Saturday, 16 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Pasukan Inti Pengibar Bendera di Tanggerang Selatan Meninggal Dunia, Inilah Catatan Penting KPAI

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 00:39:26 WIB - 375
Pasukan Inti Pengibar Bendera di Tanggerang Selatan Meninggal Dunia, Inilah Catatan Penting KPAI
Bapak dan ibu A diwawancarai wartawan


JAKARTA -- Komisioner KPAI Jasra Putra takziyah menyambangi rumah duka almarhumah Aurellia Quratu Aini di Taman Royal Cipondoh Tanggerang, Jumat (2/8/2019).

Menurut Kepala Divisi Monev KPAI Jasra Putra, momen penting upacara dalam perayaan Hari Kemerdekaan dengan menugaskan Aurel tentu menjadi prestasi yang membanggakan dirinya, keluarga dan Tanggerang Selatan.

"Dengan terpilih menjadi pasukan inti pengibar bendera di tingkat propinsi. Tentunya Aurel adalah putri terbaik di Tanggerang Selatan," kata Jasra

Keluarga menyampaikan Aurel bercerita dipukul seniornya. Meninggal hari Kamis, 1 Agustus dan dikebumikan hari ini. Aurel adalah anak yang aktif dan ceria dan tidak pernah sakit.

Katanya, ada sejumlah perhatian KPAI atas meninggalnya ananda Aurel, yang akan bertugas menjadi pasukan inti pengibar bendera di Kota Tangsel.

KPAI menyampaikan belasungkawa sedalam dalamnya. Tentu ini pukulan bagi keluarga ananda yang membanggakan dan berprestasi.

Lanjutnya, momen kemerdekaan, banyak anak-anak dilibatkan dalam rangka mengisi kemerdekaan, "Disinilah nilai nilai kebangsaan, kepahlawanan. Yang menjadi bagian partisipasi anak seluas luasnya dalam mengisi kemerdekaan," imbuhnya

Jasra juga menyampaikan Bekerja dengan anak harus punya prinsip perlindungan anak, partisipasi anak, etika bekerja dengan anak. Bahwa melibatkan anak ada prinsip-prinsip yang harus di pedomani. ""Bila ada indikasi kekerasan terjadi, Kita menyarankan para pihak mendukung pemeiksaan aparat hukum dan pihak terkait, agar ada koreksi, hikmah dan pembelajaran. Diantaranya meminta Dispora melakukan pengawasan kepada proses penyiapan Paskibra yang sedang berjalan saat ini. Pedoman dalam penyiapan Paskibra diharapkan memperhatikan prinsip prinsip bekerja dan pelibatan anak anak. Dan sebagai pengingat para Mentor dan Senior Paskibra memperhatikan peristiwa di Tangsel agar dapat dicegah dan tidak terulang," tegasnya.

Disamping takziyah kita akan menggali informasi dari keluarga tentang peristiwa yang dianggap janggal.

"Kita sering diuji dalam memaknai disiplin. Apakah disiplin relevan dengan kekerasan? Kedisplinan positif itu didalamnya ada ruang dialog, partisipasi anak, kesetaraan, melihat kesalahan sebagai proses pendidikan," tuturnya.

KPAI mengingatkan dari peristiwa ini, pentingnya pedoman Child Safe Guarding dimana anak anak dipastikan aman dalam situasi yang terkontrol. "Dengan kode etik berkegiatan anak, seperti Tidak melakukan kekerasan fisik, Tidak memalukan dan Tidak sendirian dengan anak di tempat sepi," tandasnya.

Terakhir, KPAI menyesalkan masih adanya dugaan praktek praktek kekerasan atas anak anak yang masuk dan dikarantina dalam proses menjadi Paskibra. "Kita serahkan proses ini kepada pihak terkait," tutupnya. (Rel)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: indonesia,peristiwa

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

MIN 1 Pasaman Dapat Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019

MIN 1 Pasaman Dapat Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi Sumatera Barat 2019

PASAMAN - Bupati Pasaman yang diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Drs. H. Mara Ondak didampingi Kepala Kantor...

Pasaman Tidak Akan Gelar TdS 2020, Ini Alasan Kadisporapar

Pasaman Tidak Akan Gelar TdS 2020, Ini Alasan Kadisporapar

PASAMAN - Tour de Singkarak (TdS) 2019 tampaknya menjadi polemik bagi masyarakat Kabupaten Pasaman, karena manfaatnya...

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

FEATURE -- Hidup merupakan sebuah pilihan. Begitu juga halnya cita-cita, semua orang bebas untuk bercita-cita apapun....

Masjid Besar Arafah Terima 20 Al-Quran, Imam Masjid Sampaikan Ini

Masjid Besar Arafah Terima 20 Al-Quran, Imam Masjid Sampaikan Ini

BENGKALIS -- Imam Masjid Masjid Besar Arafah Drs H Nasuha menerima wakaf 20 Al-Quran dari perusahaan PT Nawakara...

Bakti Religi Polres Payakumbuh, Pungut Sampah dan Dorong Gerobak.

Bakti Religi Polres Payakumbuh, Pungut Sampah dan Dorong Gerobak.

PAYAKUMBUH - Dalam rangka maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 Hijiriah, Polres Payakumbuh lakukan kegiatan Bhakti...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media