Thursday, 17 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Nasional

Ortu Korban Sayangkan Latihan Fisik Berat Dialami Aurel, KPAI Siap Dukung Keluarga Korban

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 22:25:45 WIB - 518
Ortu Korban Sayangkan Latihan Fisik Berat Dialami Aurel, KPAI Siap Dukung Keluarga Korban
Kpai Jasra kunjungi rumah duka kediaman almarhum aurel, jumat


JAKARTA -- Aurellia Qurrota Ain, anggota Paskibra Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menghembuskan nafas terakhir Kamis, (1/8/2019), diduga akibat latihan persiapan pengibaran bendera dalam rangka menghadapi hari kemerdekaan ternyata menyisakan duka yang mendalam bagi kaluarga korban. Hal ini tampak dari pertemuan keluarga korban dengan KPAI di rumah duka di rumahnya di perumahan Taman Royal II, Tanggerang Kota, Jumat (2/8/2019.

"Kami sangat menyesalkan proses pelatihan dan pembinaan paskribaka yang melewati ketentuan yang semestinya. Kelelahan pisik dan psikis yang dialami Aurel dengan keterbatasan jam istirahat selama 22 hari pembinaan," ujar ayah dari Aurellia, Farid Abdurrahman (42).

Komisioner KPAI Jasra Putra menyampaikan pihak keluarga hingga tadi malam belum ada rencana melakukan proses hukum dan kecendrungan keluarga tidak memproses hukum. Namun jika kepolisian meminta keterangan maka pihak keluarga akan memberikan pernyataannya.

Katanya, dari keterangan orang tua korban, Keluarga hanya menginginkan jangan sampai terjadi Aurel-aurel lainnya. Oleh sebab itu harus dilakukan koreksian total atau evaluasi dari Pemda Tangsel terhadap pembinaan yang berlebihan dan latah terkait penyiapan paskibraka. Misalnya melakukan push up kepada Aurel dengan kepalan tangan di aspal, memakan kulit jeruk, dugaan penamparan dan cubitan yang merupakan tindakan yang tidak ada dalam proses paskibrakan.

Menurut pengakuan ortu Aurel, Aurel semakin tertekan dan mendapatkan teror psikologis ketika buku diari merah putih selama 22 hari dirobek oleh senior, kemudian dalam waktu dekat harus meresume isi buku catatan diary tersebut. "Tentu Aurel dengan waktu istirhat yang terbatas dan pada setiap malam bangun sekitar jam 1 malam untuk membuat catatan yang disuruh kakak senior," imbuh Jasra

KPAI mendukung keputusan keluarga baik melanjutkan proses hukum maupun sebaliknya. Namun karena kasus ini sudah mencuat ke publik tentu apa yang disampaikan oleh keluarga menjadi catatan penting bagi KPAI baik terkait indikasi-indikasi dugaan kekerasan yang dialami oleh Aurel.

Selanjutnya tentu Pemda Tangerang harus melakukan evaluasi total terhadap pembinaan paskibraka, termasuk misalnya sesuai dengan kode etik anak. Orang yang pernah melakukan kekerasan terhadap anak maka dia tidak boleh lagi bekerja bersama anak jadi ini semacam code of condac bagi setiap orang yang bekerja dengan isu anak atau berkegiatan bersama anak.

Jasra meminta Kemenpora harus melakukan pemantauan dan koordinasi kepada Dinas Pemuda dan Olahrga Tangsel terkait periatiwa ini dalam rangka melakukan evaluasi kepada pemda Tangsel serta daerah-daerah lain.

"Jangan sampai partisipasi anak kita untuk memperingati hari kemerdekaan 17 Agustus dalam bentuk posisi apapun tidak terlindungi dari kekerasan," tutupnya.

Sekedar diketahui Putri dari pasangan Fahri Abdulrahman dan Sri Mulyani ini meninggal secara mendadak, Kamis (1/8/2019).

Aurellia Qurrota Ain merupakan seorang anggota Paskibra Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Siswi kelas XI MIPA 3 SMA Islam Al Azhar BSD Serpong tersebut menghembuskan nafas terakhir pada Kamis (1/8/2019) di kediamannya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: metro,padang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Pemko Padang akan Tertibkan Pasar Malam Liar

Pemko Padang akan Tertibkan Pasar Malam Liar

PADANGPemerintah Kota Padang melalui Satpol PP akan menertibkan pasar malam liar yang banyak beroperasi yang...

Solusi Cegah Stunting, Empat Nagari di Pasaman Barat Ikuti Safari Gemarikan

Solusi Cegah Stunting, Empat Nagari di Pasaman Barat Ikuti Safari Gemarikan

PASAMAN BARAT - Sebanyak 200 orang peserta yang berasal dari Empat Nagari prioritas penanganan stunting yang ada di...

Entaskan Kemiskinan, Apris Salurkan Bantuan kepada 560 WRSE

Entaskan Kemiskinan, Apris Salurkan Bantuan kepada 560 WRSE

PADANG -- Sebanyak 560 Wanita Rawan Sosial Ekonomi (WRSE) sejumlah kelurahan di Padang mendapatkan bantuan pokok...

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

Fitri Nora Perempuan Pertama Jabat Ketua DPRD Kota Pariaman

PARIAMAN -- Tiga orang pimpinan defenitif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pariaman diambil sumpah pada Rapat...

Satu Tahun Gempa Palu, Pemuda Batipuh Ajak Masyarakat Palu Tersenyum Kembali

Satu Tahun Gempa Palu, Pemuda Batipuh Ajak Masyarakat Palu Tersenyum Kembali

TANAH DATAR - Dahsyatnya musibah Gempa bumi dengan kekuatan 7,4 SR yang diikuti Tsunami dan Likuifaksi yang terjadi di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media