Tuesday, 12 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Agam

Cita-cita Lahirkan Generasi Seperti Pejuang Kemerdekaan, SMAN 1 Tanjung Raya Buka Ekskul Jurnalistik

Minggu, 04 Agustus 2019 - 16:55:53 WIB - 415
Cita-cita Lahirkan Generasi Seperti Pejuang Kemerdekaan, SMAN 1 Tanjung Raya Buka Ekskul Jurnalistik
Ketua PWI Agam, Mursyidi Saat memberikan Materi Jurnalistik, Sabtu, (3/8), di SMA N 1 Tanjung Raya.


AGAM - SMA Negeri 1 Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatra Barat (Sumbar) membuka program ekstrakurikuler jurnalistik. Program ini digelar dalam rangka melahirkan insan pers yang handal sejak dini.

Program tersebut dilatar belakangi dari sejarah perjuangan kemerdekaan RI yang sebagian besar merupakan tokoh pers nasional. Sebut saja Haji Agus Salim, Buya Hamka, Muhamamd Hatta, Mohammad Natsir, Abdul Muis dan Rasuna Said. Dengan karya tulis dan jurnalistik meraka melakukan pergerakan dan pemberontakan melawan penjajah. Selain itu melalui jurnalistik mereka dapat meningkatkan wawasan dan intelektualnya melawan penjajah.

Dari dasar itu, Kepala SMA Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau, Burmal bersama Wakil Kurikulum, Surya Chandra, bercita-cita pula melahirkan generasi seperti pejuang kemerdekaan tersebut, melalui Program Ekstrakurikuler Jurnalistik.

"Perjuangan pembangunan sumber daya manusia untuk dapat mengelola sumber daya alam dengan baik merupakan kewajiban bagi kita. Hal ini merupakan salah satu bukti bagi kita untuk menghormati para pahlawan terdahulu," ujar Burmal saat dikomfirmasi oleh MinangkabauNews.com, Minggu, (4/8/2019)

Dilanjutukan oleh Burmal, untuk mensukseskan program tersebut pihaknya bekerja sama dengan beberapa rekan pers. Selain itu, dukungan dari Komite dan Alumni saat ini sangat baik.

"Kita mendapat mitra kerja dibidang jurnalistik, mereka cukup proposional dan profesional bekerja dilapangan. Dengan kerjasama tersebut kita harapkan untuk dapat mencapai cita-cita ini," ungkapnya.

Sementara itu, Surya Candra, Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum menambahkan, Alumni SMA Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau, sangat semangat membantu kemajuan sekolah. Dukungan alumni tersebut akan terbuka lebar bila program yang akan diusung terukur dan jelas prospeknya.

"Kita akan totalitas mensukseskan program ekstrakurikuler jurnalistik ini bila proses awal materi menunjukan hasil memuaskan. Anak-anak yang sudah memiliki dasar-dasar jurnalistik dapat melahirkan karyanya dan terbit di salah satu media massa. Dengan demikian, kita butuh anak-anak kreatif, kritis dan inovatif. Agar itu tercapai, metode pelatihan jurnalistik adalah satu langkah terbaik dan tepat," ujar Candra

Sementara itu, Mursyidi selaku pemateri sekaligus Ketua PWI Agam mengatakan tidak banyak pihak sekolah yang berfikir dan berupaya menangkap potensi jurnalistik.

"Pihak sekolah ini sangat jeli dan cerdas membangkitkan jurnalistik pada pelajar. Kita sangat senang dan bangga pada SMA Negeri 1 Tanjung Raya Maninjau. Karena, Jurnalistik merupakan salah satu metode jitu untuk melatih anak jeli menggali, meneliti, mengemas sebuah informasi. Termasuk menyelidiki kebenaran sebuah informasi dan bahkan dapat menangkal berita Hoax," jelas Mursyidi.

Dilanjutkan oleh Mursyidi, Wawasan, relasi, dan kecerdasan anak juga cepat tercapai melalui Jurnalistik. Pasalnya, cara kerja jurnalistik atau kewartawan harus melalui proses teknik penghimpunan data melalui prosedur. Seperti harus banyak wawancara pada narasumber berkompeten, membaca buku, survey kelapangan dan sebagainya.

"Dengan program ini, kita berharap dapat melahirkan generasi jurnalistik hebat dengan karya-karya berkualitas. Untuk menunjang program tersebut, kita akan berusaha semaksimal mungkin sesuai kemampuan dimiliki dan kemampuan pihak sekolah untuk memfasilitasi kegiatan ini," pungkasnya. (JNS)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: agam,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Sekjen TPO Asia Pasific: Pariaman Milliki Budaya yang Unik

Sekjen TPO Asia Pasific: Pariaman Milliki Budaya yang Unik

PARIAMAN -- "Saya lihat potensi pariwisata pariaman luar biasa. Apalagi iklim alamnya yang merupakan sumber...

Kapolres Padang Panjang Sugeng Hariyadi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kusuma Bakti

Kapolres Padang Panjang Sugeng Hariyadi Pimpin Upacara Ziarah Nasional di TMP Kusuma Bakti

PADANG PANJANG -- Kapolres Padang Panjang AKBP Sugeng Hariyadi memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka hari...

Kabau Sirah Ditahan Imbang Persija Jakarta 2-2 di Kandang

Kabau Sirah Ditahan Imbang Persija Jakarta 2-2 di Kandang

BOLA -- Semen Padang FC hanya meraih satu poin setelah menahan imbang tim tamu, Pearsija FC 2-2 dalam lanjutan Liga 1...

Diduga Pengedar Narkoba, Dua Warga Madina Sumut Diciduk Satres Narkoba Pasbar

Diduga Pengedar Narkoba, Dua Warga Madina Sumut Diciduk Satres Narkoba Pasbar

PASAMAN BARAT - Satuan Reserse Narkoba Polres Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar), ciduk dua tersangka pengedar...

Masjid Besar Arafah Terima 20 Al-Quran, Imam Masjid Sampaikan Ini

Masjid Besar Arafah Terima 20 Al-Quran, Imam Masjid Sampaikan Ini

BENGKALIS -- Imam Masjid Masjid Besar Arafah Drs H Nasuha menerima wakaf 20 Al-Quran dari perusahaan PT Nawakara...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media