Wednesday, 20 Nov 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman

Peringati Hari Pramuka ke-58, Ini Harapan Bupati Pasaman Untuk Pramuka

Kamis, 15 Agustus 2019 - 19:50:31 WIB - 297
Peringati Hari Pramuka ke-58, Ini Harapan Bupati Pasaman Untuk Pramuka
Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis foto bersama dengan ka Kwarcab, ka Mabigus dan pembina pramuka se Kabupaten Pasaman.


PASAMAN - Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis pimpin upacara peringatan hari pramuka ke- 58 di halaman kantor Bupati Pasaman, Rabu (14/08 /2019).

Kegiatan upacara peringatan hari Pramuka ke-58 tahun ini mengusung tema "Bersama Seluruh Komponen bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI".

Dalam upacara tersebut Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis membacakan amanat Ka Kwarnas, yang menekankan tentang petingnya peran serta Pramuka dalam mengantisipasi penyalahgunaan Narkoba.

Selain itu, Pramuka diharapkan juga menjadi pelopor cinta produk dalam negeri, tanggap bencana alam serta mempunyai rasa setia kawan yang tinggi dan yang tak kalah penting adalah Pramuka harus memiliki rasa nasionalisme dan bersama-sama menjaga NKRI.

Sementara itu, Ketua Kwarcab 0308/Pasaman Mara Ondak menambahkan bahwa pihaknya merasa bangga karena perkembangan kepramukaan di Kabupaten Pasaman dinilai begitu pesat dan memperoleh dukungan positif dari berbagai pihak.

"Untuk itu, melalui peringatan Hari Pramuka ke-58 ini diharapkan menjadi tonggak yang penting untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan-kegiatan kepramukaan di berbagai tingkatan baik siaga, penggalang, penegak maupun pandega," katanya.

Pihaknya memiliki komitmen yang kuat untuk secara terus menerus mengembangkan kepramukaan di Kabupaten Pasaman, mengingat gerakan pramuka merupakan wahana yang efektif untuk membangun bangsa khususnya melalui generasi muda, diantaranya untuk penguatan nasionalisme, pembentukan karakter, dan penguatan jati diri terhadap generasi muda khususnya generasi muda Pasaman, tandasnya.

Pada upacara itu Kamabicab Pasaman didampingi Ketua Kwarcab Pasaman juga menyerahkan dan memasangkan piagam lencana pancawarsa Kepramukaan kepada 4 orang pembina Pramuka Pasaman yakni, Asmini merupakan pelatih Pusdilatcab Pasaman menerima piagam lencana pancawarsa I, H. Yulius Sabri anggota Mabiran Rao menerima piagam lencana pancawarsa I, Wati Oktavia pembina gudep menerima piagam lencana pancawarsa I, dan Mulyadi pembina gudep menerima piagam lencana pancawarsa I.

Selanjutnya, usai upacara dilanjutkan dengan penampilan PBB bertongkat oleh siswa siswi MTsN 2 Pasaman. Peseeta PBN bertongkat itu, merupakan peserta yang akan mewakili Pasaman pada lomba Giat Prestasi Tingkat Sumbar yang akan dilaksanakan di Tanah Datar pada bulan September 2019 mendatang.

Kemudian, pada acara itu ditutup dengan acara penyerahkan tropi dan piagam kepada para pemenang lomba PBB bertongkat tingkat penggalang, penegak, dan pembina se Kabupaten Pasaman yang telah dilaksanakan di pelataran Gor Tuanku Rao Lubuk Sikaping beberapa waktu lalu.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin, Dandim 0308 Pasaman Letkol Arh Pri Isdianto, Kajari Pasaman Adhryansah, Ketua Kwarcab Pasaman Mara Ondak, Ketua harian Kwarcab Pasaman, jajaran pengurus Pramuka Kwarcab, Kwaran, Kamabigus, para pembina Pramuka dan anggota DKC Pasaman. (Verdi)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: pasaman,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

Maulana, Si Anak Yatim Yang Ingin Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir

FEATURE -- Hidup merupakan sebuah pilihan. Begitu juga halnya cita-cita, semua orang bebas untuk bercita-cita apapun....

Kenali Lebih Dalam Tentang Riba di Indonesia, Si Lintah Darat yang Menjerat Umat Islam

Kenali Lebih Dalam Tentang Riba di Indonesia, Si Lintah Darat yang Menjerat Umat Islam

Oleh: Astri Simbolon, R. Rama Muamar Rifki, Ferry Irawan, Lesgawati Purwonegoro dan M. Mifta Salhindra Dizaman...

TdS 2019: Jesse Ewart Pertahankan Yellow Jersey di Etape 2 Pasaman-Bukittinggi

TdS 2019: Jesse Ewart Pertahankan Yellow Jersey di Etape 2 Pasaman-Bukittinggi

BUKITTINGGI -- Kegiatan tahunan Tour de Singkarak (TdS) kini memasuki yang ke 11 di tahun 2019, Kota Bukittinggi pada...

Rindi, Gadis Kecil Asal Muara Tais Pasaman Penderita Bibir Sumbing Butuh Uluran Tangan

Rindi, Gadis Kecil Asal Muara Tais Pasaman Penderita Bibir Sumbing Butuh Uluran Tangan

BUKITTINGGI -- Dari Muara Tais, Kecamatan Mapattunggul, Kabupaten Pasaman, Sumatra Barat, Rindi si gadis kecil mesti...

GP Ansor Nilai Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan dari Jaringan JAD ISIS

GP Ansor Nilai Pelaku Bom Bunuh Diri di Medan dari Jaringan JAD ISIS

NASIONAL - Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda Ansor mengutuk aksi bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan,...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media