Tuesday, 17 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pesisir Selatan

Pemkab Pessel Minta Masyarakat Segera Bentuk Asosiasi Petani Sawit

Kamis, 08 Agustus 2019 - 18:09:03 WIB - 428
Pemkab Pessel Minta Masyarakat Segera Bentuk Asosiasi Petani Sawit
Ilustrasi Kebun Kelapa Sawit. (istimewa)


PESISIR SELATAN - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan meminta kepada petani sawit untuk membentuk Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) didaerah itu. Pasalnya, keberadaan asosiasi tersebut dapat meningkatkan Industri sawit maupun ekonomi nasional.

"Keberadaan asosiasi sawit sangatlah penting di Pessel. Sebab, peran Apkasindo dapat mencarikan solusi atau mencairkan persoalan harga di tingkat petani. Jika ini terwujud, maka pemerintah daerah bisa membuat semacam kesepakatan dengan seluruh pengusaha. Padahal, komitmen ini tidak pernah terwujud sampai sekarang," ucap Bupati Kabupaten Pessel, Hendrajoni pada wartawan di Painan, Kamis (8/7/2019).

Bupati Hendrajoni mengatakan, selain terbentuk asosiasi sawit di Pessel, pihaknya berencana bakal membuka peluang besar bagi investor untuk ber investasi di daerah berjuluk Negeri Sejuta Pesona itu.

"Kalau sekarang di Pessel kan ada 4 pabrik, mesti idealnya mesti ada 7 sampai 8 Perusahaan Kelapa Sawit (PKS). Sehingga keberadaan PKS ini, dapat meningkatkan harga sawit di pasaran. Sekarang kenyataannya harga sawit petani kan terserah orang pabrik saja. Sebab, tidak ada penekanan dari pihak kita. Bagaimana daerah bisa mematok harga standar," ujarnya.

Sebelumnya, terkait anjloknya harga sawit di Pessel, mendapat respon positif dari anggota DPRD setempat. Mengingat harga sawit di Pessel mencapai Rp 400 pada pekan sebelumnya pada angka Rp 600, maka anggota DPRD menggelar Hearing bersama dinas terkait bersama sejumlah petani sawit setempat.

Wakil Ketua I DPRD Pessel, Aprial Habbas menyebutkan, Hearing digelar untuk mencarikan solusi agar perusahaan kelapa sawit di Pessel mematuhi harga TBS yang sudah ditetapkan oleh Tim Penetapan Harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit Provinsi Sumatera Barat.

Pada 2018, tim sudah menetapkan harga TBS pada kisaran Rp1.744 per kilogram. Sementara itu, perusahaan membeli dari suplayer sebesar Rp1.4000. Sedangkan di tingkat petani suplayer membeli ke petani dengan kisaran harga Rp1.110 sampai Rp1.200 per kilogram.

"Untuk menyikapi anjloknya harga sawit ini, maka DPRD sudah melakukan rapat dengar pendapat bersama dinas terkait dan sejumlah petani. Dalam waktu dekat, pihak kami bakal memanggil pihak perusahaan agar harga sawit kembali normal di Pessel," ucapnya.

Kedepan ia berharap, seluruh Perusahaan Kelapa Sawit yang ada di daerah itu wajib mematuhi harga TBS yang sudah ditetapkan oleh Tim Penetapan Harga TBS Kelapa Sawit Provinsi Sumatera Barat.

"Ya, idealnya PKS bisa membeli harga sawit pada angka Rp1000 per kilogram. Ketentuan ini termasuk harga komoditas lainnya, seperti Karet, Gambir dan sebagainya. Bahkan, kesepakatan ini sudah diterapkan di Daerah Kabupaten Bengkulu Tengah. Nanti, akan kami buat Perdanya yang bakal diperkuat dengan Perbup," tuturnya. (Rio)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pesisir-selatan,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tiga Nelayan Berhasil Dievakuasi Setelah Perahunya Tenggelam Di Perairan Mentawai

Tiga Nelayan Berhasil Dievakuasi Setelah Perahunya Tenggelam Di Perairan Mentawai

MENTAWAI -- Tim Sar Gabungan melakukan evakuasi terhadap tiga orang nelayan yang terbalik di perairan Mentawai tepatnya...

Dua Remaja Hisap Lem Diamankan, Urusan Pembinaan Diserahkan ke Satpol PP Padang

Dua Remaja Hisap Lem Diamankan, Urusan Pembinaan Diserahkan ke Satpol PP Padang

PADANG -- Polsek Padang Selatan mengamankan dua remaja berinisial FA (14) dan temannya RN (14) lagi asyik hisap lem di...

Wako Mahyeldi Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2020 dan RPJMD Kota Padang 2019-2024

Wako Mahyeldi Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2020 dan RPJMD Kota Padang 2019-2024

PADANG -- Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD)...

Ketua Bawaslu Sumbar: Agam Teratas Pada Temuan dan Laporan Pelanggarn Pemilu di Sumbar

Ketua Bawaslu Sumbar: Agam Teratas Pada Temuan dan Laporan Pelanggarn Pemilu di Sumbar

AGAM - Guna mensosialisasikan kegiatan penyelanggaraan Pemilu 2019, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Agam...

Butuh Dana Cepat Tetapi Gaji Belum Keluar? Pinjaman Karyawan Solusinya

Butuh Dana Cepat Tetapi Gaji Belum Keluar? Pinjaman Karyawan Solusinya

EKONOMI BISNIS - Tak bisa dimungkiri seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat ini membuat kebutuhan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media