Monday, 18 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Pariaman

40 Orang Anggota DPRD Padang Pariaman Dilantik

Rabu, 14 Agustus 2019 - 21:31:12 WIB - 2
40 Orang Anggota DPRD Padang Pariaman Dilantik
Pelantikan dan pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kab. Padang Pariaman di Gedung DPRD Jl. Merdeka Pariaman, Rabu (14/8).


ADVERTORIAL PADANG PARIAMAN - 40 orang anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman secara resmi dilantik dan diambil sumpahnya dalam sidang paripurna istimewa di Gedung DPRD Jl. Merdeka Pariaman, Rabu (14/8).

Gubernur Sumatera Barat dalam sambutannya yang dibacakan Bupati Ali Mukhni mengatakan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Padang Pariaman yang di langsungkan hari ini, menandai berakhirnya keseluruhan proses demokrasi lokal sekaligus sebagai sebuah titik tolak baru dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman.

Pemilu Legislatif yang berlangsung pada tanggal 17 April 2019 tersebut mencerminkan betapa besarnya harapan seluruh lapisan masyarakat dalam memberikan hak pilih mereka dalam menentukan wakil rakyat pada lembaga-lembaga perwakilan guna membawa daerah ini ke arah yang lebih baik.

Kini saatnya, Saudara-Saudara Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2019 - 2024 melangkah bersama untuk mewujudkan janji-janji Saudara untuk mencapai kesejahteraan rakyat di Kabupaten Padang Pariaman. Ini saatnya Saudara-Saudara harus berjanji bekerja siang dan malam untuk mencapai kesejahteraan rakyat di Kabupaten Padang Pariaman.

"Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, otonomi daerah adalah hak, kewenangan dan kewajiban daerah otonom untuk mengatur dan mengurus sendiri Urusan Pemerintahan dan kepentingan masyarakat setempat dalam sistem Negara kesatuan Republik Indonesia. Berdasarkan hal tersebut, otonomi daerah merupakan suatu bentuk penyebaran kekuasaan (distribution of power) dari pemerintah pusat kepada pemerintah daerah untuk mengatur daerahnya sendiri dengan tujuan pemberdayaan daerah," sambungnya.


Penandatanganan berita acara pelantikan oleh anggota DPRD yang selesai dilantik.

"Melalui otonomi daerah, diharapkan akan memperkuat interaksi antara pemerintah daerah dan masyarakat lokal dengan lebih intensif dalam rangka pertumbuhan kehidupan demokrasi, sehingga masyarakat sipil akan memperoleh hak-hak dan kewajiban-kewajibannya secara lebih baik sebagai warga negara," ujarnya.

"Oleh karena itu lanjutnya, peran DPRD sebagai lembaga legislatif di daerah dengan tugas Legislasi, Anggaran dan Pengawasan yang dijalankan dalam kerangka representasi rakyat di daerah, memegang peranan yang sangat strategis dalam menentukan keberhasilan penyelenggaraan otonomi daerah," katanya.


Pemasangan pin oleh Bupati Ali Mukhni pada salah seorang anggota dewan secara simbolis.

"Dalam koridor pencapaian tujuan otonomi daerah tersebut, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah menyatakan bahwa Pemerintahan daerah adalah penyelenggaraan urusan pemerintahan oleh pemerintah daerah dan DPRD menurut asas otonomi dan tugas pembantuan dengan prinsip otonomi seluas-luasnya dalam sistem dan prinsip Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945," ulasnya.

Merujuk pada ketentuan tersebut, maka tergambar bahwa DPRD dan pemerintah daerah secara bersama-sama harus mampu menerjemahkan segala kebutuhan dan tuntutan masyarakat ke dalam bentuk kebijakan-kebijakan publik dalam rangka kemajuan pemberdayaan dan peningkatan partisipasi masyarakat serta dunia usaha dalam pembangunan Kabupaten Padang Pariaman.


Penyerahan SK Pelantikan oleh Bupati Padang Pariaman.

Kepada anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman Masa Jabatan Tahun 2014 - 2019 yang pada hari ini telah mengakhiri masa jabatannya, kami ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas pengabdian dan bhakti yang telah Saudara berikan untuk Kabupaten Padang Pariaman.

Semoga segala daya dan upaya tersebut menjadi amal ibadah yang diridhoi Allah SWT. Tetaplah mengabdi bagi Kabupaten Padang Pariaman, karena pengabdian yang tulus tidak terbatas pada jabatan semata, namun dapat dilakukan oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun.

"Demikianlah yang dapat disampaikan pada kesempatan ini, Semoga Allah Tuhan Yang Maha Esa selalu membimbing kita semua. Terima kasih," tutupnya.


