Saturday, 19 Oct 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur

Rabu, 07 Agustus 2019 - 17:51:06 WIB - 1204
Tak Mampu Penuhi Target, Ketua DPC Hanura Limapuluh Kota Pilih Mundur
Ketua DPC Hanura Kabupaten Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus (kanan).


LIMAPULUH KOTA - Tak mampu memenuhi target perolehan suara dan jumlah kursi di DPRD pada pemilu 17 April 2019 lalu, membuat ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus, memilih jalan mengundurkan diri dari pimpinan partai.

Kabar pengunduran diri mantan wakil bupati Limapuluh Kota periode 2009-2014 itu, diketahui setelah surat pengunduran dirinya yang ditujukan ke Ketua DPP Partai Hanura, beredar di sosial media seperti di WhatsAPP Group (WAG), pada Selasa 6 Agustus 2019 malam.

Hal itu sontak membuat kaget ranah politik Luak Nan Bungsu. Mengingat, Asyirwan termasuk salah satu tokoh yang digadang-gadang cukup berpeluang menjadi kandidat calon bupati untuk Pemilihan Bupati Limapuluh Kota pada 2020 mendatang.

Ketua Partai Hanura Limapuluh Kota, Asyirwan Yunus yang dikonfirmasi melalui telepon genggamnya, Rabu 7 Agustus 2019 siang, tidak membantah jika dirinya telah mengajukan surat pengunduran diri ke DPP Hanura di Jakarta.

"Memang benar, saya telah mengajukan pengunduran diri selaku ketua DPC (Hanura-red)," kata Asyirwan menjawab pertanyaan wartawan.

Perihal pengunduran diri tersebut, Asyirwan mengaku tidak ada intervensi atau pun persoalan prinsip, baik di internal DPC maupun DPP. Niat hatinya mengundurkan diri tidak lain hanya karena rasa tanggung jawab terhadap janjinya pada pemilu 2019, atas target capaian perolehan suara dan jumlah kursi Partai Hanura di DPRD.

"Pada saat saya dilantik jadi ketua DPC Hanura Desember 2016 lalu saya berjanji akan menggenjot suara Partai Hanura di Limapuluh Kota. Minimal 5 kursi di DPRD kabupaten dan 1 kursi di DPRD Provinsi. Nyatanya, target tersebut tidak tercapai," ungkap Asyirwan Yunus.

Secara prinsip, menurutnya, alasan tersebut hanya soal tanggung jawab moril ke Partai, karena target capaian tidak berhasil ditunaikan.

"Sikap saya ini untuk pembelajaran moral dan politik bagi masyarakat. Makanya saya pilih mundur, saat proses pelantikan anggota DPRD," katanya.

Ketika ditanya perihal aktifitas dan peluangnya menjadi kandidat calon bupati di Pilkada 2020 setelah tidak lagi menjabat ketua partai, Asyirwan menyebut dirinya sepenuhnya akan kembali ke masyarakat.

"Kalau itu, ya, kita serahkan lagi ke masyarakat. Kalau Allah SWT mengizinkan dan masyarakat menginginkan, serta peluang menang ada, Insya Allah," jawabnya.

Seperti diketahui, Asyirwan Yunus menjabat Ketua DPC Hanura Kabupaten Limapuluh Kota tercatat sejak Desember 2016 silam. Ia menggantikan ketua DPC yang lama, yakni Tedy Sutendi.

Pada pemilu 2019 di Kabupaten Limapuluh Kota, berdasarkan hasil penetapan perolehan suara peserta pemilu oleh KPU, Partai Hanura diketahui tercatat hanya memperoleh jatah 4 kursi di DPRD kabupaten. Adapun, untuk DPRD Provinsi Hanura belum berhasil mengirim satu orang-pun kadernya.

Keputusan mundurnya Ketua Hanura Limapuluh Kota, karena alasan prinsip dan tanggung jawab menuai banyak tanggapan positif dari masyarakat dan netizen.

Salut kita dengan Pak AY, kata pemilik akun, Ronal Akhyar. Memang pemimpin yang bertanggung jawab, timpal pemilik akun Irwansyah di WAG Pilkada Limapuluh Kota. (Aking/rn)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: sijunjung,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Festival Permainan Anak Nagari Tingkat Sumbar, Solsel Raih Juara I Kategori Permainan Egrang

Festival Permainan Anak Nagari Tingkat Sumbar, Solsel Raih Juara I Kategori Permainan Egrang

PADANG ARO -- Solok Selatan berhasil keluar sebagai Juara I pada Festival permainan anak nagari, kategori permainan...

Hati-hati, Mobil Modifikasi Diduga Sebagai Pemicu Kebakaran di SPBU Gadut Agam

Hati-hati, Mobil Modifikasi Diduga Sebagai Pemicu Kebakaran di SPBU Gadut Agam

AGAM -- Kebakaran SPBU di Bukik Ambacang, Nagari Gadut, Kecamatan Tilatangkamang, Agam diduga karena mobil minibus...

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

Belum Dialiri Listrik, Bangunan Puskesmas Muara Siberut Mentawai Balum Bisa Dioperasikan

MENTAWAI - Pembangunan Puskesmas Muara Siberut yang terletak di Desa Muntei Kecamatan Siberut Selatan yang dikerjakan...

Bawa Satu Paket Ganja, Seorang Pria di Kabupaten Solok Diciduk Polisi

Bawa Satu Paket Ganja, Seorang Pria di Kabupaten Solok Diciduk Polisi

SOLOK - Satuan Reserse Narkoba Polres Arosuka Kabupaten Solok berhasil mengamankan AR (25) alias Kaliang dipingir jalan...

Kabut Asap Kembali Selimuti Solok, Warga Diminta Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

Kabut Asap Kembali Selimuti Solok, Warga Diminta Gunakan Masker Saat Keluar Rumah

SOLOK - Kabut asap kembali selimuti wilayah Solok, dan kondisinya sudah merangkak pada taraf membahayakan. Tebalnya...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media