Thursday, 09 Apr 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Padang

Kenalkan ABS-SBK pada Generasi Milenial, Galemang Expo 2019 Tampilkan Pentas Seni dan Produk UMKM

Sabtu, 27 Juli 2019 - 09:05:31 WIB - 414
Kenalkan ABS-SBK pada Generasi Milenial, Galemang Expo 2019 Tampilkan Pentas Seni dan Produk UMKM
Ketua dan sekretaris panitia bersama staf ahli Pemkab Agam, Camat Kamang Magek, Wali Nagari kamang Hilir, Ninik Mamak


BUKITTINGGI -- Upaya lestarikan ABS-SBK, Pemuda-pemudi Kanagarian Kamang Hilir Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam menggelar Galemang Expo tahun 2019 di halaman kantor Camat setempat, Jumat, (26/7) hingga Minggu, (28/7). Pentas seni dan bazar anak Nagari Kamang Hilir ini mengusung tema Menggali Potensi Generasi Untuk Nagari Berprestasi.

Staf Ahli Pemerintahan Kabupaten Agam Budi Perwiranegara, mengatakan Pemerintah Kabupaten Agam sangat menyambut positif kegiatan ini dalam rangka kita menggali potensi-potensi yang ada di Nagari yang perlu kita kembangkan dan peningkatan. Melalui kesenian tradisioanl ini dapat membentuk karakter budaya.

"Kita menyadari bahwa kesenian merupakan kebutuhan manusia dan merupakan aspek yang berpengaruh dalam pembentukan pembangunan warak-watak yang juga mempunyai arti penting dalam memperkuat ketahanan nasional," ujarnya.

Budi Perwiranegara menyampaikan kegiatan ini yang sangat positif karena dapat menumbuhkembangkan potensi-potensi yang ada di Nagari dan bagaimana generasi muda bisa mencintai dan melestarkan nilai-nilai kesenian dan kebudayaan serta mengantisipasi perkembangan globalisasi sekarang ini.

"Melihat potensi yang ada di Nagari ini, bisa kita kembangkan lebih luas lagi baik di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Antusias warga masyarakat Nagari Kamang Hilir dan sekitarnya sangat tinggi dan sangat luar biasa dalam mendukung kegiatan ini, terlihat banyak peserta yang mengikuti pentas seni dan pameran produk UMKM," jelas Budi Perwiranegara.

Camat Kamang Magek, Rio Eka Putra mengapresiasi kegiatan yang diadakan pemuda-pemudi Kamang Hilir guna melestarikan seni budaya dan produk lokal minangkabau, kami memfasilitasi tempat halaman kantor Kecamatan untuk dipergunakan pagelaran pentas seni budaya dan produk lokal Minangkabau. Kegiatan ini sangat positif dikalangan generasi muda yang kini rentan terhadap pengaruh budaya asing, ucap Camat Kamang Magek.

Sementara itu Wali Nagari Kamang Hilir, Khudri Elhami menjelaskan Pagelaran ini diadakan dalam rangka momentum perayaan Perang Kamang 1908 yang ke-111 tahun dan menyambut perayaan Hari Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74 tahun, jadi dua makna ini mempunyai arti penting bagi generasi muda Kamang Hilir. "Sebagai generasi muda tentunya harus melestarikan nilai-nilai budaya Minangkabau, jangan sampai terpedaya dengan pengaruh budaya asing," kata Khudri Elhami.

Ketua Panitia Galewang Expo 2019 Nagari Kamang Hilir, Novrizal Kari Mudo menyampaikan pada pentas seni ini akan dipagelarkan silat tradisional dengan mengundang beberapa perguruan silat dari Kota Solok dan Kota Bukittinggi.

Selain itu juga diadakan donor darah bekerjasama dengan PMI Kota Bukittinggi, Bazaar UMKM, lomba lagu, puisi, tari, pasambahan, dan penutupan akan tampil bintang tamu West Sumatra Sound Aesthetic (WESSA) Foundation dari ISI Padang Panjang.

Perhelatan ini dihadiri Bupati Kabupaten Agam yang diwakilkan Staf Ahli Pemerintah Kabupaten Agam, Budi Perwiranegara, M.Si, Camat Kecamatan Kamang Magek Kabupaten Agam, Rio Eka Putra, S.I.P, M.Si, Wali Nagari Kamang Hilir, Khudri Elhami, S.Pt, Ketua panitia Galewang Expo 2019 Nagari Kamang Hilir, Novrizal Kari Mudo, sekertaris, Fakhrur Rozi, Camat se-Kecamatan Kabupaten Agam dan undangan. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: bukittinggi,metro,minangkabau,seni-budaya,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Inilah Daftar Koruptor Lansia yang Diusulkan Bebas Gara-gara Corona

Inilah Daftar Koruptor Lansia yang Diusulkan Bebas Gara-gara Corona

NASIONAL - Indonesia Corruption Watch (ICW) merilis daftar narapidana koruptor yang berusia di atas 60 tahun. Rilis ICW...

Masyarakat Sumatera Barat Harus Bersatu Melawan Virus Corona

Masyarakat Sumatera Barat Harus Bersatu Melawan Virus Corona

Oleh: Genius Umar Covid-19 merupakan pendemi dan musuh kita bersama. Covid-19 tidak hanya menguji sistem kesehatan,...

Apa Benar Kini Ada 150 Orang Indonesia Kebal Virus Corona?

Apa Benar Kini Ada 150 Orang Indonesia Kebal Virus Corona?

NASIONAL - Jumlah penderita Virus Corona atau COVID-19 di Indonesia terus bertambah data terbaru yang disiarkan Gugus...

Yuk Intip Khasiat Juara Beras Merah yang Jarang Diketahui

Yuk Intip Khasiat Juara Beras Merah yang Jarang Diketahui

Oleh: Febria Mayang Rahayu Beras adalah bahan makanan pokok yang keberadaannya sangat penting dan sangat dibutuhkan...

Seluruh Tahapan Pilkada Sumbar Dihentikan, Komisioner KPU Berkerja dengan Daring

Seluruh Tahapan Pilkada Sumbar Dihentikan, Komisioner KPU Berkerja dengan Daring

Padang -- Menyikapi instruksi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI terkait upaya pencegahan penyebaran Corona Virus Disease...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu