Tuesday, 12 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Bukittinggi

TNI Bersama Rakyat Dalam TMMD/N Ke 105 Tahun 2019, Sasar Kabupaten Agam

Kamis, 01 Agustus 2019 - 14:48:06 WIB - 415
TNI Bersama Rakyat Dalam TMMD/N Ke 105 Tahun 2019, Sasar Kabupaten Agam
Keterangan foto : TNI bersama masyarakat bekerja sama mengerjakan pengecoran jalan


BUKITTINGGI -- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bekerja sama menggelar program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke-105 tahun ini.

TMMD dilaksanakan di Jorong Sungai Puar Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam dan mulai digelar pada 10 Juli hingga 8 Agustus 2019

Berdasarkan Rapat Koordinasi (Rakor) TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) ke-105 Tahun 2019 yang berlangsung di aula kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat tanggal 1 Juli 2019, untuk pelaksanaan TMMD/N ke 105 tahun 2019.

Program TNI Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD/N) dapat terlaksana dengan baik berkat adanya kerjasama yang saling mendukung dari semua unsur baik itu TNI, Pemerintah Daerah maupun masyarakat sekitar desa setempat.

Komandan Kodim (Dandim) 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.Ip mengatakan pelaksanaan TMMD/N ke 105 mulai tanggal 10 Juli 2019 dan berakhir tanggal 8 Agustus 2019, kegiatan yang dilakukan anggota Kodim 0304/Agam adalah kegiatan fisik dan non fisik. Kegiatan fisik mengerjakan pembukaan dan pengecoran jalan tanah sepanjang 2,2 kilometer, bedah rumah sebanyak 6 unit dan 1 unit Mushalla tempat ibadah umat Islam.

Kegiatan non fisik, lanjut Dandim 0304/Agam, melakukan Penyuluhan Antisipasi Narkoba dan Sosialisasi Pencanangan Desa Bersih Narkoba (Bersinar) Tahun 2019, Wawasan Kebangsaan untuk siswa SMA Negeri 1 Palembayan. Menggelar Sosialisasi pengelolahan sampah untuk lingkungan hidup yang lebih baik sehat dan berkelanjutan dari Provinsi Sumatera Barat serta memberikan sosialisasi-sosialisasi mengenai pupuk bios 44 yang disampaikan kepada masyarakat, ucap Dandim 0304/Agam Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro, S.Ip.
Pada TMMD/N di Jorong Sungai Puar, anggota Kodim 0304/Agam bersama-sama masyarakat mengerjakannya di siang hari, dengan kebersamaan inilah menjadi harmonis. "Bersama Rakyat TNI Kuat". Manunggalnya TNI dan rakyat harus dipertahankan selamanya. untuk kepentingan NKRI agar tetap berdaulat.
Sedangkan di malam hari secara bergantian anggota Kodim 0304/Agam tanpa kenal lelah untuk kepentingan masyarakat, melanjutkan pekerjaan. Dan anggota Kodim 0304/Agam yang beristirahat di rumah masyarakat berpadu TNI bersama masyarakat.

"Melalui Program TNI Manunggal Membangun Desa, Kita Tingkatkan Imunitas Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Masyarakat, sebagai salah satu wujud bakti TNI dengan segenap komponen bangsa lainnya secara terpadu maupun berkesinambungan dalam upaya akselerasi pembangunan di daerah, TMMD/N bertujuan untuk menyongsong kesejahteraan bagi kehidupan rakyat, pembangunan meliputi sasaran fisik maupun non fisik," ujarnya

Sementara itu Pasiter Kodim 0304/Agam Kapten Inf Chairul Muhammad menjelaskan pelaksanaan TMMD/N ke 105 tahun 2019 di Jorong Sungai Puar Nagari Sungai Puar Kecamatan Palembayan Kabupaten Agam, mulai dari prosedur pelaksanaannya dari awal sudah melaksanakan koordinasi dengan Pemerintah Daerah melalui SKPD.
Adapun sasaran-sasaran pokok yang dikerjakan pembukaan dan pengecoran jalan tanah sepanjang 2,2 kilometer dengan lebar badan jalan 10 meter, hamparan 7 meter.

Kemudian rabat beton lebar 3 meter dengan panjang 2,2 kilometer, selain itu sasaran pokok lainnya di sepanjang jalan itu dibuatkan saluran dam air berada di titik 180 dengan panjang 20 meter lebar 80 centimeter dan kedalaman 60 centimeter. Kemudian rabat beton dengan panjang 30 meter tinggi 3 meter. Dan ada juga 2 titik gorong-gorong sudah selesai dikerjakan termasuk klonengnya, pemasangan di titik 550 ada pasang batu bentuk V. Di titik 1050 pemasangan dam air dengan panjang 50 meter tinggi 3 meter.

Dan sasaran-sasaran tambahan pokok yang menyangkut fisik ada 6 RTLH, 1 unit Mushalla yang dibangun sekaligus tempat berwudhuk, pekerjaan ini sampai tanggal 29 Juli 2019 sudah mencapai bobot 90 persen dan kini sedang pemasangan lantai keramik.
Selanjutnya Chairul Muhammad mengatakan intinya kita melaksanakan TMMD/N ke 105, pertama tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan para petani khususnya akses jalan guna mempermudah mereka untuk menuju lokasi tempat mereka bertani sehingga meningkatkan hasil pertanian atau produksi yang ada di Jorong Sungai Puar.

Dengan TMMD/N, tentunya Kodim menginginkan adanya peningkatan perekonomian kesejahteraan masyarakat setempat. Masyarakat sangat bersyukur dan berterima kasih sekali dengan adanya kegiatan TMMD/N banyak manfaat-manfaat yang mereka rasakan, terutama mereka senang lebih dekat mengenal kehidupan seorang prajurit. Di waktu isitirahat siang maupun tidur malam di rumah masyarakat, begitupun makan bersama masyarakat setempat, ungkap Chairul Muhammad.

Wali Nagari Sungai Puar Nofiardi, Tk.Sutan menyampaikan bobot pekerjaan untuk pengecoran jalan sampai saat ini tanggal 29 Juli 2019 sudah mencapai 80 persen, bedah rumah sebanyak 5 rumah sudah hampir selesai semuanya, satu rumah yang sudah selesai seratus persen, begitu juga tempat ibadah sudah hampir selesai.

"Sebagai Wali Nagari Sungai Puar dan masyarakat mengucapkan terima kasih dan bersyukur pada Allah dengan hadirnya tentara manunggal membangun Nagari yang dinamakan TMMD/N ke 105 di Jorong Sungai Puar Nagari Sungai Puar, kegiatan ini jelas membawa dampak positif terhadap masyarakat terbukanya jalan dengan panjang 2,2 kilometer lebar 10 meter. Terbukanya akses jalan ini dapat meningkatkan perekonomian kesejahteraan masyarakat yang bertani tembakau, pisang dan durian," pungkas Nofiardi, Tk.Sutan. (Iwin SB)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: agam,bukittinggi,indonesia,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Polres Pasaman Barat Lakukan Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

Polres Pasaman Barat Lakukan Bedah Rumah Warga Kurang Mampu

PASAMAN BARAT - Alangkah bahagianya, Kulyuno (45) warga Jambak Jalur IV Timur, Jorong Jambak Selatan, Nagari Persiapan...

Malam Penganugerahan Penghargaan Indonesia Beauty Award 2019

Malam Penganugerahan Penghargaan Indonesia Beauty Award 2019

...

Mendulang Pahala Dengan Sebar Konten Positif Demi Wujudkan Indonesia Maju

Mendulang Pahala Dengan Sebar Konten Positif Demi Wujudkan Indonesia Maju

Oleh : Amalia Hasti Dunia maya kita sedang dilanda penyakit hati. Sampah informasi bertebaran secara masif tanpa...

Ketum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo Terima Penghargaan Kategori Most Inspiring Women of the Year 2019

Ketum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo Terima Penghargaan Kategori Most Inspiring Women of the Year 2019

JAKARTA -- Ketum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo Menerima Penghargaan Kategori Most Inspiring Women of the Year 2019 pada...

Operasi Zebra Singgalang, Kapolres Agam: Jumlah Tilang Meningkat Dari Tahun Lalu

Operasi Zebra Singgalang, Kapolres Agam: Jumlah Tilang Meningkat Dari Tahun Lalu

AGAM - Jumlah tilang meningkat 30 persen dari tahun sebelumnya di wilayah hukum Polres Agam dalam rangka Operasi Zebra...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media