Wednesday, 16 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

Kegiatan Focus Group Discussion, Wawako Bukittinggi Katakan Ini

Kamis, 11 Juli 2019 - 22:30:31 WIB - 716
Kegiatan Focus Group Discussion, Wawako Bukittinggi Katakan Ini
Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi menjelaskan keberadaan kondisi pembangunan kembali pasar atas.


BUKITTINGGI - Wakil Wali Kota Bukittinggi, Irwandi menerima kedatangan Direktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat bersama Tim, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah Sumatera Barat beserta Tim, Pemerintah Kota Pariaman, dan seluruh peserta yang telah berkenan hadir di Kota Bukittinggi, Kamis (11/7/2019) dalam rangka berbagi ilmu dan sharing informasi terkait penyelenggaraan bangunan gedung melalui forum Focus Discussion Group (FGD) dengan tema "Simulasi Keselamatan Kebakaran dan Evakuasi Bangunan Pasar".

Dalam sambutannya Irwandi mengatakan Pemerintah, DPRD dan Masyarakat Kota Bukittinggi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Pusat di bawah Pimpinan Bapak Presiden Ir.Joko Widodo dan Bapak Wakil Presiden Ir. M. Yusuf Kalla, terkhusus kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yang telah berkenan mengalokasikan program dan kegiatannya diwilayah Kota Bukittinggi khususnya dalam rangka Pembangunan Kembali Pasar Atas yang sedang dalam proses pembangunan yang sama-sama bisa kita saksikan sekarang ini.

"Semoga kedepannya keberadaan bangunan Pasar Atas dapat memacu kembali peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat melalui penyediaan pasar yang representative dan modern yang dilengkapi dengan fasilitas keamanan yang memadai dan ditunjang oleh konsep bangunan gedung hijau," katanya.

"Satu kabanggaan bagi kami, sesuai informasi yang kami terima bangunan pasar ini merupakan satu dari sedikit bangunan pasar di Indonesia yang telah menerapkan desain dan konsep bangunan gedung hijau," katanya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan Irwandi, Pasar Atas Bukittinggi merupakan salah satu pasar tertua di Sumatera Barat, yang dibangun pada masa kolonial Belanda tahun 1858. Dalam perkembangannya, Pasar Atas telah mengalami beberapa kali pembangunan dan pengembangan baik sebelum era kemerdekaan maupun setelah era kemerdekaan. Terakhir dibangun pada tahun 1972, setelah sebelumnya mengalami kebakaran yang menghanguskan semua toko atau los yang ada saat itu. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden RI, Bapak Soeharto pada tahun 1974.

Semenjak saat itu Pasar Atas mengalami perkembangan yang cukup pesat dan menjadi icon dan salah satu sentra perdagangan terbesar di Sumatera Barat yang menjual berbagai produk berbagai industri kerajinan, seperti bordiran, sulaman, tenun, songket dan lainnya. Produk-produk tersebut tidak hanya dihasilkan di Kota Bukittinggi tapi juga Kabupaten/Kota lainnya di Sumatera Barat.

"Disamping itu, Pasar Atas juga telah berkembang sebagai salah satu tempat wisata belanja terkemuka di Sumatera Barat, hal ini didukung dengan keberadaannya yang terletak berhadapan langsung dengan Jam Gadang yang merupakan Landmark Kota Bukittinggi," pungkas Wakil Wali Kota Bukittinggi Irwandi. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: bukittinggi,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Kak Seto Meriahkan Acara IMTF 2019 di Pasaman

Kak Seto Meriahkan Acara IMTF 2019 di Pasaman

PASAMAN -- Dr. Seto Mulyadi, S.Psi., M.Si. atau biasa dikenal dengan Kak Seto sang psikolog anak nasional, menjadi...

Tidak Memiliki Dokter Kulit dan THT, Pelayanan Pasien di RSUD Pariaman Tidak Optimal

Tidak Memiliki Dokter Kulit dan THT, Pelayanan Pasien di RSUD Pariaman Tidak Optimal

PARIAMAN - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pariaman milik Pememerintah Provinsi Sumatera Barat tidak miliki Dokter Kulit...

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

KSAL Dukung Peringatan Hari Nusantara 2019 di Kota Pariaman

PARIAMAN -- Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M mendukung penuh Peringatan Hari...

BPJS Kesehatan di Pesisir Selatan Minim Sosialisasi, Masyarakat Mengeluh

BPJS Kesehatan di Pesisir Selatan Minim Sosialisasi, Masyarakat Mengeluh

PESISIR SELATAN -- Masih kurangnya sosialisasi yang harus dilakukan BPJS Kesehatan, membuat masyarakat mengeluh....

Meriahkan Hut Kabupaten Mentawai ke 20, Dandim 0319 Mentawai Adakan Turnamen Futsal Antar SD

Meriahkan Hut Kabupaten Mentawai ke 20, Dandim 0319 Mentawai Adakan Turnamen Futsal Antar SD

MENTAWAI - Masih dalam rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) TNI yang ke - 74, Komandan Kodim (Dandim) 0319 Mentawai Didid...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media