Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bisnis

Untung-Rugi Memilih Perumahan Syariah

Senin, 15 Juli 2019 - 21:17:49 WIB - 1559
Untung-Rugi Memilih Perumahan Syariah
Ilustrasi (Foto: Dok. Istimewa)


BISNIS - Dewasa ini, beragam perumahan syariah hadir sebagai opsi tempat bermukim alternatif untuk masyarakat pencari properti khususnya properti pertamanya. Di Indonesia sendiri, perkembangan hunian syariah tergolong sangat masif dan tersebar hampir di seluruh penjuru wilayah.

Pengembangan perumahan syariah di Indonesia diketahui paling banyak terdapat di Pulau Jawa dengan Jawa Barat sebagai penyuplai terbanyak. Jika ditinjau secara spesifik, beragam proyek rumah dijual di Bogor tipe syariah adalah yang paling banyak dibanding wilayah-wilayah lainnya. Lokasi proyek rumah dijual di Bogor tipe syariah pun beragam, ada yang di perkotaan dan ada pula yang di wilayah pinggiran.

Popularitas rumah dijual di bogor atau hunian-hunian syariah di wilayah lain di Indonesia sebagai opsi hunian alternatif pada dasarnya disebabkan oleh keuntungan-keuntungan yang didapatkan dibanding hunian konvensional yang juga secara masif dikembangkan.

Meskipun keuntungannya baik dan tergolong banyak, bukan berarti hunian syariah tidak memiliki aspek negatifnya. Sebagai pertimbangan Anda sebelum memilih tipe hunian yang sedang populer ini, berikut adalah penjabaran untung-rugi dalam memilih perumahan syariah.

Untung

Bebas Riba
Keuntungan utama dari memilih perumahan syariah adalah Anda akan sangat jauh dari "riba" yang mana sangat dilarang oleh ajaran agama Islam. Perumahan syariah yang ada sekarang di Indonesia mayoritas telah lulus uji aspek-aspek syariah islamnya mulai dari cara membangun huniannya hingga skema pembayarannya.

Skema pembayaran untuk hunian syariah di Indonesia, pada dasarnya dibedakan menjadi dua, yakni lewat cash bertahap langsung ke developer maupun dengan platform Kredit Perumahan Rakyat Syariah.

Aturan Tunggakan
Keuntungan yang paling menarik dari memilih perumahan syariah adalah dalam aturan tunggakan angsuran. Keuntungan ini dapat Anda miliki jika memilih skema pembayaran cash bertahap sebagai pembiayaan hunian syariah. Jika dalam pembiayaan hunian konvensional lewat KPR terdapat pengenaan denda telat bayar cicilan sebesar 1-1,5% jika tidak bisa melunasi angsuran per bulannya, dalam perumahan syariah aturan tersebut tidak berlaku atau dihilangkan. Hal ini juga berlaku kepada aktivitas penyitaan hunian disaat kalian tidak mampu melunasi pembiayaan.

Developer syariah memberikan kemudahan bagi Anda yang mungkin sedang mengalami kesulitan bayar dengan memberikan waktu untuk menyelesaikan pembayarannya dalam waktu yang lain. Hal tersebut biasanya telah disepakati dalam kesepakatan sebelum melakukan akad rumah.

Jika ternyata Anda tidak bisa melunasi pembiayaan secara keseluruhan, bukan menyita hunian tersebut, developer akan menyarankan Anda untuk menjual rumah tersebut (jual over kredit). Hasil penjualan tersebut yang nantinya akan mengganti tunggakan-tunggakan angsuran yang tidak bisa Anda selesaikan.

Rugi

Bersosialisasi Diatur
Mayoritas perumahan syariah selalu menghadirkan sejumlah peraturan bersosialisasi yang berdasarkan syariat islam. Tidak ada maksud yang tidak baik dalam segala aturan dalam syariat islam, hanya saja jika peraturan tersebut menyinggung aspek privasi dari setiap keluarga, tentu akan sangat menjengkelkan.

Misalnya pada salah satu rumah dijual di Bogor tipe syariah di wilayah penyanggah. Developer mengharuskan siapapun pemukim yang bermukim di perumahan syariah tersebut harus mengikuti aktivitas keagamaan di tempat peribadatan (Masjid/Mushola).

Nominal Angsuran
Memang tidak salah jika dibilang hunian-hunian syariah banyak yang menawarkan banderolan harga keseluruhan yang tergolong murah dibanding dengan hunian konvensional pada umumnya. Namun percayakkah kalian bahwa nilai yang harus dibayarkan untuk hunian syariah ini dapat lebih berat dibanding hunian konvensional pada umumnya? Mari kita bahas seluruhnya!

Dalam poin keuntungan, telah disinggung ada dua cara pembayaran untuk unit-unit hunian syariah yakni cash bertahap langsung ke developer atau menggunakan fitur KPR Syariah.

Beratnya pembayaran yang dirasakan dalam skema cash bertahap adalah dari nominal per-bulannya yang dapat dikatakan tidak seringan dari fitur KPR. Cash bertahap dari developer biasanya memiliki waktu pelunasan yang lebih singkat dibanding fitur KPR.

Biasanya tenor yang diberikan oleh developer berada di kisaran 5 tahun dan sangat jarang yang melebihi tenggat waktu tersebut. Misalnya rumah dijual di Bogor syariah tadi dibanderol 200 juta, setidaknya setiap bulannya kalian harus mengeluarkan budget 3,4 juta untuk membayar angsuran kepada developer. Jika dibandingkan skema KPR konvensional dengan tenor jangka panjang, nominal angsuran per bulan akan sangat berbeda jauh perbandingannya.

Berbeda dengan skema hard cash yang memiliki nominal besar pembiayaan per bulan dibanding KPR konvensional, ada sebuah faktor dalam skema KPR syariah yang sedikit tidak lebih baik di banding KPR konvensional. Kekurangnnya cukup sederhana, yakni tidak ada promo-promo awal bayar yang bertugas meringankan pembayaran dikarenakan kesepakatan harga-sama dikarenakan bunga flat. (rel)

Editor/Sumber: Reza S
Tag: ekonomi,indonesia,metro

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

Warga Kota Painan Desak Pemkab Pessel Untuk Memperbaiki Drainase

PESISIR SELATAN - Sejumlah masyarakat Kota Painan, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, mengeluhkan...

Danrem 032 Wibraja Hadiri Upacara HUT RI ke 74 di Mentawai, Bupati Bangga

Danrem 032 Wibraja Hadiri Upacara HUT RI ke 74 di Mentawai, Bupati Bangga

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara...

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

Bupati Pasaman Resmikan Program Balada di RSUD Lubuk Sikaping

LUBUK SIKAPING - Inovasi baru, Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil bekerjasama dengan Rumah Sakit Umum Daerah...

Perayaan 3,5 Abad Kota Padang Tanpa Anggota DPRD Padang

Perayaan 3,5 Abad Kota Padang Tanpa Anggota DPRD Padang

PADANG -- Hari Ulang Tahun (HUT) ke-350 Kota Padang yang jatuh pada Rabu besok, 7 Agustus 2019, tidak seperti tahun...

Setelah Surati Presiden RI, Poktan ANRP Akan Turun ke Lahan HGU PT. Anam Koto

Setelah Surati Presiden RI, Poktan ANRP Akan Turun ke Lahan HGU PT. Anam Koto

PASAMAN BARAT - Kelompok Tani Anak Nagari Rantau Pasaman (Poktan ANRP), Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media