Tuesday, 17 Sep 2019
Minangkabaunews
headline
home berita Padang Panjang

Ketua Kampung KB Koto Katik Berhasil Raih Juara Harapan I Tingkat Nasional

Jumat, 16 Agustus 2019 - 23:01:24 WIB - 283
Ketua Kampung KB Koto Katik Berhasil Raih Juara Harapan I Tingkat Nasional
Ketua Kampung KB Koto Katik Irma Oktri Widiyani .Padang Panjang Timur.


PADANG PANJANG - Bersaing dengan 5 peserta dari provinsi DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Bangka Belitung, Kalimantan Selatan, Lampung, Ketua Kampung KB Koto Katik Kota Padang Panjang Irma Oktri Widiyani tercatat sebagai kader IMP (Institusi Masyarakat Pedesaan) yang berhasil mengukir prestasi di tingkat Nasional dengan tampil sebagai Juara Harapan I dalam Lomba Kader IMP Teladan Kampung KB Percontohan Tingkat Nasional di Jakarta.

Beliau yang menjabat sebagai kader Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD) paling junior yang belum genap setahun menjadi PPKBD. Sementara pesaingnya sudah puluhan tahun menjabat di wilayah masing-masing.

"Kita salut melihat Irma, karena lawannya kelas berat semua, dari segi pengalaman dan masa pengabdian. Tapi dia, sebagai kader baru mampu berprestasi dan bertarung di tingkat nasional," ucap Koordinator Penyuluh KB Kecamatan Padang Panjang Timur yang juga pembina wilayah Koto Katik, Maryulis Max, saat menirukan apresiasi yang disampaikan dewan juri ketika mengumumkan para pemenang di Hotel Ibis Cawang, Jakarta, Jumat (16/8).

Karena masih junior, dewan juri memuji penguasaan materi penyuluhan Irma mengenai penggunaan Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR) termasuk penggunaan alat peraga inovatif yang digunakannya, yang dinilai sangat kreatif.

Dalam penilaian final ini, Irma berhasil mengalahkan IMP dari DKI (Martini) dan Japiah dari Kalsel dengan nilai 2.345. Nilai ini selisih sedikit lebih rendah dari IMP Lampung, Kusrinawati yang mendapat nilai 2.380 dan menjadi juara III. Sementara juara I diraih Uchdiana dari Bangka Belitung dengan nilai 2.531 dan Susilawati (NTB) yang mendapat nilai 2.413 sebagai juara II.

"Khusus juara I dari Babel, adalah spesialis juara nasional. Uchdiana pernah menjadi juara nasional kader Bina Keluarga Lansia (2009), juara nasional peserta KB Lestari 10 tahun (2010), KB Lestari 15 tahun (2015) dan juara PPKBD nasional (2013)," ungkap Max yang mendampingi Irma berlomba di Jakarta bersama Upit Harnita, Kasi KB Dinas Sosial PPKB PPPA Padang Panjang dan Ilvita Mayasari dari Subbid Hubalila Perwakilan BKKBN Sumbar.

Dijelaskannya, dalam penilaian awal yang diikuti kader IMP 34 provinsi, dua minggu sebelumnya, Irma berada di lima besar nasional. Sebagai peraih nilai tertinggi secara berturut-turut diraih NTB, Lampung, Babel, dan DKI.

Keberhasilan Irma ini, mendapat pujian dari Walikota Padang Panjang, Fadly Amran, BBA dan Ketua TP-PKK, Ny. dr. Dian Puspita Fadly Amran, yang disampaikannya melalui Kepala Dinas Sosial PPKB PPPA Padang Panjang, Martoni, S.Sos, M.Si serta yang disampaikan Kepala Perwakilan BKKBN Sumbar, Syahruddin melalui Plt Kabid Adpin, Mardalena Wati Yulia.

"Terimakasih, Irma telah mengharumkan nama Sumbar khususnya Kota Padang Panjang beserta Kampung KB Koto Katik," pungkas Max. (Edi Fatra)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: padang-panjang,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


REKOMENDASI


BE SMART, READ MORE

Wako Mahyeldi Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2020 dan RPJMD Kota Padang 2019-2024

Wako Mahyeldi Sampaikan Nota Keuangan RAPBD 2020 dan RPJMD Kota Padang 2019-2024

PADANG -- Wali Kota Padang Mahyeldi menyampaikan Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD)...

Pengabdian Masyarakat, UNP Edukasi Pelaku Usaha Songket Halaban

Pengabdian Masyarakat, UNP Edukasi Pelaku Usaha Songket Halaban

LIMAPULUH KOTA -- Pelaku usaha dan industri rumah tangga tenunan songket Nagari Halaban, Kecamatan Lareh Sago Halaban...

Tinjau Pelayanan, Pihak Imigrasi Sumbar Kunjungi Pasaman

Tinjau Pelayanan, Pihak Imigrasi Sumbar Kunjungi Pasaman

PASAMAN - Pihak Imigrasi Sumatera Barat yang terdiri dari Kepala Divisi Ke Imigrasian Kantor Wilayah Kemenkumham...

Implementasi Germas dan Peringatan Haornas Dihelat Bersama di Padang Pariaman

Implementasi Germas dan Peringatan Haornas Dihelat Bersama di Padang Pariaman

PADANG PANJANG - Bupati Padang Pariaman Drs. H. Ali Mukhni hadir bersama Ketua TP-PKK Dra. Hj. Rena Sofia memeriahkan...

Butuh Dana Cepat Tetapi Gaji Belum Keluar? Pinjaman Karyawan Solusinya

Butuh Dana Cepat Tetapi Gaji Belum Keluar? Pinjaman Karyawan Solusinya

EKONOMI BISNIS - Tak bisa dimungkiri seiring dengan perkembangan zaman yang semakin cepat ini membuat kebutuhan...


KOMENTAR ANDA



kaos minang unik dan lucu
minangkabaunews social media