Saturday, 15 Aug 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur

Rabu, 07 Agustus 2019 - 17:51:06 WIB - 1435
Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur
Ketua DPC Hanura Kabupaten Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus (kanan).


LIMAPULUH KOTA - Tak mampu memenuhi target perolehan suara dan jumlah kursi di DPRD pada pemilu 17 April 2019 lalu, membuat ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus, memilih jalan mengundurkan diri dari pimpinan partai.

Kabar pengunduran diri mantan wakil bupati Limapuluh Kota periode 2009-2014 itu, diketahui setelah surat pengunduran dirinya yang ditujukan ke Ketua DPP Partai Hanura, beredar di sosial media seperti di WhatsAPP Group (WAG), pada Selasa 6 Agustus 2019 malam.

Hal itu sontak membuat kaget ranah politik Luak Nan Bungsu. Mengingat, Asyirwan termasuk salah satu tokoh yang digadang-gadang cukup berpeluang menjadi kandidat calon bupati untuk Pemilihan Bupati Limapuluh Kota pada 2020 mendatang.

Ketua Partai Hanura Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Rabu 7 Agustus 2019 siang, tidak membantah jika dirinya telah mengajukan surat pengunduran diri ke DPP Hanura di Jakarta.

"Memang benar, saya telah mengajukan pengunduran diri selaku ketua DPC (Hanura-red)," kata Asyirwan menjawab pertanyaan wartawan.

Perihal pengunduran diri tersebut, Asyirwan mengaku tidak ada intervensi atau pun persoalan prinsip, baik di internal DPC maupun DPP. Niat hatinya mengundurkan diri tidak lain hanya karena rasa tanggung jawab terhadap janjinya pada pemilu 2019, atas target capaian perolehan suara dan jumlah kursi Partai Hanura di DPRD.

"Pada saat saya dilantik jadi ketua DPC Hanura Desember 2016 lalu saya berjanji akan menggenjot suara Partai Hanura di Limapuluh Kota. Minimal 5 kursi di DPRD kabupaten dan 1 kursi di DPRD Provinsi. Nyatanya, target tersebut tidak tercapai," ungkap Asyirwan Yunus.

Secara prinsip, menurutnya, alasan tersebut hanya soal tanggung jawab moril ke Partai, karena target capaian tidak berhasil ditunaikan.

"Sikap saya ini untuk pembelajaran moral dan politik bagi masyarakat. Makanya saya pilih mundur, saat proses pelantikan anggota DPRD," katanya.

Ketika ditanya perihal aktifitas dan peluangnya menjadi kandidat calon bupati di Pilkada 2020 setelah tidak lagi menjabat ketua partai, Asyirwan menyebut dirinya sepenuhnya akan kembali ke masyarakat.

"Kalau itu, ya, kita serahkan lagi ke masyarakat. Kalau Allah SWT mengizinkan dan masyarakat menginginkan, serta peluang menang ada, Insya Allah," jawabnya.

Seperti diketahui, Asyirwan Yunus menjabat Ketua DPC Hanura Kabupaten Limapuluh Kota tercatat sejak Desember 2016 silam. Ia menggantikan ketua DPC yang lama, yakni Tedy Sutendi.

Pada pemilu 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota, berdasarkan hasil penetapan perolehan suara peserta pemilu oleh KPU, Partai Hanura diketahui tercatat hanya memperoleh jatah 4 kursi di DPRD kabupaten. Adapun, untuk DPRD Provinsi Hanura belum berhasil mengirim satu orang-pun kadernya.

Keputusan mundurnya Ketua Hanura Limapuluh Kota, karena alasan prinsip dan tanggung jawab menuai banyak tanggapan positif dari masyarakat dan netizen.

Salut kita dengan Pak AY, kata pemilik akun, Ronal Akhyar. Memang pemimpin yang bertanggung jawab, timpal pemilik akun Irwansyah di WAG Pilkada Limapuluh Kota. (Aking/rn)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: sijunjung,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Sudah Diuji ke Putri Putin, WHO Belum Bisa Jamin Keamanan Vaksin Corona Rusia

Sudah Diuji ke Putri Putin, WHO Belum Bisa Jamin Keamanan Vaksin Corona Rusia

INTERNASIONAL - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum bisa memberi jaminan bagi vaksin virus corona (Covid-19) Sputnik...

Tempatkan Pembangunan Nasional Di Padang Pariaman, Gubernur Puji Bupati

Tempatkan Pembangunan Nasional Di Padang Pariaman, Gubernur Puji Bupati

PADANG PARIAMAN -- Disela-sela kunjungan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno ke Main Stadion Sumbar di Sikabu Lubuk...

Sejumlah Anggota DPRD Bukittinggi Serap Aspirasi di Mandiangin

Sejumlah Anggota DPRD Bukittinggi Serap Aspirasi di Mandiangin

BUKITTINGGI -- Sejumlah anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bukittinggi menjemput aspirasi ke Kecamatan...

Ketua Amida Sumbar Siap Dukung Pembangunan Museum Bareh Solok

Ketua Amida Sumbar Siap Dukung Pembangunan Museum Bareh Solok

SOLOK -- Ketua Asosiasi Museum Indonesia Daerah Provinsi Sumatera Barat (Amida Sumbar), Noviyanty menghadiri rapat...

Sumbar Bertekad Jadi Pilot Project Sistem Daring di Indonesia

Sumbar Bertekad Jadi Pilot Project Sistem Daring di Indonesia

PADANG -- Kepala Diskominfo Sumbar, Jasman Rizal mengungpakan Pandemi Covid-19 membuat komunikasi via daring suatu...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1