Penyerahan palu pimpinan dewan dari ketua yang lama pada pimpinan sementara Happy Neldy.

Selaku ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kabupaten Padang Pariaman menunjuk Happy Naldy, SE,MM, sebagai pimpinan sementara.

Happy Naldi didampingi Wakil Pimpinan Sementara DPRD Kabupaten Padang Pariaman dari Partai Amanat Nasional, Rahman Rizal, Amd. Yang sebelumnya menjabat Sekretaris DPD PAN Kabupaten Padang Pariaman.

Dari 40 Anggota DPRD Kabupaten Padang Pariaman periode 2019-2024, 60 persen ditempati oleh wajah lama.

Sedangkan partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) memimpin daftar suara terbanyak di Pileg DPRD Kabupaten Padang Pariaman pada Pemilu April lalu dengan mendapatkan 7 kursi. Kemudian disusul Partai PAN dengan mendapatkan 7 Kursi.


Bupati Ali Mukhni membacakan pidato sambutan Gubernur Sumbar.

Partai besutan Prabowo Subianto tersebut juga mampu mengantarkan dua wakilnya di "Rumah Bagonjong". Yakni, Jempol dan Try Suryadi Dl Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman.

Gerindra menghantarkan masing masing wakil dari empat dapil yakni, Dapil I, Edirizal, Mulyadi, Dapil II, Happy Naldy, Hamardian, Dapil III, Arwinsyah, Harpianda, Dapil IV, Ramli.

Sedangkan Partai Amanat Nasional menghantarkan 7 wakil di empat dapil yakni, Dapil I, Makmur, Dapil II, Rosman, Topik Hidayat, Dapil III, Erman, Rahman Rizal, Dapil IV, Aprinaldi, Dedi Salim.

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) melengkapi komposisi tiga besar dengan mengantarkan wakilnya untuk Dapil I, Yuliasman, Dapil II, Suryadi Zuhri Ali, Dapil III, Jon Hendri, Risdianto.


Foto bersama anggota DPRD, Forkopimda dan Bupati Ali Mukhni.

"Jawara" 2014 lalu, Partai Golkar mengalami penurunan. Dari 4 kursi menjadi tiga kursi. (Dapil II), Syahrul Dt. Lung menjadi satu-satunya petahana (incumbent) yang dipastikan sanggup bertahan dari Partai Beringin. Tiga kursi lainnya diraih Dasmar (Dapil III), Syafrizal (Dapil IV) dan Rahmad Mahmudal (Dapil I).

Penurunan juga dialami Partai Persatuan Pembangunan (PPP). Yakni dari empat kursi di 2014, menjadi tiga kursi di 2019, yakni, (Dapil II) Siswanto, (Dapil III) Dewiwarman, (Dapil IV) Syafruddin. (war)

Editor/Sumber: Ikhlas Bakri
Tag: daerah,legislator,metro,pilkada,politik,sumatra-barat,tokoh

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Aksi Pencurian Motor di Masjid di Ujung Gurun Padang Terekam CCTV

Aksi Pencurian Motor di Masjid di Ujung Gurun Padang Terekam CCTV

...

Maju Pilkada 50 Kota Calon Perseorangan, Ini Jumlah Syarat Dukungan nya

Maju Pilkada 50 Kota Calon Perseorangan, Ini Jumlah Syarat Dukungan nya

LIMAPULUH KOTA - Calon bupati dan wakil bupati yang akan maju pada Pemilihan Kepala (Pilkada) Limapuluh Kota tahun...

Jamuan Makan Siang Layar NG Seafood untuk Puluhan Anak Yatim

Jamuan Makan Siang Layar NG Seafood untuk Puluhan Anak Yatim

BENGKALIS -- Resto Layar NG Seafood Duri Berbagi Jumat Berkah dengan menjamu makan siang puluhan anak yatim, di Jumat...

Edarkan Sabu 57,5 gram, DS Warga Bengkalis Dikerangkeng Jeruji Besi

Edarkan Sabu 57,5 gram, DS Warga Bengkalis Dikerangkeng Jeruji Besi

BENGKALIS -- Diduga edarkan sabu, tim opsnal Reskrim Polsek Mandau menangkap pria berinisial DS pengedar sabu 57.9 gram...

Ketua Tim Pilkada Gerindra Sumbar Puji Sikap Realistis Shadiq Pasadigoe, Ini Alasannya

Ketua Tim Pilkada Gerindra Sumbar Puji Sikap Realistis Shadiq Pasadigoe, Ini Alasannya

PADANG -- Bupati Tanah Datar 2005-2015, Ir. M. Shadiq Pasadigoe, S.H, M.M. terus menggalang dukungan untuk bertarung di...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media