Sunday, 18 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Parlemen dan Parpol

Pemko-DPRD Sepakati KUA PPAS APBD Padang 2020 Sebesar Rp2,5 triliun

Selasa, 16 Juli 2019 - 20:14:20 WIB - 432
Pemko-DPRD Sepakati KUA PPAS APBD Padang 2020 Sebesar Rp2,5 triliun
Penandatangan nota kesepahaman kua-ppas 2020 bersama walikota padang mahyeldi dan ketua dprd elly thrisyanti serta wakil ketua dprd


PADANG -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar rapat paripurna penyampaian pendapat akhir fraksi-fraksi tentang Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) KUA-PPAS APBD tahun 2020 sebesar Rp2,570 triliun di Ruang Sidang Utama DPRD Padang, Jalan Sawahan No. 50, Sawahan Timur, Kecamatan Padang Timur, Jumat sore, (19/7/2019).

Paripurna itu dipimpin langsung Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti di dampingi Wakil Ketua DPRD Asrizal, Muhidi, Sekretaris Dewan Syahrul dan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah, diikuti para anggota DPRD serta dihadiri unsur Forkopimda Padang, Pimpinan OPD, Stakeholder terkait di lingkup Pemko Padang.

Ketua DPRD Kota Padang, Elly Thrisyanti menyampaikan, seluruh fraksi DPRD Padang sepakat sehingga kita dapat mengesahkan KUA-PPAS APBD tahun 2020. Kendati demikian DPRD tetap memberikan berbagai catatan penting pada Pemko Padang.

"DPRD Padang tetap memberikan berbagai catatan penting bersifat kritisi berupa masukan yang bertujuan untuk membangun. Terutama bagi sejumlah OPD penghasil-penghasil pendapatan agar perlu digenjot lagi dari yang sudah ada sekarang ini. Sehingga target PAD sebesar Rp881,99 miliar itu dapat tercapai. Kalau tidak ada uang bagaimana kita akan membangun kota ini lebih baik lagi kedepannya," ujar Srikandi DPRD Padang ini.

"Untuk itu pihaknya berharap agar pemerintah kota melakukan evaluasi terhadap OPD yang masih rendah pencapaian PAD nya, baik dinasnya, personalnya maupun kegiatannya," sebut politisi Gerindra ini.

Selain itu tambah Elly Thrisyanti, "Jika ada peluang-peluang investasi dari luar yang tujuannya untuk pembangunan Kota Padang lebih baik, ya kenapa tidak.

Tetapi tentunya kita tidak boleh sembarangan menarik investor-investor tersebut untuk membuat MoU. Perlu pengawalan yang baik sehingga berdampak aman khususnya bagi Kota Padang sendiri," pungkasnya.

Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, hari ini Pemerintah Kota Padang dan DPRD Kota Padang telah menyelesaikan suatu tugas penting dalam tahap proses penyusunan APBD tahun 2020 yaitu penetapan kesepakatan KUA dan PPAS APBD tahun 2020.

Penyusunan KUA dan PPAS APBD tahun 2020 ini telah mengalami proses yang diawali penyampaian secara resmi oleh Pemerintah Kota Padang pada 8 Juli 2019 lalu.

"Untuk itu, atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anggota DPRD yang terhormat, yang telah bekerja keras dan secara maraton membahas KUA dan PPAS APBD pada tahun 2020. Dan semoga apa yang kita buat ini akan memberikan kemajuan terhadap Kota Padang di masa-masa mendatang," sebutnya.

Mahyeldi menjelaskan, kebijakan umum prioritas dan plafon anggaran sementara APBD tahun 2020 ini terdiri dari kebijakan pendapatan daerah, kebijakan belanja daerah dan kebijakan pembiayaan daerah. Untuk Pendapatan asli daerah, pendapatan yang akan diterima bersumber dari pajak daerah, retribusi daerah, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan lain-lain pendapatan asli daerah.

