Saturday, 14 Dec 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Agam

Program Technopark Hanya Ada di SMKN 1 Ampek Angkek Agam, Ini Keunggulannya

Selasa, 06 Agustus 2019 - 18:08:39 WIB - 756
Program Technopark Hanya Ada di SMKN 1 Ampek Angkek Agam, Ini Keunggulannya
Siswa SMK Negeri 1 Ampek Angkek foto bersama Kepala sekolah didampingi guru.


AGAM - Prestasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam sangat membanggakan, pasalnya tiap tahun siswa SMK Negeri 1 Ampek Angkek ikut andil dalam ajang LKS (Lomba Kompetensi Siswa) mewakili Provinsi Sumatera Barat untuk tingkat Nasional.

Gusti Kamal, S.Pd, M.Pd kepala SMK Negeri 1 Ampek Angkek Kabupaten Agam, kepada MinangkabauNews.com saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (6/8/2019) menyampaikan, tahun 2018 siswa mengikuti lomba kriya kreatif kayu di Lombok Nusa Tenggara Barat, dan tahun 2019 siswa jurusan desain komunikasi visual mewakili Provinsi Sumatera Barat mengikuti lomba disain grafis di Jogjakarta dan berhasil mendapat ranking 4 tingkat nasional.

Dari hasil prestasi tersebut, dilirik peminat tamatan SMP sederajat untuk masuk di sekolah itu, tahun ajaran 2019-2020 jumlah peminat tamatan SMP sederajat membludak sebanyak 300 lebih siswa yang masuk di SMK Negeri 1 Ampek Angkek.

"Sekolah ini terdapat 11 rombel, ada 8 kompetensi keahlian yaitu, desain produk kriya kayu, desain produk kriya tekstil, desain komunikasi visual, akuntansi, tata busana, tehnik computer dan jaringan, multimedia dan administrasi perkantoran, yang tergabung dalam 6 program keahlian," kata kepsek.

Untuk di Kabupaten Agam hanya ada di SMK Negeri 1 Ampek Angkek yaitu mempunyai Technopark. Technopark merupakan program pengembangan kawasan teknologi di lingkungan sekolah, pada masa awal program ini di terapkan, dibimbing oleh dosen dari Institute Technologi Bandung (ITB).

Gusti Kamal berharap tahun depan, sekolah ini semakin maju, untuk itu telah diupayakan menjalin kerjasama dengan dinas-dinas instansi terkait seperti dinas koperindag, disnakertrans, dan dinas pariwisata Kabupaten Agam.

Sekolah ini cukup berbangga hati, kata Gusti Kamal, karena pada event Tour de Singkarak tahun 2018, mascot TdS itu berbentuk boneka, Desainya dibuat oleh SMK Negeri 1 Ampek Angkek dan juga pada etape Solok Selatan, dipesan pembuatan sulvenir dari kayu untuk hadiah pebalap.

"Alhamdulillah siswa SMK pada tahun ini 1 orang tamatan SMK Negeri 1 Ampek Angkek lolos seleksi magang kerja di Jepang. Dalam seleksi daerah Provinsi Sumatera Barat untuk ajang Asian Skil Competition SMK Negeri 1 Ampek Angkek mendapat juara 1 cabang fashion technologi," ujarnya.

Mengenai adanya kesimpangsiuran siswa baru yang diterima di sekolah, Gusti Kamal menjelaskan, unsur komite sekolah menurut ketentuan, yaitu ada dari orangtua siswa, tokoh masyarakat, cadiak pandai, alim ulama, kini ketua komite sekolah dijabat tokoh masyarakat dan juga ketua Kerapatan Adat Nagari Batutaba.

"Tidak semua pembiayaan dicover dana BOS dan BOP karena tidak mencukupi, salah satunya yang tidak ada di dana BOS itu adalah untuk memberikan gaji guru dan pegawai honor serta pembiayaan kegiatan-kegiatan lomba. Kebersamaan pihak sekolah, komite dan wali murid guna penanggulangi pembiayaan, diadakanlah rapat komite dengan orangtua," katanya.

Diantara point rapat tersebut orang tua sepakat untuk memberikan sumbangan bulanan. Sumbangan pendidikan tidak memaksa sebesar yang ditetapkan, hanya kerelaan orangtua wali murid saja. Begitu pun pembayaran iuran per bulan sebesar Rp 85 ribu, tidak semua orangtua wali murid yang membayar sebesar itu, ada juga yang diberi keringanan bagi orang tua yang kurang mampu, lanjutnya.

"Pakaian seragam olahraga disediakan oleh koperasi sekolah. Sedangkan pakaian batik diupayakan untuk dikaji ulang, agar orang tua tidak terbebani. Diupayakan agar orang tua siswa dapat membeli sendiri, dengan warna dan motif yang disepakati," pungkas Gusti Kamal. (Iwin SB)

Loading...
Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: agam,pendidikan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Bagodang Meriahkan HUT Kota Payakumbuh, PBF Bakal Ditabuh di Panorama Ampangan

Bagodang Meriahkan HUT Kota Payakumbuh, PBF Bakal Ditabuh di Panorama Ampangan

PAYAKUMBUH - Ratusan hasil karya para pengrajin Botuang bakal ditampilkan kembali di Panorama Ampangan, Kelurahan...

Ranperda LPPL Radio Sasaraina Disetujui Jadi Perda Kabupaten Mentawai, Ini Harapan Bupati

Ranperda LPPL Radio Sasaraina Disetujui Jadi Perda Kabupaten Mentawai, Ini Harapan Bupati

...

Dinpar Sumbar Terus Dorong Pengembangan Perilaku Sadar Wisata bagi Pengelola Obyek Wisata

Dinpar Sumbar Terus Dorong Pengembangan Perilaku Sadar Wisata bagi Pengelola Obyek Wisata

PADANG -- Dinas Pariwisata (Dinpar) Sumatera Barat (Sumbar) kembali menggelar Bimbingan Tekhnis (Bimtek) peningkatan...

Mutasi Terbaru Polri, Irjen Toni Harmanto Gantikan Irjen Fakhrizal Jadi Kapolda Sumbar

Mutasi Terbaru Polri, Irjen Toni Harmanto Gantikan Irjen Fakhrizal Jadi Kapolda Sumbar

...

Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim 0319/Mentawai Gelar Bakti Sosial

Peringati Hari Juang TNI AD, Kodim 0319/Mentawai Gelar Bakti Sosial

MENTAWAI -- Memperingati Hari Juang Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD), Kodim 0319/Mentawai lakukan...


KOMENTAR ANDA



Loading...
kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media