Saturday, 16 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Parlemen dan Parpol

Syafrial Kani dan Arnedi Resmi Jadi Pimpinan Sementara DPRD Padang 2019-2024

Rabu, 14 Agustus 2019 - 15:05:46 WIB - 1168
Syafrial Kani dan Arnedi Resmi Jadi Pimpinan Sementara DPRD Padang 2019-2024
Rapat paripurna pelantikan dprd padang periode 2019-2024 di gedung bundar dprd padang, rabu


PADANG -- 45 Anggota DPRD Padang beserta Pimpinan Sementara Syafrial Kani dan Arnedi Yarmen resmi dilantik.

Syafrial Kani berasal dari Partai Gerindra menjadi ketua sementara dan Arnedi dari PKS mengisi posisi wakil ketua sementara.

Syafrial Kani dan Arnedi Yarmen disahkan menjadi ketua dan wakil ketua sementara dalam rapat paripurna dalam rangka pengucapan sumpah DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024, Rabu, (14/8/2019).

Kegiatan itu dilaksanakan di Gedung Bundar DPRD Kota Padang, Jalan Sawahan, Padang Timur, Kota Padang.

45 anggota dewan terpilih membacakan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua Pengadilan Negeri Kota Padang. Dalam acara pengambilan sumpah janji tersebut, Wakil Ketua PN Padang mengucapkan sumpah janji yang kemudian diulangi oleh seluruh anggota DPRD terpilih,

"Bahwa Saya akan memenuhi kewajiban saya, sebagai anggota DPRD Padang, dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan, dengan berpedoman kepada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945."

Syafrial dan Arnedi secara simbolis menduduki jabatan pimpinan DPRD Kota Padang setelah menerima palu sidang yang diserahkan pimpinan dewan periode sebelumnya.

Adapun tugas pimpinan sementara DPRD kata Syafrial, adalah melaksanakan sejumlah agenda mendesak sesuai yang diamanatkan pasal 38 ayat 1 PP Nomor 16 tahun 2010.

"Tugas pokok pimpinan sementara yakni, memimpin rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi, memfasilitasi penyusunan peraturan DPRD serta tata tertib dan memproses penetapan pimpinan DPRD definitif," kata Syafrial.

Untuk itu, Syafrial bersama Arnedi berharap dukungan semua anggota DPRD yang baru dilantik mengsukseskan agenda-agenda itu agar bisa selesai tepat waktu.

"Mohon juga dukungan doa dari seluruh lapisan masyarakat Kota Padang agar tugas yang kami emban selama memegang jabatan pimpinan sementara berjalan sukses," tandasnya.

Wakil Ketua PN Padang mengatakan bahwa agar seluruh anggota DPRD terpilih dapat menjalankan tugas sebagaimana mestinya dan menjalankan amanat rakyat. Setelah acara pengambilan sumpah janji DPRD Kota Padang, pelantikan tersebut diiringi dengan Penyerahan Pin dan Surat Keputusan (SK) DPRD Kota Padang secara simbolis oleh Wakil Ketua PN Padang. Walikota Padang Mahyeldi Ansyarullah mengapresiasi pelantikan tersebut.

Wali Kota Padang Mahyeldi membacakan sambutan Gubernur Sumbar menyampaikan, pelantikan ini menandai sebagai sebuah titik tolak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat Kota Padang.

"Kini saatnya saudara-saudara Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024 melangkah bersama untuk mewujudkan janji-janji untuk mencapai kesejahteraan rakyat di Kota Padang. Oleh karena itu, peran DPRD sebagai lembaga legislatif di daerah dengan tugas legislasi, anggaran dan pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah, memegang peranan yang sangat strategis dalan menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah," sebut Mahyeldi.

Mahyeldi juga mengemukakan bahwa saat ini Kota Padang masih dihadapkan kepada pemenuhan kebutuhan kehidupan masyarakat secara lebih layak, kerawanan bencana, stabilitas keamanan serta keharusan dalam menjaga kearifan lokal sebagai ciri khas daerah yang menjadi landasan pelaksanaan otonomi daerah.

"Kami memberikan apresiasi atas kebersamaan yang telah dibangun antara pemerintah kota dan DPRD Kota Padang periode 2014-2019 selama ini, yang secara nyata telah mampu menyelesaikan sebagian permasalahan di Kota Padang melalui berbagai aktifitas pembangunan yang terencana dan terlaksana dengan sinergi diantara semua pihak. Kami berharap, kiranya kebersamaan tersebut mampu ditingkatkan oleh Pemko Padang bersama seluruh Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024," harapnya.