Lebih jauh dijelaskan Mahyeldi, pada tahun 2020 pendapatan daerah direncanakan sebesar Rp2,570 triliun. Jika dibandingkan penerimaan tahun 2019 sebesar Rp2,679 triliun. Pendapatan ini mengalami penurunan sebesar Rp109,27 miliar rupiah atau turun sebesar 4,08%.

Rencana pendapatan ini bersumber dari pendapatan asli daerah sebesar Rp881,99 miliar, dana perimbangan sebesar Rp1,417 triliun dan lain-lain pendapatan yang sah sebesar Rp270,68 miliar.

Ia mengungkapkan berdasarkan kebijakan dan ketentuan tahun 2020 pada KUA PPAS di tetapkan anggaran belanja sebesar Rp2,628 triliun rupiah. Jumlah anggaran tersebut dialokasikan untuk belanja tidak langsung sebesar 1,275 triliun rupiah atau sebesar 48,51% dan belanja langsung sebesar Rp1,353 triliun rupiah atau sebesar 51,49% dari total APBD.

Selanjutnya, belanja langsung yang dialokasikan penggunaannya diarahkan untuk mendukung beberapa kegiatan dalam rangka mengatasi berbagai permasalahan aktual yang dihadapi. Alokasi anggaran tersebut didistribusikan ke dalam urusan wajib dan pilihan yang dilaksanakan pada masing-masing OPD.

"Proses pembahasan KUA-PPAS APBD tahun 2020 ini cukup alot dan berat. Hal ini disebabkan keterbatasan kemampuan keuangan saat ini dan beberapa kebijakan strategis yang dilakukan Pemerintah Kota Padang dalam rangka pencapaian target RPJMD 2019-2024," tuturnya.

Dalam Rapat tersebut dilakukan penandatanganan nota kesepakatan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon dan Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD tahun 2020 antara Pemko Padang dan DPRD Kota Padang dan penandatanganan kesepakatan bersama pembangunan gedung baru kantor DPRD Kota Padang dengan penganggaran tahun jamak (multy year). (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: legislator,metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Asyik Berjudi, Lima Orang Warga Tigo Nagari Pasaman Diringkus Polisi

Asyik Berjudi, Lima Orang Warga Tigo Nagari Pasaman Diringkus Polisi

PASAMAN - Sebanyak 4 orang pelaku judi dan pemilik warung YDI diamankan Satreskrim Polres Pasaman, Sabtu (17/08 /2019)...

Pemerataan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, 74 KPM PKH di Padang Pariaman Dirotasi

Pemerataan Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat, 74 KPM PKH di Padang Pariaman Dirotasi

PADANG PARIAMAN - Sebanyak 74 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) telah mengundurkan diri...

Kegiatan Organisasi Kemanusian Asal Jerman di Mentawai Usai, ASB Serahkan Ini

Kegiatan Organisasi Kemanusian Asal Jerman di Mentawai Usai, ASB Serahkan Ini

MENTAWAI - Dengan berakhirnya masa Kegiatan Organisasi kemanusian asal Jerman. Aibeiter Samaritet Bund (ASB) gelar...

30 Siswa Tingkat SMA dan SMP di Kepulauan Mentawai Direkrut Jadi Anggota PKS

30 Siswa Tingkat SMA dan SMP di Kepulauan Mentawai Direkrut Jadi Anggota PKS

MENTAWAI - Polres Mentawai melalui Sat Lantas dan Sat Binmas, merekrut Siswa tingkat SMA dan SMP untuk menjadi anggota...

Inilah Pentingnya Vitamin A dan Obat Cacing bagi Bayi dan Balita

Inilah Pentingnya Vitamin A dan Obat Cacing bagi Bayi dan Balita

PARIAMAN -- Di Indonesia, Pemerintah melalui Kementrian Kesehatan telah menetapkan Bulan Kapsul Vitamin A jatuh pada...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media