -- Memasuki masa libur hari raya Idul Adha 1441 hijriah. Sejumlah objek wisata di Solok Selatan mulai...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu