Tuesday, 14 Jul 2020
Minangkabaunews
headline
home berita Pasaman barat

Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Nagari Aia Gadang

Sabtu, 17 Agustus 2019 - 16:55:50 WIB - 918
Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI di Nagari Aia Gadang
Pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka memperingati HUT RI ke 74 di Nagari Aia Gadang, Sabtu (17/8).


ADVERTORIAL NAGARI AIA GADANG - Setiap tahun, tepatnya bulan Agustus Bangsa Indonesia memperingati proklamasi kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Sebagaimana diketahui proklamasi kemerdekaan Indonesia dikumandangkan 17 Agustus 1945 silam. Sejak saat itulah negara Indonesia diyatakan merdeka secara de facto dan de jure.

Tidak bisa kita bayangkan saat ini, betapa perihnya yang dirasakan bangsa indonesia pada masa penjajahan dahulu. Namun sejak dikumandangkannya proklamasi kemerdekaan itulah, bagsa Indonesia terlepas dari cengraman dan kekejaman para penjajah.

Pengebaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka SMA IT Darul Hikmah.

Sebagaimana biasanya dalam merayakan HUT RI ini, Nagari Aia Gadang yang berada di Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat (Sumbar) selalu melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi dan pengibaran bendera pusaka serta pawai bersama.

Pada peringatan HUT RI ke-74 ini, Nagari Aia Gadang kembali melaksanakan upacara peringatan detik-detik proklamasi di Tanah Lapang Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar), Sabtu (17/8/19) pukul 09.30 Wib.

Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin foto bersama anggota Paskibraka di Tanah Lapang Nagari Aia Gadang.

Sesaat sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi dimulai, di Tanah Lapang Nagari Aia Gadang terlihan siswa-siswi SLTA, SLTP, SD, TK dan Paud se Nagari Aia Gadang sudah berbaris rapi di tengah teriknya matahari pagi. Begitu juga dengan jajaran pemerintahan Nagari Aia Gadang dan tamu undangan sudah menempati posisi dan menunggu dimulainya upacara.

Tepat pukul 09.30 Wib upacara dimulai, dan Anggota DPRD Pasaman Barat Mawardi, membacakan teks Proklamasi Kemerdekaan RI, dengan diiringi sirene, di depan ribuan peserta upacara.

Anggota DPRD Pasaman Barat, Mawardi saat membacakan teks proklamasi kemerdekaan negara Republik Indonesia.

Selanjutnya duplikat bendera Pusaka Negara Republik Indonesia dikibarkan oleh Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dari Sekolah Menengah Atas (SMA) IT Darul Hikmah Pasaman Barat.

Seuasai pelaksanaan upacara, para peserta diarahkan untuk mengambil tempat sesuai tingkat pendidikan. Kemudian Wali Nagari Aia Gadang Junaidin, melakukan pelepasan pawai bersama dengan menempuh jarak kurang lebih Satu Kilo Meter.


Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin didampingi anggota DPRD Pasaman Barat, Mawardi Saat Melepas Peserta Pawai.

Saat diwawancara Minangkabaunews.com Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin menyampaikan ucapan selamat HUT RI ke 74 kepada seluruh masyarakat Indonesia khususnya di Nagari Aia Gadang.

Disampaikan, upacara peringatan HUT RI selalu diadakan setiap tahun di Nagari itu. Acara tersebut bertujuan untuk mengenang kembali jasa-jasa pahlawan yang telah bersusah payah bertaruh jiwa dan raga untuk merebut kemerdakaan.


Wali Nagari Aia Gadang, Junaidin.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa pahlawannya," sebut Junaidin, dengan terharu dan nada penuh semangat.

Junaidin juga mengajak Masyarakat Nagari Aia Gadang untuk menjaga kerukunan, kebersamaan dan ketertiban guna mewujudkan masyarakat Pasaman Barat yang berdaya saing ,mandiri dan berkepribadian berlandaskan semangat Gorong royong.


Anggota DPRD Pasbar Mawardi Dt Jalelo, Wali Nagari Aia Gadang Junaidin, Pejabat (PJ) Wali Nagari Aia Gadang Barat Ayup Pramudia, dan Aia Gadang timur Roni, SH, perangkat nagari dan tamu undangan lainnya.

Dalam acara tersebut tampak hadir anggota DPRD Pasbar Mawardi Dt Jalelo, Wali Nagari Aia Gadang Junaidin, Pejabat (PJ) Wali Nagari Aia Gadang Barat Afendi, dan Aia Gadang timur Roni, SH, Ketua KAN, Ketua Bamus, Perangkat Nagari Aia Gadang, Tokoh Adat, Pemuda, Guru SMA, SMP, SD, TK se Nagari Aia Gadang, dan diikuti oleh siswa siswi SMA, SMP, SD,TK dan Paut se Nagari Aia Gadang serta ribuan masyarakat setempat yang tampak antusias menyaksikan berlangsungnya acara tersebut. (EL)

Editor/Sumber: Siel Saputra
Tag: indonesia,pasaman-barat,sumatra-barat

SILAHKAN BERBAGI


BE SMART, READ MORE

Hingga Hari Ini Kasus COVID-19 Indonesia Masih Tertinggi di ASEAN dan Posisi 29 di Dunia

Hingga Hari Ini Kasus COVID-19 Indonesia Masih Tertinggi di ASEAN dan Posisi 29 di Dunia

NASIONAL - Hingga hari ini, Kamis (2/7/2020) kasus konfirmasi positif COVID-19 secara global tercatat ada sebanyak...

Bupati Dharmasraya Chek Kondisi Dinding Penahan Sungai Siat

Bupati Dharmasraya Chek Kondisi Dinding Penahan Sungai Siat

DHARMASRAYA -- Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, mengechek proses pembangunan dinding penahan tebing...

Kendalikan Pertumbuhan Penduduk, Pemko Solok Susun Grand Desain Pembangunan Kependudukan

Kendalikan Pertumbuhan Penduduk, Pemko Solok Susun Grand Desain Pembangunan Kependudukan

KOTA SOLOK - Tiap tahun laju pertumbuhan penduduk Indonesia terus mengalami peningkatan. Jika dihitung setiap keluarga...

Maigus Nasir: Iuran Kelas III Saya Harap Tetap Rp25.500, Jangan Bebani Peserta BPJS

Maigus Nasir: Iuran Kelas III Saya Harap Tetap Rp25.500, Jangan Bebani Peserta BPJS

PADANG -- Pemerintah resmi menaikan nominal iuran premi BPJS yakni menjadi Rp150.000 untuk kelas 1, Rp100.000 untuk...

Ketua PDM Padang Maigus Nasir Tugaskan Alumni Kader Ulama PPUM Gerakan Dakwah di Cabang

Ketua PDM Padang Maigus Nasir Tugaskan Alumni Kader Ulama PPUM Gerakan Dakwah di Cabang

PADANG -- Ketua PD Muhammadiyah Padang menggelar silaturahim dan diskusi bersama pengurus alumni Pengkajian Pendidikan...


KOMENTAR ANDA



Eka putra, SE for Tanah Datar 1
kaos minang unik dan lucu