Monday, 19 Aug 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Bangkitkan Nasionalisme Kalangan Milenial, Dispora Padang Gelar Napak Tilas Bagindo Aziz Chan

Rabu, 17 Juli 2019 - 11:45:23 WIB - 309
Bangkitkan Nasionalisme Kalangan Milenial, Dispora Padang Gelar Napak Tilas Bagindo Aziz Chan
Suasana media center, rabu, (17/7)


PADANG -- Lomba napak tilas perjuangan Bagindo Aziz Chan XV tahun 2019 kembali dihelat pada 18 Juli 2019.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangkit rasa nasionalisme dan nilai-nilai kebangsaan di kalangan generasi milenial.

Plh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang, Dedi Henidal menggelar pendaftaran Lomba Napak Tilas Bagindo Aziz Chan 2019 dilakukan sejak tanggal 1-17 Juli 2019, sedangkan pertandingannya akan digelar Besok Kamis, 18 Juli 2019.

Dedi Henidal menjelaskan, lomba nantinya akan dimulai Kamis malam (18/7/2019) dengan star di Lapangan Parkiran Kantor Utama PT Semen Padang di Indarung sekira pukul 21.00 WIB. Setelah melalui perjalanan panjang, lalu berakhir di Rumah Sakit Tentara Dr Reksodiwiryo Ganting.

Menurutnya, lomba napak tilas yang rutin digelar tiap tahun itu, sejatinya bertujuan untuk menghidupkan kembali jiwa-jiwa perjuangan pahlawan nasional Bagindo Aziz Chan yang juga Wali Kota Padang kedua.

"Banyak kisah perjuangan dan hal positif lainnya yang dapat kita ambil dari semasa hidup beliau untuk dapat kita implementasikan dalam kehidupan kita saat ini dan hingga masa-masa mendatang. Mungkin hampir semua warga Kota Padang mengetahui siapa Bagindo Aziz Chan, karena setiap tahunnya kita memperingati hari gugurnya yang jatuh setiap 19 Juli 2019," tuturnya.

Lomba Napak tilas Bagindo Aziz Chan XV berbeda dengan sebelumnya. Nanti akan diperlombakan foto-foto selama perjalanan Napak Tilas yang akan dinilai berdasarkan like dan juri nantinya. "Lomba ini sangat menitik beratkan pada pakaian perjuangan," terangnya.

Hadiah untuk pemenang napak tilas berupa sepeda 7 unit untuk juara 1dan 2, televisi 7 Unit untuk juara 3, kulkas 7 unit untuk juara 4 , kipas angin 7 unit juara 5 dan untuk foto di medsos 1 unit kulkas serta hadiah hiburan lainnya.

Ada pun Rute Napak Tilas Start di Lapangan Parkir PT Semen Padang - Jalan Raya Padang Solok - Simpang PDAM Ulu Gadut - Jalan Raya - Jalan Baru Perumnas Indarung Gadut.

Simpang Perumahan Nuasa Jalan Rindang Alam - Perumahan Rindang Alam MTS Limau Manih. Terowongan Kampus Unand - Jalan Kampus Pasa Baru - Simpang Jembatan Kuranji - Simpang Gunung Nago Simpang Kuranji.

Lalu, berlanjut ke Taman Makam Pahlawan Kuranji - Perum Kemilau Permata - Jalan Korong Gadang - DLH Kota Padang Simpang SMA 5.

Simpang Jalan Korong Gadang Bypas Pilakut - Jalan Kalumbuak - Simpang Perumahan Kip - PDAM Sawah Liek - Jalan Kandih Simpang Tinju - Lapai - Simpang Lamun Ombak - Jalan S Parman - TMP Kusuma Bangsa Simpang Pasar Ulak Karang NPM.

Jalan Samudra - Pariwisata Sumbar - Jl Pancasila LKAAM Sumbar - SMA Don Bosco -Tugu Gempa - Yayasan Prayoga - Hotel Bumi Minang - Kantor POM AD - Simpang Karya. Makodim 0312/Padang- Restoran Haus Tea - Masjid Raya Nurul Iman - Jalan Husni Thamrin - Bagindo Aziz Chan - Parkiran Belakang Grand Zuri - RST Mesjid Raya Ganting - dan finish di RST Reksodiwiryo.

Ditempat Finish akan ditayangkan film dokumenter perjuangan Bagindo Chan. Kemudia tanggal 19 Juli pagi hari, kegiatan dilanjutkan dengan upacara bendera memperingati gugurnya Bagindo Aziz Chan. Lalu dilanjutkan dengan penyerahan hadiah pemenang napak tilas. Setelah itu ziarah ke makam Bagindo Aziz Chan di Kota Bukittinggi. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Gubernur : Ulama Seperti Suluh Dalam Bangunan ABS-SBK

Gubernur : Ulama Seperti Suluh Dalam Bangunan ABS-SBK

BUKITTINGGI -- Gubernur Sumbar H. Irwan Prayitno menegaskan betapa pentingnya peran ulama, kiai, dan tokoh agama dalam...

Danrem 032 Wibraja Hadiri Upacara HUT RI ke 74 di Mentawai, Bupati Bangga

Danrem 032 Wibraja Hadiri Upacara HUT RI ke 74 di Mentawai, Bupati Bangga

MENTAWAI - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai gelar Upacara memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Negara...

Padang Pariaman Punya PSC 119 Papa Tangkas Gada, Apa Itu?

Padang Pariaman Punya PSC 119 Papa Tangkas Gada, Apa Itu?

PADANG PARIAMAN - Sejak beberapa waktu terakhir slogan PSC Papa Tangkas Gada begitu menggema di Padangpariaman, namun...

Bahas Kelanjutan Ranperda KTR Bersama DPRD, Bupati Mentawai: Ini Sudah Lama Kita Gagas

Bahas Kelanjutan Ranperda KTR Bersama DPRD, Bupati Mentawai: Ini Sudah Lama Kita Gagas

MENTAWAI - Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Mentawai bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Mentawai,...

50 Hektare Kawasan Hutan Produksi Konversi di Pessel Terbakar

50 Hektare Kawasan Hutan Produksi Konversi di Pessel Terbakar

PESISIR SELATAN - Sekitar 50 hektare kawasan hutan produksi konversi (HPK) di Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media