Lebih lanjut tambah wali kota, atas nama Pemerintah Kota Padang mengucapkan selamat atas telah diresmikannya seluruh Anggota DPRD Kota Padang masa jabatan 2019-2024 hari ini. Laksanakanlah amanat yang telah dipercaya masyarakat Kota Padang ini dengan sebaik-baiknya. Lanjutkan program pembangunan yang telah direbcanakan sebelumnya, serta mari ciptakan inovasi-inovasi baru utnuk mempercepat pembangunan Kota Padang ke depan," tukas Mahyeldi.

Sementara itu Mahyeldi juga menyampaikan beberapa hal yang dinilai penting untuk disampaikan kepada seluruh Anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024. Pertama sekaitan Peraturan Daerah (Perda) Perubahan APBD Tahun Anggaran (TA) 2019 harus diselesaikan pertengahan September tahun ini serta APBD TA 2020 yang mesti pada akhir November 2019. Selanjutnya juga adalah sekaitan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Padang 2019-2024 yang harus ditetapkan pada Oktober 2019 ini.

"Jadi maka untuk itu, kegiatan prioritas menunggu kerja keras daripada Anggota DPRD Kota Padang periode jabatan 2019-2024. Mudah-mudahan Insya Allah, sesuai dengan jadwalnya semuanya berjalan dengan lancar, sehingga semua kegiatan pembangunan termasuk belanja daerah dapat berjalan baik dan maksimal."

"Untuk itu kepada seluruh Anggota DPRD Kota Padang periode 2019-2024 serta semua elemen dan stakeholder terkait, mari kita saling bahu-membahu membangun persatuan dan kesatuan untuk kesejahteraan masyarakat dan kemajuan Kota Padang hingga masa-masa mendatang," tukas Wali Kota Mahyeldi mengakhiri.

Pimpinan Sementara DPRD Kota Padang Syafrial Kani mengajak, para anggota dewan untuk berkomitmen dalam mengemban amanat rakyat dengan menyerap dan meneruskan aspirasi rakyat untuk pembangunan di segala bidang.

"Mari berkomitmen untuk jadikan rumah rakyat ini sebagai tempat yang aman, nyaman dan penuh pengabdian dalam melaksanakan amanat rakyat," katanya.

Ia menyampaikan, terima kasih kepada anggota dewan masa bhakti 2014 -2019 yang telah mengakhiri masa pengabdiannya.

"Kami harus selalu belajar dari apa yang telah dihasilkan pada masa sebelumnya segala hasil yang telah tercapai, tentunya akan kami jadikan cermin dan tuntunan dalam melangkah pada masa pengabdian berikutnya," terangnya.

"Ditunggu lakek tangan (langkah kerja, red) anggota dprd baru periode 2019-2024, mudah-mudahan terus berprestasi," tuturnya. (RI)

Editor/Sumber: Rahmat Ilahi (Rijoe)
Tag: legislator,metro,padang,politik,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Tingkatkan Sarana dan Prasarana Dengan Baik, SMKN 1 Sutera Pessel Terus Berbenah

Tingkatkan Sarana dan Prasarana Dengan Baik, SMKN 1 Sutera Pessel Terus Berbenah

PESISIR SELATAN -- Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) terus berbenah,...

#TangkapDewiTanjung Marak di Twitter

#TangkapDewiTanjung Marak di Twitter

TANAH DATAR -- Tagar #TangkapDewiTanjung menggema di twitter. Pasalnya, wanita kelahiran Padang tahun 1980 tersebut...

Kejari Bukittinggi Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Kosmetik Ilegal

Kejari Bukittinggi Musnahkan Barang Bukti Narkotika dan Kosmetik Ilegal

BUKITTINGGI -- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Bukittinggi musnahkan barang bukti narkotika, kosmetik tanpa izin edar,...

Terpilih Sebagai Pengelola Pengentrian Terbaik, Puskesmas Muara Siberut Tingkatkan Pelayanan

Terpilih Sebagai Pengelola Pengentrian Terbaik, Puskesmas Muara Siberut Tingkatkan Pelayanan

MENTAWAI -- Meski jauh dari pusat Kabupaten, Puskesmas Muara Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai masuk dalam kategori...

Yuk, Raih Keberkahan Melimpah di Hari Bahagia Nasional 11.11

Yuk, Raih Keberkahan Melimpah di Hari Bahagia Nasional 11.11

...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media