Tuesday, 17 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Olly Wijaya Tantang Kandidat Calon Bupati dan DPRD Baru, Lahirkan Gagasan Pembangunan IKK Sarilamak

Jumat, 09 Agustus 2019 - 13:34:05 WIB - 413
Olly Wijaya Tantang Kandidat Calon Bupati dan DPRD Baru, Lahirkan Gagasan Pembangunan IKK Sarilamak
Memimiriskan, salah satu sekolah taman kanak-kanak tergerus abrasi sungai di Jorong Buluahkasok, kawasan IKK Sarilamak.


LIMAPULUH KOTA - Percepatan pembangunan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak termasuk salah satu issu strategis yang ramai dibahas, jelang ajang pemilihan kepala daerah Limapuluh Kota. Mengingat, wacana tersebut sejak lama sudah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), bahkan telah menjadi Peraturan Daerah di Luak Nan Bungsu.

Hanya saja, hingga beberapa kali pergantian periode kepemimpinan, pembangunan kawasan IKK Sarilamak sebagai pusat ibu kota Limapuluh Kota, dirasakan masih jauh panggang dari pada api. Hingga kini, baik perencanaan maupun pelaksanaan masterplan IKK dinilai tidak jelas.

Kondisi tersebut dituturkan Wali Nagari Sarilamak, Olly Wijaya Piliang. Olly dengan tegas menyebut, bahwa sampai kini pemerintah daerah maupun legislatif, belum serius melaksanakan program kegiatan dalam mempercepat pebangunan kawasan IKK Sarilamak.

"Persoalan (IKK Sarilamak) ini musti menjadi perhatian khusus, baik eksekutif maupun legislatif ke depan. Jangan hanya sekedar wacana dan retorika program saja. Pembenahan IKK sangat urgen demi menyelamatkan wajah Limapuluh Kota ke depan," ungkap Olly ketika berdiskusi dengan awak media di Sarilamak, Kamis 8 Agustus 2019.

Olly bahkan menantang para tokoh masyarakat, baik kandidat calon bupati maupun anggota DPRD yang baru dilantik, dapat melahirkan gagasan pembangunan kawasan IKK Sarilamak. Nantinya, masyarakat akan menilai sendiri, siapa kandidat maupun tokoh dan wakilnya yang benar-benar memiliki kapasitas serta komitmen terhadap pembangunan IKK.

Jika ditelisik nasib kawasan IKK terutama di Nagari Sarilamak saat ini, Olly menyebut, tidak jauh berbeda dengan nagari di belahan Limapuluh Kota. Status pusat Ibu Kota Kabupaten, katanya, tidak berdampak signifikan terhadap wajah nagari yang di pimpinnya.

"Bangunan di depan Pokan Selasa atau pasar tradisional Sarilamak ini, masih biasa saja dan belum menujukkan kekhasan kantor walinagari di pusat IKK Limapuluh Kota. Belum menunjukkan wajah sebuah kota," tuturnya.

Bahkan sederet infrastruktur penting masih belum terbangun dengan baik.

Sebut saja, genangan air disaat musim hujan yang kerap terjadi disepanjang kawasan pasar tradisional. Kondisi pasar juga belum menunjukkan penataan sebagaimana layaknya sebuah ibu kota kabupaten.

Ia berharap, kondisi jalan IKK sudah dua jalur dengan kondisi lebar bagi kendaraan yang melintas. Kawasan pasar modern dengan tata kelola yang profesional dan nyaman bagi masyarakat. Begitu juga tempat parkir yang luas, sebagai daerah yang menjadi objek kunjungan wisata dengan destinasi Lembah Haraunya.

"Sudah sejak lama kita usulkan agar Pemkab agar membuat tim khusus atau satuan tugas khusus untuk menggarap Sarilamak. Tentunya mendapat porsi perhatian lebih, mengingat Sarilamak pusat kota kabupaten. Kita juga berharap anggota DPRD yang baru dilantik menjadikan ini agenda prioritas," ucap Olly.

Yang memprihatinkan, katanya, beberapa waktu lalu terjadi musibah banjir dan luapan Batang Sianipan dan Batang Buluahkasok, yang berdampak terhadap bangunan penduduk dan fasilitas umum. Akibat gerusan air sungai di Jorong Buluahkasok, sejumlah pemukiman warga hingga sekolah TK terancam abrasi.

Olly juga mendesak, Pemkab bersama DPRD Limapuluh Kota dapat segera merubah atau merevisi Peraturan Daerah tentang RDTR untuk menyempurnakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sesuai kebutuhan dan perencanaan daerah. Mengingat, harapan itu bisa terwujud dari kebijakan-kebijakan yang lahir di tingkat kabupaten. (aking/rn)

Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: limapuluh-kota

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Penyanyi Pendatang Baru Berdarah Sunda-Tunisia, Tasha Bouslama Rilis Single Satu Dua Tiga

Penyanyi Pendatang Baru Berdarah Sunda-Tunisia, Tasha Bouslama Rilis Single Satu Dua Tiga

SHOWBIS - Setelah melalui proses yang panjang dan berliku, solois cantik Tasha Bouslama akhirnya merilis single...

SMPN 2 Solok Kota Bangun Kelas Baru dengan Dana Rp2 Milyar

SMPN 2 Solok Kota Bangun Kelas Baru dengan Dana Rp2 Milyar

SOLOK -- SMPN 2 Solok Kota bangun kelas baru dengan biaya sebesar Rp2 Milyar yang dianggarkan dari APBD Solok Kota...

Inilah Pernyataan MUI Pusat terkait Disertasi Abdul Aziz Seks Nonmarital Konsep Milk Al-Yamin

Inilah Pernyataan MUI Pusat terkait Disertasi Abdul Aziz Seks Nonmarital Konsep Milk Al-Yamin

JAKARTA -- Menyikapi kegaduhan di tengah publik, Majelis Ulama Indonesia pusat mengeluarkan pernyataan resmi terkait...

Susu Serambi Milk Padang Panjang Kantongi Izin Edar dari BPOM RI

Susu Serambi Milk Padang Panjang Kantongi Izin Edar dari BPOM RI

PADANG PANJANG - Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI berikan Izin Edar Pangan Olahan kepada komoditi Susu Sapi...

Sebelum Ditemukan Akhiri Hidup dengan Seutas Tali, Seorang Istri di Agam Mengatakan Ini

Sebelum Ditemukan Akhiri Hidup dengan Seutas Tali, Seorang Istri di Agam Mengatakan Ini

AGAM - Diduga merasa bersalah terhadap suami, Desi (nama samaran) warga Jorong Data Baringin, Nagari Baringin,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media