Saturday, 16 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Lima Puluh Kota

Olly Wijaya Tantang Kandidat Calon Bupati dan DPRD Baru, Lahirkan Gagasan Pembangunan IKK Sarilamak

Jumat, 09 Agustus 2019 - 13:34:05 WIB - 461
Olly Wijaya Tantang Kandidat Calon Bupati dan DPRD Baru, Lahirkan Gagasan Pembangunan IKK Sarilamak
Memimiriskan, salah satu sekolah taman kanak-kanak tergerus abrasi sungai di Jorong Buluahkasok, kawasan IKK Sarilamak.


LIMAPULUH KOTA - Percepatan pembangunan Ibu Kota Kabupaten (IKK) Sarilamak termasuk salah satu issu strategis yang ramai dibahas, jelang ajang pemilihan kepala daerah Limapuluh Kota. Mengingat, wacana tersebut sejak lama sudah tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), bahkan telah menjadi Peraturan Daerah di Luak Nan Bungsu.

Hanya saja, hingga beberapa kali pergantian periode kepemimpinan, pembangunan kawasan IKK Sarilamak sebagai pusat ibu kota Limapuluh Kota, dirasakan masih jauh panggang dari pada api. Hingga kini, baik perencanaan maupun pelaksanaan masterplan IKK dinilai tidak jelas.

Kondisi tersebut dituturkan Wali Nagari Sarilamak, Olly Wijaya Piliang. Olly dengan tegas menyebut, bahwa sampai kini pemerintah daerah maupun legislatif, belum serius melaksanakan program kegiatan dalam mempercepat pebangunan kawasan IKK Sarilamak.

"Persoalan (IKK Sarilamak) ini musti menjadi perhatian khusus, baik eksekutif maupun legislatif ke depan. Jangan hanya sekedar wacana dan retorika program saja. Pembenahan IKK sangat urgen demi menyelamatkan wajah Limapuluh Kota ke depan," ungkap Olly ketika berdiskusi dengan awak media di Sarilamak, Kamis 8 Agustus 2019.

Olly bahkan menantang para tokoh masyarakat, baik kandidat calon bupati maupun anggota DPRD yang baru dilantik, dapat melahirkan gagasan pembangunan kawasan IKK Sarilamak. Nantinya, masyarakat akan menilai sendiri, siapa kandidat maupun tokoh dan wakilnya yang benar-benar memiliki kapasitas serta komitmen terhadap pembangunan IKK.

Jika ditelisik nasib kawasan IKK terutama di Nagari Sarilamak saat ini, Olly menyebut, tidak jauh berbeda dengan nagari di belahan Limapuluh Kota. Status pusat Ibu Kota Kabupaten, katanya, tidak berdampak signifikan terhadap wajah nagari yang di pimpinnya.

"Bangunan di depan Pokan Selasa atau pasar tradisional Sarilamak ini, masih biasa saja dan belum menujukkan kekhasan kantor walinagari di pusat IKK Limapuluh Kota. Belum menunjukkan wajah sebuah kota," tuturnya.

Bahkan sederet infrastruktur penting masih belum terbangun dengan baik.

Sebut saja, genangan air disaat musim hujan yang kerap terjadi disepanjang kawasan pasar tradisional. Kondisi pasar juga belum menunjukkan penataan sebagaimana layaknya sebuah ibu kota kabupaten.

Ia berharap, kondisi jalan IKK sudah dua jalur dengan kondisi lebar bagi kendaraan yang melintas. Kawasan pasar modern dengan tata kelola yang profesional dan nyaman bagi masyarakat. Begitu juga tempat parkir yang luas, sebagai daerah yang menjadi objek kunjungan wisata dengan destinasi Lembah Haraunya.

"Sudah sejak lama kita usulkan agar Pemkab agar membuat tim khusus atau satuan tugas khusus untuk menggarap Sarilamak. Tentunya mendapat porsi perhatian lebih, mengingat Sarilamak pusat kota kabupaten. Kita juga berharap anggota DPRD yang baru dilantik menjadikan ini agenda prioritas," ucap Olly.

Yang memprihatinkan, katanya, beberapa waktu lalu terjadi musibah banjir dan luapan Batang Sianipan dan Batang Buluahkasok, yang berdampak terhadap bangunan penduduk dan fasilitas umum. Akibat gerusan air sungai di Jorong Buluahkasok, sejumlah pemukiman warga hingga sekolah TK terancam abrasi.

Olly juga mendesak, Pemkab bersama DPRD Limapuluh Kota dapat segera merubah atau merevisi Peraturan Daerah tentang RDTR untuk menyempurnakan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sesuai kebutuhan dan perencanaan daerah. Mengingat, harapan itu bisa terwujud dari kebijakan-kebijakan yang lahir di tingkat kabupaten. (aking/rn)

Editor/Sumber: Rino Chandra
Tag: limapuluh-kota

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tujuh Bacalon Kada Merapat ke Gerindra: Politisi, Mantan Wabup, Sampai Pengusaha

Tujuh Bacalon Kada Merapat ke Gerindra: Politisi, Mantan Wabup, Sampai Pengusaha

LIMA PULUH KOTA - Bakal calon kepala daerah (Bacalon Kada) dipastikan sudah mendaftarkan diri ke panitia...

Palapa Ring sebagai Deteksi Tsunami, Ini Kata Kemenko Perekonomian

Palapa Ring sebagai Deteksi Tsunami, Ini Kata Kemenko Perekonomian

PADANG -- Asisten Deputi Telematika dan Utilitas Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Eddy Satriya mengatakan...

Lindungi Balita Dari Diare Dengan Melakukan Pencegahan Dini

Lindungi Balita Dari Diare Dengan Melakukan Pencegahan Dini

Oleh : Zahratul Ulya Diare merupakan suatu keadaan tinja yang lunak atau encer dengan frekuesi tiga kali atau lebih...

Peringati Hari Pahlawan, FPMSI Bersama Gesit Akan Gelar Deklarasi Wujudkan Indonesia Maju

Peringati Hari Pahlawan, FPMSI Bersama Gesit Akan Gelar Deklarasi Wujudkan Indonesia Maju

...

Peduli Sesama, Polsek Pinggir, Bengkalis Gelar Jumat Berbagi

Peduli Sesama, Polsek Pinggir, Bengkalis Gelar Jumat Berbagi

BENGKALIS -- Kapolsek Pinggir, Kompol Firman V.W.A Sianipar SH MH bersama jajaran Jumat (1/11) berbagi dalam giat...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media